Dukung pariwisata di Solo, 20 hotel berpartisipasi dalam Solo Hotel Expo dan industri pariwisata - WisataHits
Jawa Tengah

Dukung pariwisata di Solo, 20 hotel berpartisipasi dalam Solo Hotel Expo dan industri pariwisata

Dukung pariwisata di Solo, 20 hotel berpartisipasi dalam Solo Hotel Expo dan industri pariwisata

SOLO, MettaNEWS – Untuk mendukung pariwisata di Kota Solo pasca pandemi Covid-19, sebanyak 20 hotel ikut serta dalam acara Solo Hotel Expo and Tourism Industry yang digelar mulai Rabu (11/1/2023) hingga Minggu (15/1/2023).

Direktur Operasional Solo Paragon Lifestyle Mall Budianto Wiharto menjelaskan acara ini telah berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan yang bergerak di bidang pariwisata seperti hoteliers, korporasi, penyedia akomodasi, pemerintah dan biro perjalanan.

Budianto mengumumkan bahwa Kota Solo saat ini memiliki banyak destinasi wisata baru yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi, seperti Masjid Agung Sheikh Zayed Solo, Pracima Tuin Mangkunegaran, Koridor Gatot Subroto dan Ngarsapura.

“Kami menampilkan hotel-hotel di Solo agar pelanggan bisa memilih paket wisata yang diminatinya,” ujarnya.

Solo Hotel Expo and Tourism Industry menampilkan lebih dari 20 hotel di dalam dan sekitar kota Solo kali ini.

“Pada acara yang akan berlangsung selama lima hari ke depan, hotel-hotel peserta pameran akan menemui para pembeli yang membutuhkan jasa akomodasinya,” ujarnya.

Artinya, menurut Budianto, event ini bukan sekadar pameran, tapi juga menjadi pendorong bagi hotel dan pelaku pariwisata untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan ke Kota Solo.

“Hotel-hotel ini pasti ada program dan paketnya. Jadi dalam hal ini ada agenda temu-temuan-penjual. Sehingga mereka bisa langsung bertemu dengan pihak yang membeli jasanya bahkan bisa langsung bertransaksi jika penawarannya cocok,” tambah Chief Marcomm Solo Paragon Lifestyle Mall Veronica Lahji.

Acara juga dimeriahkan dengan berbagai program pendukung seperti talkshow, live demo masak, bartender show, fashion show, hotel performance, makeup trend 2023 dan live music, serta grand prize berupa liontin berlian bagi pengunjung.

Menargetkan wisatawan yang tinggal lama di Solo

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko menambahkan, jumlah stay atau rata-rata wisatawan yang menginap di hotel sekitar 1,5 hari pada 2022.

“Rata-rata ini mengalami peningkatan dibandingkan saat pandemi Covid-19 yaitu 1,1 hari,” kata Aryo.

Selain itu, target wisatawan di Kota Solo diyakini dapat mencapai hasil yang baik untuk tahun 2022, dengan target awal 1,3 juta wisatawan menjadi 2,5 juta wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo. Hal ini tak lepas dari pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi yang memboyong jutaan orang ke Solo.

“Kalau kisaran target menginap tahun 2023 dari Mas Wali adalah 2,7 hari, ini akan kita tindaklanjuti. Selain itu, saat ini banyak fasilitas wisata yang akan dibuka tahun ini,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button