Tapanuli Pandan Central Beach - Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Tapanuli Pandan Central Beach – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Pandan salah satu pantai pasir putih yang menawan Tapanuli sedang dan wajib masuk dalam daftar destinasi liburan kamu. Pantai eksotis yang selalu indah dan menampilkan panorama sunset yang indah.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Padang Simppuan, Kec. Pandan, Kab. Pusat Tapanuli, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Bagi penduduk Tapanuli tengah, destinasi wisata Pantai Pandan sudah tidak asing lagi di telinga. Pantai ini sering dipilih sebagai tempat menghabiskan waktu ketika musim liburan tiba. Tak heran jika wisata bahari begitu diminati. Pantai ini juga dikelola langsung oleh pemerintah setempat.

Saat berkunjung ke Pantai Pandan, mata akan disuguhkan dengan hamparan air laut yang sangat luas. Memang tidak jarang pengunjung dari luar kota atau dari luar negeri menikmati pesona pantainya.

Air laut di pantai ini memiliki warna yang sangat unik. Warnanya menyerupai hijau dan kebiruan. Airnya jernih dan ditambah dengan pepohonan yang rindang. Suasana di Pantai Pandan sangat sejuk karena angin sepoi-sepoi dan rindangnya pepohonan.

Atraksi Pantai Pandan

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai PandanKredit gambar: Google Maps Nur Layla

1. Pasir putih

Di ujung pantai ini terdapat pasir putih yang sangat indah. Selain putih bersih, pasirnya juga sangat lembut. Jadi pengunjung bisa berjalan di atas pasir sambil menikmati nuansa pantai tropis. Biasanya pengunjung juga bermain voli atau sepak bola di atas pasir putih di sini.

2. Gelombang Tenang

Ombak di Pantai Pandan bisa dibilang tidak berbahaya. Ini karena air dan ombak lautnya tenang. Dengan demikian, berbagai jenis aktivitas air dapat dilakukan di pantai. Anak-anak kecil yang bermain di sekitar pantai juga aman.

3. Pemandangan matahari terbenam yang menarik

Pada sore hari, pengunjung berkesempatan untuk dapat menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset di pantai ini. Perpaduan warna jingga dan kemerahan sunset membuat suasana di sekitar pantai terlihat seperti lukisan. Suasana ini menciptakan rasa tenang dan damai di hati.

4. Bersihkan pantai

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai PandanKredit gambar: Google Maps Maya Sari

Saat berkunjung ke suatu tempat wisata, kebersihan tentu menjadi hal yang sangat berpengaruh. Bayangkan jika Anda mengunjungi tempat wisata yang kotor atau penuh sampah. Seharusnya terasa enak bahkan menambah rasa lelah. Lain halnya jika Anda berkunjung ke Pantai Pandan. Selain alamnya yang sangat indah, kebersihannya juga sangat terjaga disana.

5. Banyak perahu nelayan

Ombak yang tenang memungkinkan kapal untuk beroperasi di perairan pantai ini. Perahu itu ditumpangi oleh para nelayan yang sedang mencari ikan. Perahu di sana juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Apalagi di sore hari, Anda bisa melihat perahu dibarengi dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

6. Flora dan Fauna

Pantai Pandan kaya akan flora dan fauna yang indah. Terumbu karang di pantai ini juga masih memiliki ekosistem yang asri. Tumbuhan dan pepohonan di pantai juga terpelihara dengan baik. Apalagi beragam keindahan biota laut yang ditemukan di sana sangat mencengangkan.

7. Pesona Bukit

Saat anda berada di pantai yang indah ini, saat anda melihat hamparan air laut, anda akan melihat sebuah bukit yang agak tinggi di sebelah kanan pantai. Tentu saja bukit ini sangat unik karena tidak semua pantai di pusat Tapanuli memiliki bukit yang tinggi. Bahkan, beberapa pengunjung datang ke tempat ini karena penasaran dengan bukit-bukit yang ada di sana.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Pandan

Alamat Pantai PandanKredit Gambar: Google Maps hendra jaminsyah

Pantai Pandan yang indah ini terletak di pusat Kabupaten Tapanuli. Lokasi tepatnya berada di Jalan Sisingamangaraja, Desa Pandan, Kecamatan Pandan, Sumatera Utara. Tempat wisata ini mudah dijangkau oleh wisatawan. Infrastruktur yang tersedia untuk mengakses tempat-tempat wisata ini sangat mendukung.

Rute yang ditempuh untuk menuju ke tempat ini juga dapat diakses melalui jalur udara maupun darat. Dari kota Medan, penerbangan harian dimiliki oleh Bandara Kualanamu. Menggunakan Wings Air untuk menuju Bandara Sibolga Pinangsori.

Jika memilih jalur darat, ada perjalanan harian dengan minibus dan bus umum dengan rute Medan-Sibolga. Bila menggunakan bus besar, waktu tempuh yang dibutuhkan dari Medan menuju Sibolga kurang lebih 10 jam. Menggunakan jalur darat membutuhkan waktu sedikit lebih lama karena jalurnya lebih sulit.

Selain Medan, pengunjung dapat berwisata ke Kabupaten Tapanuli Tengah dari Kota Padang. Caranya adalah dengan naik mobil travel dengan arah Padang-Padangsidempuan. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Sibolga menggunakan bus umum. Perjalanan Anda yang lelah akan terbayar dengan indahnya panorama Pantai Tengah Pandan Tapanuli.

Bagi pengunjung yang akan menghabiskan waktu di pantai terkenal ini, sepertinya layak untuk bersenang-senang. Pasalnya, semua pengunjung baik lokal maupun asing tidak akan dipungut biaya sama sekali atau gratis. Biaya yang harus dibayar hanya terkait dengan biaya parkir kendaraan. Biasanya juga sangat murah yaitu Rp 3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 4000 untuk kendaraan roda empat.

Harga untuk mengunjungi pantai pasir putih ini masih berlaku hingga saat ini. Bisa dikatakan biaya yang dihasilkan hanya untuk parkir kendaraan dan sewa tikar. Namun, Anda tidak bisa membawa kendaraan sendiri atau menyewa tikar. Artinya liburan Anda di Pantai Pandan benar-benar gratis.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pandan

Aktivitas di Pantai PandanKredit Gambar: Google Maps gobatak dotcom

1. Perburuan Foto

Datang ke Pantai Pandan disarankan untuk membawa kamera agar tidak ketinggalan momen-momen seru saat liburan. Pengunjung bisa memuaskan keinginan berfoto karena banyak spot foto yang bagus.

Air laut yang jernih berpadu dengan langit jingga yang menawan sangat cocok untuk menghasilkan foto yang Instagramable. Selain itu, pengunjung juga dapat mengambil foto pemandangan kapal-kapal di laut.

2. Berenang

Siapkan baju renang Anda untuk mengunjungi pantai ini. Airnya yang jernih membuat pengunjung semakin betah berada di dalam air. Keindahan alam bawah laut juga akan mempesona. Ombaknya yang tidak besar memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas berenang dengan nyaman.

3. Nikmati memasak

Pengunjung akan merasakan sensasi menyantap makanan khas yang dijual di kawasan Pantai Pandan. Makanan laut berlimpah, menjadikannya makanan laut paling populer di sini. Selain itu, kenikmatan menyantap seafood dan segelas air kelapa sambil menyaksikan matahari hampir terbenam merupakan kenikmatan yang tiada tara.

4. Berburu Suvenir

Aktivitas di Pantai Pandan TaptenKredit gambar: Google Maps Farid Harahap

Setelah selesai melakukan berbagai aktivitas di sekitar pantai, jangan terburu-buru untuk pulang. Luangkan waktu untuk berbelanja oleh-oleh khas di sini. Misalnya seperti pakaian pantai, kalung dan gelang. Harganya cukup murah, hanya sekitar 5000 rupiah untuk satu item.

5. Main jet ski

Permainan jet ski sangat menarik untuk dicoba pengunjung. Bukan hanya sekedar permainan biasa, tetapi juga termasuk dalam olahraga air. Jet ski juga menjadi tren di kalangan anak muda. Kegiatan ini hampir sama dengan mengendarai sepeda motor di atas air laut.

6. Menyelam

Bagi penggemar diving, Anda bisa mengunjungi Pantai Pandan yang berada di pusat kota Tapanuli. Menyelam di laut dalam adalah salah satu kegiatan favorit orang-orang di sekitar pantai. Penyelam juga akan dilengkapi dengan peralatan menyelam lengkap yang disediakan di sana.

Akomodasi Murah Di Sekitar Pantai Pandan

Akomodasi Pantai PandanKredit gambar: Google Maps Zul UwoE

1. Kediaman Romawi

Rome Residence termasuk dalam akomodasi murah. Selain murah juga dekat dengan Pantai Pandan dengan jarak 1,59 km. Beberapa tipe kamar ditawarkan oleh Rome Residence. Tipe kamar Family Suite dengan harga paling mahal 903.000 untuk satu malam. Tipe kamar Executive dibandrol dengan harga 301.000 per malam.

Lalu, untuk tipe kamar Deluxe dipatok harga 271.000 untuk satu malam. Namun, bagi Anda yang ingin berhemat. Anda bisa memilih kamar superior atau tipe AC standar yang hanya mematok harga 240.000 per malam.

Fasilitas yang akan didapatkan selama Anda menginap di Rome Residence cukup memadai. Seperti area piknik, sarapan gratis, teras, ruang keluarga, AC, akses internet gratis, area parkir kendaraan, layanan kamar, resepsionis dan keamanan 24 jam.

2. Hotel Pandan Carita

Pilihan akomodasi terdekat lainnya adalah Pandan Carita Hotel. Pengunjung bisa sampai ke pantai hanya dengan berjalan kaki. Karena lokasi hotel tepat di depan Pantai Pandan. Di sini, pelanggan bisa menikmati hotel yang bagus dengan harga yang tidak menguras kantong.

Jenis kamar yang tersedia juga beragam, mulai dari yang standar hingga yang paling mewah. Harganya juga menyesuaikan dengan tipe kamar, yaitu antara 150.000 hingga 350.000 untuk satu malam. Fasilitasnya juga beragam, seperti tempat parkir kendaraan yang cukup luas, kipas angin, restoran, kamar mandi, air panas, taman, AC, dll.

3. Pia Hotel Pandan Beach Resort

Pia Hotel Pandan Beach Resort hanya berjarak sekitar 122 meter dari Pantai Pandan. Ada empat tipe kamar yang ditawarkan yaitu Standard Single, Executive, Junior Suite Room dan Presidential Suite.

Harga mulai dari 465.000 hingga 1,9 juta untuk satu malam. Dengan harga tersebut Anda dapat menikmati fasilitas berupa kamar mandi pribadi, lemari es, microwave, dapur kecil, brankas, pengering rambut pengering, pemutar DVD, TV kabel dan banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pandan Tapanuli Tengah

Fasilitas Tapanuli Pandan Central BeachKredit gambar: Google Maps Evendi ST

Fasilitas umum yang tentunya sangat penting saat mengunjungi tempat wisata adalah toilet. Pantai Pandan menyediakan toilet sebagai salah satu fasilitasnya. Toilet juga terpelihara dengan baik dan tetap bersih. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu lagi mencari toilet di luar pantai.

Gazebo juga disediakan di pantai. Pengunjung bisa menikmati eksotisme pemandangan air laut sambil duduk santai di gazebo. Gazebo yang disediakan juga bisa digunakan sebagai tempat berteduh saat terik matahari.

Banyak restoran atau warung juga tersedia di sekitar pantai. Pengunjung tidak perlu khawatir membawa perbekalan dari rumah. Makanan yang dijual juga enak dan murah. Penjualnya juga merupakan warga yang tinggal di sekitar pantai ini.

Beberapa informasi tentang Pantai Pandan di pusat Tapanuli yang telah disebutkan di atas pasti akan membuat Anda penasaran. Nah tunggu apalagi, ketika musim liburan tiba, jangan lupa berkunjung ke pantai untuk bisa menikmati panorama dan keindahan yang dimanfaatkan. Pengunjung dijamin akan terpukau dan terkagum-kagum saat tiba di Pantai Pandan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button