Dinas Pariwisata Yogyakarta Pertahankan Tren Positif Kunjungan Wisatawan Bulan Oktober - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Dinas Pariwisata Yogyakarta Pertahankan Tren Positif Kunjungan Wisatawan Bulan Oktober – ANTARA News Yogyakarta

YOGYAKARTA (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta ingin mempertahankan dan melanjutkan tren positif kunjungan wisatawan ke kota tersebut di bulan Oktober, apalagi dengan banyaknya kegiatan yang akan digelar dalam rangka HUT Kota Yogyakarta ke-266.

“Memang ada kekhawatiran akan terjadi penurunan kunjungan wisatawan menyusul kenaikan harga BBM. Tapi kami menebusnya dengan mengatur yang berbeda acara sebagai strategi untuk menarik wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Minggu.

Menurutnya, akan ada 14 total acara atau kegiatan dengan genre berbeda yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-266 kota Yogyakarta, dimulai pada 1 Oktober dengan peluncuran logo dan berakhir pada 9 Oktober 2022.

Karnaval Malam Wayang Jogja akan menjadi kegiatan utama sebagai puncak perayaan HUT Kota Yogyakarta yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 Oktober dalam bentuk parade. seni jalanan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Tugu dan Jalan Margo Utomo.

Karnaval Malam Wayang Jogja di tahun ketujuhnya bisa digelar kembali di lokasi semula, kegiatan tersebut digelar untuk pertama kalinya setelah sempat tersendat selama dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19. Parade seni jalanan Ia juga mengikuti Top 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) untuk kedua kalinya.

“Akan ada banyak di awal Oktober acara yang dapat diikuti oleh semua kalangan masyarakat dan wisatawan. Ada pertunjukan olahraga, seni dan budaya, pameran produk UMKM, serta acara pecinta kopi akan dimanjakan. Kami semua sudah siap,” katanya.

Berbagai organisasi pariwisata seperti Asita dan PHRI, lanjut Wahyu, mulai terlibat dalam mempromosikan berbagai kegiatan pariwisata tersebut kepada calon wisatawan, selain mempromosikannya melalui Pesona Budaya Nusantara yang digelar di Jakarta pada akhir September lalu dengan mengundang 90 orang. pembeli potensial.

“Di puncak perayaan ulang tahun, kami juga mengundang sejumlah YouTuber dari dalam dan luar negeri seperti Singapura dan Malaysia untuk ikut mempromosikan rangkaian perayaan ulang tahun tersebut. Kami juga menunjukkan mereka di sekitar Yogyakarta, ”katanya.

Dengan berbagai kegiatan tersebut, Wahyu mematok target kunjungan wisatawan sebanyak 500.000 hingga 1 juta wisatawan pada Oktober.

Sementara itu, hingga akhir Agustus, jumlah wisatawan yang datang ke Yogyakarta tercatat 4,5 juta orang, atau dua kali lipat dari target 2 juta wisatawan pada 2022.

Lama tinggal wisatawan juga melebihi target 1,8 hari dengan pengeluaran rata-rata Rp 1,8 juta per wisatawan, katanya.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Dies Natalis ke-266, Kota Yogyakarta menyelenggarakan berbagai event pariwisata bulan ini

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button