Kisah Zulbachri, Pahlawan di Balik Kebersihan di Kawasan Ocean Road Kota Padang - WisataHits
Jawa Tengah

Kisah Zulbachri, Pahlawan di Balik Kebersihan di Kawasan Ocean Road Kota Padang

TRIBUN-VIDEO.COMPADANG – Kisah seorang petugas kebersihan di Kota Padang yang menjalankan tugasnya pada Kamis (25/8/2022) meski diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Sejak pagi sebagian Kota Padang diguyur hujan yang turun dengan intensitas sedang.

Beberapa jalan raya juga ramai karena orang yang berangkat dari rumah ke tempat kerja sekaligus mengejar mata pencahariannya masing-masing.

Sementara kawasan wisata seperti Pantai Padang terlihat mulus bahkan sepi.

Biasanya jalan-jalan di kawasan Pantai Padang ramai oleh orang-orang yang akan jogging pagi atau sekedar jalan-jalan santai.

Sementara itu, Zulbachri, 56 tahun, sibuk memilah sampah di tengah hujan.

Zulbachri adalah pejabat di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang.
Zulbachri, juru kunci Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, tetap bertugas meski diguyur hujan, Kamis (25/8/2022).

Baca: Petugas kebersihan ” href=” Dilaporkan Hilang dan Diduga Dicuri, 2 Anjing Milik Bimo Aryo Ditemukan Petugas Kebersihan

Baca: Pembersih jatuh dari menara gereja di Semarang, kepala jatuh dulu” href=” Seorang pembersih jatuh dari menara gereja di Semarang, kepala jatuh lebih dulu

Ia ditugaskan memilah sampah di Jalan Samudera, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Zulbachri kepada TribunPadang.com tinggal di Hulu Gadut Rt 01/Rw 06, Desa Koto Baru, Limau Manih Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

“Setiap pukul 05:30 WIB, saya naik becak bermotor (Bentor) dari rumah menuju kawasan Jalan Samudera. Nanti saya parkirkan bentor ini di dekat masjid,” kata Zulbachri (56).

Karena rumahnya jauh dari tempat ia bekerja, Zulbachri (56) selalu membawa makanan dan minuman yang telah ia siapkan dari rumah.

Dia juga membawa mantel dan beberapa peralatan atau perlengkapan bengkel untuk berjaga-jaga jika kendaraannya rusak di sepanjang jalan.

“Karena kalau kita membawa kendaraan ini, kita harus sedikit bagus, kalau tidak semuanya. Tapi kalau mesinnya rusak ya diserahkan ke spesialis atau bengkel,” canda Zulbachri.

Zulbachri sempat menjadi petani saat masih menjadi relawan di Dinas Lingkungan Hidup sebelum menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Setiap pagi Zulbachri menyapu Jalan Samudera dengan panjang tanggung satu kilometer.

Titik-titik lokasi yang perlu dibersihkan telah dibagi dan dia bertugas di dekat Pasar Ikan Pantai Padang.

“Itu tanggung jawab setiap petugas, meskipun hujan, mereka tetap bekerja. Sebenarnya mereka dapat mantel,” kata Zulbachri dalam wawancara dengan TribunPadang.com.

Sampah plastik dan dedaunan yang berserakan di wilayah tanggung jawabnya disapu dan dipilah untuk dimasukkan ke dalam kantong yang sudah disiapkan.

“Nanti datang kendaraan atau truk sampah untuk mengambilnya. Jadi taruh saja di tempat biasa di dekat jalan raya,” kata Zulbachri.

Sumber:

# Petugas Kebersihan # Kota Padang # Hujan # Pantai Padang

Penerbit: Restu Riyawan
Produksi video: Latif Ghufron Hall
Sumber: Tribunnews.com

Source: video.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button