Warga Pamotan Malang memelihara Grebek Suro di mata air Umbulan - WisataHits
Jawa Timur

Warga Pamotan Malang memelihara Grebek Suro di mata air Umbulan

Warga Pamotan Malang memelihara Grebek Suro di mata air Umbulan

tidak bahagia – Bulan Sura merupakan bulan suci bagi masyarakat Jawa, yang selalu diperingati dengan berbagai acara ritual seperti Jamasan pusaka atau Slametan bersih desa.

Begitu pula dengan warga Dusun Umbulan, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, menggelar Grebeg Sura di kawasan mata air Umbulan pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Kemeriahan acara tersebut terlihat ketika sebuah tas berisi buah dan sayur dilombakan oleh masyarakat. Menurut KMAT Sariro Anikaning Tyas, yang biasa disapa Ika, tradisi adu tumpeng ini disiapkan sebagai ciri ritual Sura pada umumnya.

Pada kesempatan ini, selain aparat Desa Pamotan, hadir pula Camat Dampit Abai Saleh yang justru mendukung acara Grebek Sura sebagai ucapan terima kasih atas berkah sumber air Umbulan.

Bahkan, kata Ika juga, mata air Umbulan mengalir melalui beberapa dusun yakni Umbulrejo, Ubalan, Patihan, Dawuhan, Bangsri, Sumber Ayu dan Pamotan.

Kelurahan Dusun Umbulan, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang menggelar Grebeg Sura di kawasan mata air Umbulan pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Dalam persiapan Grebek Surah Umbulan ini, Abai Saleh selaku kepala Dampit menyarankan agar Sanggar Sumariwe menciptakan sebuah tarian yang berhubungan dengan sumber air Umbulan.

“Tolong buat tarian yang menceritakan tentang mata air Umbulan, karena mata air ini sangat bagus dan harus kita lestarikan,” kata Abai Saleh.

Menanggapi usulan Camat Dampit, Ika selaku pimpinan Sanggar Sumariwe mengajak anak-anak muda untuk membuat tarian untuk memeriahkan acara. Dengan dukungan Agus Eko, guru tari yang juga seorang penari spiritual, lahirlah tari Umbulsari karya Ruth Delina.

Selain itu, lanjut Ika, para penari yang rambutnya dihiasi rangkaian daun kelapa, daun penyucian, padi dan pandan, juga merupakan simbol kesuburan, kemakmuran, cahaya ilahi, keberanian dan penolakan.

“Air menyiratkan sifat murni dan suci, yang juga merupakan sumber kehidupan yang diberikan Tuhan. Makanya kita harus hati-hati jangan sampai merusak alam sekitar,” kata Ika.

Kelurahan Dusun Umbulan, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang menggelar Grebeg Sura di kawasan mata air Umbulan pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Dusun Umbulrejo yang terletak sekitar dua kilometer sebelah utara kota kecamatan Dampit sudah lama dikenal sebagai sumber air yang melimpah. Itu sebabnya ada beberapa tur pemandian yang dipimpin oleh warga. Namun, kegunaan utama dari sumber air ini adalah untuk kebutuhan sehari-hari warga, air minum serta pertanian. Jadi, dalam perjalanan menuju hulu Umbulan, wisatawan akan melewati hamparan persawahan yang luas.

Udara segar kawasan Umbulan yang terletak di lereng barat Gunung Semeru masih terasa hingga siang hari. Sebagian yang hadir tetap menikmati wisata air meski acara Grebeg Sura Umbulan berakhir. (ted)

Source: beritajatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button