Peringati Bulan K3 2023, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Tanam 1000 Bibit Mangrove di Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

Peringati Bulan K3 2023, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Tanam 1000 Bibit Mangrove di Surabaya

Peringati Bulan K3 2023, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Tanam 1000 Bibit Mangrove di Surabaya

Berita Surabaya

SURYA.co.id, SURABAYA – PT Pertamina Patra Niaga kembali melakukan kampanye penanaman pohon melalui Terminal Terpadu Surabaya.

Kali ini dengan menanam 1.000 bibit mangrove di kawasan mangrove Romokalisari Adventure Land, Surabaya Utara.

“Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pertamina Integrated Terminal Surabaya dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya. Kurang lebih 20 hektare lahan di kawasan mangrove Romokalisari Adventure Land diperuntukan untuk penanaman mangrove,” kata Gema Ramadhan, Manajer Terminal Terpadu Pertamina Terminal Surabaya Terintegrasi, Jumat (20/01/2023).

Seremoni penanaman dilaksanakan Selasa (17/1/2023) lalu dihadiri perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Benowo Kepala Dinas Camat, Kepala Desa Romokalisari dan Masyarakat Setempat.

Gema menambahkan 1.000 bibit mangrove tersebut didatangkan langsung dari petani mangrove lainnya di Surabaya.

“Pelaksanaan penanaman mangrove ini melibatkan lima KUB Romokalisari yang terdiri dari nelayan dan masyarakat sekitar Romokalisari hingga mencapai 30 orang,” ujar Gema.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk kegiatan CSR Pertamina untuk memenuhi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSL).

“Penanaman mangrove hari ini bukan hanya sebagai bentuk kegiatan CSR perusahaan, tetapi juga sebagai peringatan Bulan K3 Nasional yang jatuh pada 12 Januari 2023,” kata Gema.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen mereka untuk menjaga lingkungan di Kota Surabaya.

“Harapan kami, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam merawat bibit mangrove ini dan tumbuh serta berkembang sesuai harapan serta mendukung kelestarian lingkungan di Kota Surabaya,” lanjut Gema.

Senada dengan Pengelola Terminal Terpadu Pertamina Terminal Terpadu Surabaya, Ayu Mustika Dewi, Kepala Dinas Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kegiatan penanaman mangrove seperti ini sangat positif dan bermanfaat. Dampak nyatanya dapat diperluas untuk kelestarian lingkungan dan akan sangat bermanfaat bagi anak cucu kita di masa mendatang,” ujarnya.

Kepala Kom., Bahn. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menambahkan bahwa pelaksanaan program TJSL Pertamina sejalan dengan implementasi Environmental, Social and Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs).

“Pertamina selalu berusaha menyeimbangkan bisnis perusahaan,” kata Deden.

Demi menjaga kelangsungan usaha perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL, khususnya di wilayah operasional perusahaan.

“Kami berharap penanaman mangrove ini dapat membantu mencegah abrasi laut dan mengurangi emisi karbon. Selain itu, penambahan mangrove juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan mangrove Romokalisari Adventure Land, sehingga masyarakat sekitar juga dapat terbantu melalui program ini,” pungkas Deden.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button