Seni Pertunjukan Selomangleng, Budaya Kadiren dalam Seni Pertunjukan - WisataHits
Jawa Timur

Seni Pertunjukan Selomangleng, Budaya Kadiren dalam Seni Pertunjukan

Kediri, Koranmemo.com – Ketika kesakralan dan keindahan menyatu menjadi satu, menjadi seni pertunjukan yang menuntut nilai budaya dan sejarah untuk berjaya.

Seni pertunjukan Selomangleng merupakan salah satu wujud upaya Pemerintah Kota Kediri dalam melestarikan budaya Kadir di Bumi Panji.

Pada Minggu sore (23/10), alunan musik Jawa menggema di kawasan wisata Gua Selomangleng Kota Kediri.

Baca Juga: Program Incip Duren Dispendukcapil Kota Kediri Berlanjut, Begini Caranya

Sebenarnya bukan hal baru, namun penampilan di balik suku-suku tersebutlah yang mampu membuat para pengunjung tercengang yang mampir ke kawasan wisata Gua Selomangleng untuk menyaksikan pertunjukannya.

Zachrie Ahmad, Kepala Disbudparpora Kediri, mengatakan Pemkot Kediri tetap berkomitmen menjaga kelestarian budaya Kadir di Bumi Panji.

“Sebagai salah satu kota tertua di Provinsi Jawa Timur, akar budaya kita yang kuat menjadi identitas warga Kota Kediri. Kami tidak ingin akar sejarah yang sakral ini dibubarkan karena dianggap ketinggalan zaman,” katanya kepada Zachrie.

Baca Juga: Jombang Deles Perkenalkan Busana Adat Bernilai Sejarah, Dipakai Saat Acara Syukuran

Menurut Zachrie, inovasi dan kemasan kontemporer diperlukan untuk membuat budaya berkelanjutan. “Selomangleng Performance Art merupakan pertunjukan tari yang dipadukan dengan kisah dramatis panji Ande-Ande Lumut. Alur cerita dibuat mudah dipahami penonton dan dipadu padankan dengan visual tari yang selaras dengan unsur budaya,” ujarnya.

Tak main-main, untuk menyuguhkan performance art yang spektakuler, pihaknya meminta maestro tari kenamaan Tanah Air, Didik Nini Towok, untuk tampil sebagai bagian dari pertunjukan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button