Dukung pelestarian lingkungan kota Surabaya, Pertamina tanam 1000 mangrove - WisataHits
Jawa Timur

Dukung pelestarian lingkungan kota Surabaya, Pertamina tanam 1000 mangrove

Dukung pelestarian lingkungan kota Surabaya, Pertamina tanam 1000 mangrove

PT Pertamina Patra Niaga menanam seribu mangrove di kawasan mangrove Romokalisari Adventure Land melalui Terminal Terpadu Surabaya, Selasa (17/1/2023).

KANALSATU – Sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap pelestarian lingkungan, PT Pertamina Patra Niaga menanam seribu pohon bakau di kawasan mangrove Romokalisari Adventure Land melalui Terminal Terpadu Surabaya pada Selasa (17/1/2023).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pertamina Integrated Terminal Surabaya dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya.

Kurang lebih 20 hektar lahan di Kawasan Mangrove Romokalisari Adventure Land diperuntukkan untuk penanaman mangrove.

Seribu bibit mangrove itu sendiri bersumber langsung dari petani mangrove di Surabaya. Lima KUB Romokalisari yang terdiri dari nelayan dan masyarakat sekitar Romokalisari hingga mencapai 30 orang terlibat dalam pelaksanaan penanaman mangrove ini.

Manajer Terminal Terpadu Pertamina Terminal Terpadu Surabaya Gema Ramadhan mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan CSR Pertamina untuk memenuhi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSL).

Selain sebagai bentuk kegiatan CSR perusahaan, penanaman mangrove kali ini juga dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional yang jatuh pada 12 Januari 2023.

Menurut Gema, kegiatan ini merupakan wujud komitmen Pertamina terhadap pelestarian lingkungan di Kota Surabaya.

“Harapan kami, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam merawat bibit mangrove ini dan tumbuh serta berkembang sesuai harapan serta mendukung kelestarian lingkungan di Kota Surabaya,” ujarnya.

Ayu Mustika Dewi, Direktur Perlindungan Lingkungan dan Kerusakan Pencemaran Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kegiatan penanaman mangrove seperti ini sangat positif dan bermanfaat. Dampak nyatanya dapat diperluas untuk kelestarian lingkungan dan akan sangat bermanfaat bagi anak cucu kita di masa mendatang,” ujarnya.

Kepala Kom., Bahn. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menyatakan pelaksanaan program TJSL Pertamina sejalan dengan implementasi Environmental, Social and Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs).

Pertamina selalu berusaha mengelola bisnis perusahaan secara berimbang. Demi menjaga kelangsungan usaha perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL, khususnya di wilayah operasional perusahaan.

“Kami berharap penanaman mangrove ini dapat membantu mencegah abrasi laut dan mengurangi emisi karbon. Selain itu, penambahan mangrove juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan mangrove Romokalisari Adventure Land, sehingga masyarakat sekitar juga dapat terbantu melalui program ini,” pungkas Deden. (KS-5)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button