Disbudpar Aceh sedang melakukan percepatan persiapan Malam Puncak Penghargaan API 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Disbudpar Aceh sedang melakukan percepatan persiapan Malam Puncak Penghargaan API 2022

“Kami terus berkoordinasi dengan asosiasi industri pariwisata kami seperti hotel, perusahaan penyewaan mobil, operator tur, dan fasilitas lainnya untuk tamu API. Berbagai atraksi juga telah kami siapkan untuk memeriahkan pelaksanaan API Award Peak Night.”

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh terus berbenah dalam menyambut nominator API Award dari 54 kotamadya di Indonesia yang akan hadir pada acara Malam Puncak Penghargaan API ke-7 yang akan diselenggarakan di AAC Dayan Dawood Bangunan. Banda Aceh pada 25 November 2022.

Pendiri API Awards M Syafaat mengaku optimistis akan hadir para peserta yang akan mengikuti langsung ajang tahunan yang digelar di Sumsel tahun lalu tersebut.

“Kurang lebih 1.000 orang akan berkunjung ke Banda Aceh untuk menyaksikan secara langsung,” kata Syafaat dalam keterangannya, Minggu, 20 November 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh optimis akan hal tersebut, terus melakukan serangkaian persiapan menyambut peserta API Prize ke Aceh. Tiga kunci utama kunjungan wisata yang nyaman adalah jaminan amenitas, akses, dan atraksi.

“Kami terus berkoordinasi dengan organisasi pariwisata seperti hotel, perusahaan rental mobil, tour operator dan fasilitas lainnya untuk para tamu API. Berbagai atraksi juga telah kami siapkan untuk memeriahkan pelaksanaan API Peak Night,” kata Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, didampingi Manajer Pemasaran T. Hendra Faisal.

Disinggung soal kemenangan Aceh di ajang API Awards, Almuniza mengatakan sangat tergantung dukungan masyarakat, khususnya masyarakat Aceh yang ikut serta memilih objek wisata favoritnya di ajang ini.

“Optimis Aceh menang lagi tahun ini insya Allah,” ujarnya.

Persiapan API Award Peak Night 2022 hampir rampung. Acara ini tidak hanya menampilkan berbagai atraksi budaya yang menarik, peserta API Award dari 54 kotamadya di Indonesia, tetapi juga memanjakan berbelanja oleh-oleh khas Aceh.

Melalui Pameran Virtual Mengusung tema Pesona Tanoh Aceh, Disbudpar Aceh mengumpulkan beberapa produk Industri Kreatif (Ekraf) yang menarik untuk dijadikan souvenir dalam pameran virtual yang juga berlangsung secara offline di tempat tersebut.

“Layanan souvenir online ini menjadi nilai tambah untuk dikembangkan pariwisata Aceh,” kata Kadisbudpar Aceh.

Sedikitnya ada 7 stand pameran kuliner yang menyuguhkan puluhan variasi menu khas Aceh di kawasan Khanduri. Stand akan diisi oleh asosiasi kuliner dan UMKM antara lain Mie Bardi, Station Coffee Premium, RM. Paga Ayee, Asosiasi Pengusaha Katering Indonesia, Sate Matang Pasti Rasa, Asosiasi Ahli Kuliner dan Rujak Bang Karuh (merek Indonesia Surya Master Chef asal Aceh).

Peserta pameran adalah UMKM kreatif dan kuliner di Aceh. Pameran ini juga menarik minat beberapa kabupaten/kota lain untuk berpartisipasi, antara lain Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kota Ambon, Provinsi Maluku dan Kabupaten Phak-Phak Barat Sumatera Utara. Peserta Pameran Kreatif menampilkan berbagai produk unggulan Kreatif dari berbagai kategori yaitu kuliner, tekstil, kerajinan tangan dan lain-lain.

Acara juga dimeriahkan oleh Keubibitbit atau peraih Anugerah Musik Indonesia (AMI) yang secara sadar kembali ke kampung halamannya untuk memeriahkan API Award.

Setelah sukses menyabet penghargaan AMI untuk kategori produksi musik dunia terbaik tahun 2022, Keubibitbit atau grup musik etnik modern asal Aceh ini semakin berkiprah di belantika musik Indonesia. Namun, di sela-sela kesibukannya, Keubibitbit kembali menyempatkan diri berkunjung ke Aceh untuk memeriahkan acara Malam Puncak Anugerah API 2022.

“Kami ingin menunjukkan sisi kreatif anak-anak Aceh, juga di bidang musik. Banyak pemuda Aceh yang telah meraih kesuksesan nasional maupun internasional, termasuk di dunia musik. Jadi kita harus menyiapkan tahapan-tahapan ini agar anak-anak muda kita menjadi tuan rumah di rumahnya juga,” ujarnya.

Acara ini berlangsung secara hybrid, namun hanya tamu dan undangan yang dapat menyaksikan acara ini secara langsung. Masyarakat umum dapat menyaksikan Malam Puncak API Award 2022 melalui streaming di kanal YouTube resmi API Award dan juga di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. []

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button