ATF 2023 Lanjutkan Tren Positif Pariwisata DIY - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

ATF 2023 Lanjutkan Tren Positif Pariwisata DIY – ANTARA News Yogyakarta

Yogyakarta (ANTARA) – Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan digelar di DIY pada Februari 2023 dapat melanjutkan tren positif pariwisata Yogyakarta di provinsi ini.

“Dengan ATF, kami yakin tren pariwisata DIY akan terus berkembang positif di tahun 2023,” kata Ketua Asita DIY Hery Satyawan saat dihubungi di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Hery, posisi DIY sebagai tuan rumah ATF 2023 akan menjadi peluang unik untuk meningkatkan promosi pariwisata melalui penyusunan berbagai paket unggulan, karena forum ini akan mempertemukan para pemilik biro perjalanan wisata lintas ASEAN dan melihat secara langsung perkembangan pariwisata nantinya. buatan sendiri saat itu.

“Tentunya kita akan naik langsung ke perwakilan resmi negara-negara ASEAN dan kita tidak perlu kemana-mana karena mereka datang ke sini,” ujarnya.

Bersama seluruh elemen pemangku kepentingan pariwisata, termasuk hotel dan dinas pariwisata, Asita telah menyiapkan paket wisata DIY dengan berbagai tema baru yang berpotensi untuk dijual kepada peserta ATF.

“Memang kami diminta menyusun paket-paket ‘Tour’ unggulan sesuai kebutuhan ATF. Tema berbasis wisata budaya dan alam masih menjadi andalan kami,” ujarnya.

Menurut Hery, penyelenggaraan ATF 2023 di Yogyakarta pada awal tahun juga akan memperkuat bisnis pariwisata di Yogyakarta untuk menghadapi tantangan resesi ekonomi global yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2023 dengan optimisme.

Kepala Biro Pariwisata Do-it-Yourself Singgih Raharjo mengatakan, pengalaman di masa pandemi Covid-19 cukup menjadi modal bagi para pelaku pariwisata do-it-yourself untuk berani menghadapi tantangan perekonomian di masa depan.

Yang terpenting, kata Singgih, pelaku usaha pariwisata tetap mampu beradaptasi dengan cepat, mengintensifkan inovasi dan berkolaborasi.

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 dijadwalkan akan diselenggarakan di Yogyakarta dari tanggal 2 hingga 5 Februari 2023 dengan motto “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations”.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno menyatakan Yogyakarta dipilih sebagai lokasi ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 karena memiliki infrastruktur MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions) tingkat menteri internasional.

Kesiapan tersebut meliputi ketersediaan staf, penyediaan akomodasi, penyediaan tempat pameran besar, tempat wisata dengan keaslian budaya yang kental, kuliner khas dan destinasi alam.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Asita optimis ATF 2023 akan melanjutkan tren positif pariwisata DIY

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button