Dukungan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk mensukseskan desa devisa - WisataHits
Yogyakarta

Dukungan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk mensukseskan desa devisa

Jumat, 25/11/2022 | 13:50 WIB

| penulis :

Buku catatan : Kuznadi

Surabaya, InfoPublik – Pemerintah daerah berperan besar dalam program Desa Devisa. Dukungan dan dukungan pemerintah daerah terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (ICM) tentu sangat dibutuhkan.

Seperti salah satu desa penghasil devisa di Jawa Timur yaitu Desa Ngubalan Kabupaten Ngawi dengan produk berupa kerajinan kayu jati.

Disinggung soal dukungan pemerintah, Yusuf Rosyadi, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Kabupaten Ngawi mengatakan, pihaknya telah memberikan dukungan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan produk.

Pendampingan peningkatan SDM dilakukan untuk meningkatkan keterampilan pengrajin, mulai dari pelatihan desain produk, ekspor impor hingga finishing produk.

Sedangkan dukungan pengembangan produk dilakukan dengan memberikan dukungan peralatan dan studi banding ke Ubud di Bali, Pendidikan Industri Kayu Atas (PIKA) di Semarang, Yogyakarta, Jepara dan Pasuruan.

“Di sana kami belajar dengan melihat, mengamati dan mendengar dari para pengrajin dan pembuat produk. Ada sharing, ada ilmu yang diteruskan. Kami juga menekankan bahwa para perajin ini juga tertinggal dari tren yang paling populer,” tegasnya.

Produk kerajinan akar jati Desa Ngubalan atau Dewi Wisata Industri Ngubalan ini telah melalui proses kurasi hingga menjadi kualitas standar ekspor. Negara target yang paling diminati dengan produk ini adalah negara-negara di Eropa terutama Jerman, Belanda dan Belgia. Lalu ada benua Asia, Australia dan Amerika. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-idc)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button