Dua objek wisata di Klaten yang berada di lereng Gunung Merapi berhasil meraih API Award - WisataHits
Yogyakarta

Dua objek wisata di Klaten yang berada di lereng Gunung Merapi berhasil meraih API Award

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, meraih penghargaan pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022.

Tak tanggung-tanggung, dua properti wisata alam di Kabupaten Bersinar berhasil meraih juara satu dan tiga dalam ajang yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI itu.

Dua destinasi wisata yang menjadi juara tersebut berada di lereng Gunung Merapi yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kemalang.

Sri Nugroho, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, menceritakan bahwa Tempat Wisata Desa Gir Pasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, dinobatkan sebagai destinasi wisata pertama sebagai juara pertama.

Baca Juga: Klaten kini resmi memiliki pusat perbelanjaan umum, ada 140 macam layanan dalam satu pintu

Tempat wisata yang terkenal dengan gondola dan jembatan gantung ini berhasil meraih juara 1 kategori Highland Tourism.

“Dalam kategori ini Desa Gir Pasang berhasil mengungguli objek wisata Burtelege di Kabupaten Aceh Tengah dan objek wisata Bukit Reban Kucing di Kabupaten Empat Lawang,” katanya kepada Tribunjogja.com, Minggu (27/11/2022).

Menurut Nugroho, pengumuman dan penyerahan penghargaan API Prize 2022 berlangsung pada Jumat malam (25/11/2022) di Gedung AAC Dayan Dawood, kompleks Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Proses seleksi nasional telah terhuyung-huyung sejak Juni 2022.

Dirinya selaku Kepala Disbudporapar bersama Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan hadir tepat di malam puncak API Prize 2022.

Kemudian, lanjut dia, objek wisata kedua di Klaten yang berhasil meraih API Award 2022 adalah wisata Bikepark Kali Talang di Desa Balerante, Kabupaten Kemalang.

Destinasi ini meraih juara 3 untuk kategori wisata olahraga dan petualangan.

Baca Juga: Pemkab Klaten Berencana Bentuk Tim Pemantau Jalan Rusak Akibat Truk Bumi Tol Uruk

Pada kategori ini, lanjut Nugroho, juara pertama adalah Bumi Perkemahan Riam Parangek, Kabupaten Bengkayang, dan juara kedua Trekking Gunung Kerinci, Kabupaten Solok Selatan.

Ia pun berharap keberhasilan dua destinasi wisata Klaten di API Award 2022 dapat memacu destinasi wisata lainnya untuk lebih berkembang.

“Setelah itu kami akan mengembangkan wisata selanjutnya. Semoga dua tour sukses di API Awards ini bisa menjadi penyemangat selanjutnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, API Award 2022 Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) RI diharapkan tidak membuat pengelola properti pariwisata berpuas diri.

Namun hal itu tetap memacu pariwisata di Klaten untuk terus tumbuh dan berkembang, hingga mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah dan negara, sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat. (Tribunejogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button