Sandiaga menyerukan agar pariwisata dan industri kreatif di Jogja digenjot setelah PPKM dicabut - WisataHits
Yogyakarta

Sandiaga menyerukan agar pariwisata dan industri kreatif di Jogja digenjot setelah PPKM dicabut

Sandiaga menyerukan agar pariwisata dan industri kreatif di Jogja digenjot setelah PPKM dicabut

Harianjogja.comJAKARTA Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pencabutan Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir 2022 akan berdampak signifikan terhadap sektor pariwisata dan industri kreatif.

Dia mengklaim, sebulan setelah direktif dicabut, sejumlah indikator pariwisata sudah naik. Kenaikan tersebut terjadi salah satunya di Jogja. Hal itu diungkapkannya dalam keterangannya pada Senin, 30 Januari 2023, di kantor Presiden di Jakarta, usai mengikuti sidang tertutup pada Senin (30/01/2023) yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

“Setelah PPKM dihentikan selama sebulan, kegiatan ekonomi khususnya pariwisata dan industri kreatif meningkat signifikan, dengan tingkat hunian kamar mencapai 80-90 persen di beberapa destinasi bahkan mencapai 100 persen untuk destinasi terpopuler Bandung, Yogyakarta dan Bali”, ujarnya, Senin (30/1/2023).

BACA JUGA: Pencabutan PPKM mulai berdampak pada industri

Selain itu, Sandi menjelaskan pemerintah juga gencar memperluas target pasar wisman pada 2023 melalui beberapa langkah di antaranya memperbanyak jumlah penerbangan.

Selain itu, pemerintah juga berupaya mempercepat pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) wisata.

“Sebelumnya Bapak Presiden menginstruksikan percepatan pembangunan kawasan ekonomi khusus pariwisata di kawasan ekonomi khusus untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja,” imbuhnya.

Selain itu, upaya lain sedang dilakukan untuk menyederhanakan atau menderegulasi aturan dan membuat pengorganisasian acara menjadi lebih nyaman. Dengan adanya kebijakan ini diharapkan dapat memicu lebih banyak lagi kegiatan MICE (rapat, insentif, kongres, pameran), event berbasis musik dan olah raga.

BACA JUGA: Pencabutan PPKM Tak Dorong Wisatawan, Kok Bisa?

“Diharapkan dapat mendorong terciptanya pariwisata mancanegara dengan kunjungan 7,4 juta di tutup dan pergerakan wisatawan nusantara dengan 1,4 miliar pergerakan pariwisata nusantara. Terakhir, tujuan penciptaan lapangan kerja dan beberapa program unggulan seperti Pemberdayaan UMKM dan Desa Wisata di Desa Kreatif, semoga tujuan tahun 2024 menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas dapat tercapai,” ujar Sandiaga.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: Bisnis.com

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button