Turis Siap-siap, Ini Baru Jeep Merapi Tour Penambah Harga BBM - WisataHits
Yogyakarta

Turis Siap-siap, Ini Baru Jeep Merapi Tour Penambah Harga BBM

TEMPO.CO, Yogyakarta – kendaraan jip turis di lereng Gunung Merapi menjadi favorit wisatawan selama ini. Meski demikian, Asosiasi Jeep Wisata Lereng Gunung Merapi mengatakan ada perubahan harga sewa jeep di lereng Gunung Merapi menyusul kenaikan harga BBM akhir pekan lalu.

“Anggota paguyuban sudah menyepakati sejak 4 September 2022 bahwa harga paket sewa jeep tour dinaikkan Rp50.000,” kata Ketua Paguyuban Pariwisata Jeep Lereng Gunung Merapi Dardiri, Selasa, September. 6, 2022. murah Rp 350.000 sampai paling mahal Rp 500.000 tergantung paket yang dipilih wisatawan.

Dardiri mengatakan, harga baru sewa jeep wisata hanya diperuntukkan bagi penyewa baru alias tidak ada reservasi setelah harga BBM naik. “Untuk rombongan wisata yang memesan sebelum harga BBM naik, harga sewa tetap sama,” kata Dardiri.

Asosiasi percaya bahwa kenaikan harga bahan bakar juga telah meningkatkan pengoperasian jip wisata. “Harga BBM ini tentunya akan meningkatkan biaya perawatan kendaraan karena harga suku cadang mobil juga akan meningkat,” katanya. Tanpa kebutuhan pengemudi dan kebutuhan rumah tangga yang bersangkutan.

Menurut Dardiri, 75 persen jeep di lereng Gunung Merapi saat ini menggunakan bahan bakar bensin, sisanya diesel. “Namun, kenaikan tarif ini tidak akan mempengaruhi layanan, kami akan tetap menerapkan paket apa pun yang disertakan dengan asuransi layanan Raharja,” ujarnya.

Asosiasi Pariwisata Jeep sendiri telah mensosialisasikan perubahan tarif tersebut ke sejumlah jaringan mitra pelaku pariwisata lainnya. Secara khusus, jaringan biro perjalanan wisata di berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Pelayanan Transportasi DI Yogyakarta Ni Made Dwipanti Indrayanti, Selasa, membenarkan bahwa tarif Trans Jogja tidak akan naik, meski harga BBM sudah naik. “Tarif Trans Jogja tidak dinaikkan, juga tidak ada pembatasan jam operasional, kami hanya melakukan pengalihan,” kata Made.

Tata letak lajur yang dimaksud adalah lajur yang tidak padat dengan pengurangan pelayanan sedangkan lajur yang padat penumpang tidak dimanipulasi. Jumlah total trayek Trans Jogja di DIY saat ini sebanyak 17 trayek. Untuk rute yang ramai, seperti yang melintasi tujuan Malioboro.

WICKSONO PRIBADI

Baca Juga: 6 Hiburan Yang Disukai Wisatawan di Pantai Parangtritis Yogyakarta, Ini Harganya

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button