Disperindag segera revitalisasi 12 toko | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Disperindag segera revitalisasi 12 toko | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang memastikan revitalisasi 12 pasar di Kabupaten Malang telah dimulai. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi. Ia mengatakan, kontak untuk merevitalisasi kerja sama itu dilakukan pada Agustus 2022.

“12 perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga telah ditandatangani. Saat ini prosesnya sedang pengukuran,” ujarnya. Dikatakannya, setelah seluruh proses pengukuran dilakukan, baru pekerjaan akan dilanjutkan. Mahila mengatakan, meski sifat karyanya adalah revitalisasi, namun bentuk karyanya berbeda.

Alasannya karena menyesuaikan dengan kebutuhan. “Jadi revitalisasi ini membenahi atap, dinding lantai, kabin dan lain-lain. Lihat juga sifat kerusakan dan kebutuhannya,” ujarnya. Dia mencontohkan pasar Kepanjen. Selain atap, lantai pasar juga diperbaiki di pasar ini.

“Dari 12 pasar ini, keadaan pasar Kepanjen paling mengkhawatirkan dalam pengamatan kami. Atap di pasar banyak yang rusak, sehingga bocor saat musim hujan,” katanya. Nanti akan dibangun saluran air, termasuk lantainya, agar air tidak merendam lantai pasar saat hujan.

Selain Pasar Kepanjen, Pasar Sumedang juga sedang direvitalisasi. Perempuan bercadar ini menegaskan bahwa revitalisasi yang dilakukan bukanlah sebuah tindak lanjut. Tapi sebagai biaya perawatan. “Pasar Sumedang dengan depan atau gedung baru oke. Itu yang kita revitalisasi, itu bagian dalam,” katanya.

Termasuk Pasar Sayur Karangploso. Mahila disebut-sebut menjadi salah satu pasar yang akan dihidupkan kembali tahun ini. Dia tidak menyebut secara rinci kerusakan di pasar sayur Karangploso. Namun yang jelas, selain perawatan, revitalisasi juga dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi dealer dan pembeli.

“Pasar Sayur Karangploso bukan sekedar pasar sayur biasa. Namun sudah menjadi pasar wisata karena sudah menjadi tujuan masyarakat. Kami melengkapi fasilitas untuk membuat para pedagang dan pembeli merasa nyaman berjualan atau membeli di pasar. “Anggaran revitalisasinya Rp 3 miliar. Dan itu selama 60 hari,” katanya. (ira/mar)

Source: malangposcomedia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button