Dispar Sleman Kampanyekan Gerakan Jumat Bersih di Destinasi Wisata - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Dispar Sleman Kampanyekan Gerakan Jumat Bersih di Destinasi Wisata – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen melaksanakan Gerakan Jumat Bersih di berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sleman untuk menyambut wisatawan menjelang akhir tahun.

“Gerakan ini sebenarnya sudah dilakukan beberapa waktu sebelumnya dan kini sedang dihidupkan kembali mengingat saat ini merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan dan menata kembali kesiapan destinasi untuk menyambut wisatawan yang mulai ramai,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman. , Sabtu.

Menurutnya, gerakan Jumat Bersih dipimpin langsung oleh staf di Dinas Pariwisata Sleman untuk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan pariwisata di masing-masing destinasi.

“Pada Jumat (28/10), staf Dinas Pariwisata Sleman meluncurkan gerakan Jumat Bersih di kawasan Tlogo Putri dan kawasan pandang Kaliurang yang dipimpin oleh Kabid Pengembangan Destinasi dan Industri Kreatif Wasita,” katanya.

Dikatakannya, gerakan Jumat Bersih yang dijalankan oleh staf dan petugas lapangan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman ini merupakan upaya untuk mengajak pengelola destinasi, Pokdarwis, pedagang dan pemangku kepentingan industri pariwisata secara mandiri dan meningkatkan kesadaran gerakan Jumat Bersih untuk mempertajam serta orang-orang yang tinggal di daerah tersebut, di tujuan wisata.

“Mewujudkan kebersihan lingkungan destinasi wisata merupakan tanggung jawab bersama dan tidak dapat dipaksakan kepada pihak manapun. Bahkan wisatawan sendiri juga harus ikut menjaga kebersihan lingkungan destinasi wisata, termasuk dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Ishadi mengatakan wisatawan sudah terlihat jelas di beberapa destinasi wisata pasca pandemi COVID-19, seperti kawasan Kaliurang dan sekitarnya, kawasan Tebing Breksi Prambanan, destinasi candi, museum dan berbagai destinasi baru lainnya.

“Bahkan beberapa desa wisata sudah mulai menarik pengunjung, seperti Desa Wisata Pentingsari, Desa Wisata Pulesari, Desa Wisata Pancoh, Desa Wisata Kelor, Desa Wisata Grogol dan lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan berdasarkan pantauan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, masih banyak destinasi wisata dan desa yang masih enggan untuk mulai berbenah wisatawan setelah sekian lama vakum dan tidak ada aktivitas wisata.

“Oleh karena itu, kami mengajak pengelola destinasi dan pengelola desa wisata di Kabupaten Sleman untuk bangkit dan ‘mengikat tali’ untuk memulai kembali kegiatan pariwisatanya dan meraih peluang yang lebih baik di masa depan,” ujarnya.

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan terus secara bertahap dan berkelanjutan mendukung dan memperkuat destinasi wisata dan desa liburan yang ada di kawasan Kabupaten Sleman sehingga menjadi destinasi wisata yang berkualitas dan desa wisata pilihan.
Staf dan pegawai Dinas Pariwisata Sleman menggelar kegiatan Jumat Bersih bersama pengelola destinasi, Pokdarwis, pedagang dan pemangku kepentingan dari pelaku usaha jasa pariwisata dan masyarakat di kawasan destinasi wisata Tlogo Putri Kaliurang, Jumat (28/10/22). Kantor Pariwisata ANTARA/HO-Sleman

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button