Dikunjungi Ibu Negara Iriana, Inilah Uniknya Kampung Dolanan di Sidowayah Klaten - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Dikunjungi Ibu Negara Iriana, Inilah Uniknya Kampung Dolanan di Sidowayah Klaten – Solopos.com

Dikunjungi Ibu Negara Iriana, Inilah Uniknya Kampung Dolanan di Sidowayah Klaten – Solopos.com

SOLOPOS.COM — Ibu Negara Iriana Joko Widodo bermain bersama anak-anak di Desa Dolanan Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Rabu (18/1/2023). (Khusus/Dokumentasi Desa Sidowayah)

Solopos.com, Klaten – Kampung Dolanan di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten menjadi salah satu objek wisata yang dikunjungi Ibu Negara Iriana Jokowi saat reuni dengan teman-teman SMA-nya, Rabu (18/1/2023).

Wahana wisata di tempat ini adalah kegiatan keluar dikelola oleh BUM Sinergi Desa Sidowayah. Tidak keluar Seperti biasa, perjalanan edukasi ini juga menawarkan keunikan berupa berbagai permainan tradisional yang jarang ditemui di masyarakat.

PromosiMayoritas konsumen memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling aman, terpercaya dan memuaskan

permainan & keluar Letaknya di tengah perkampungan dan berbatasan dengan persawahan Dukuh Baderan, Desa Sidowayah. Kegiatan berpusat di sekitar rumah tua Joglo yang dahulu dikenal dengan rumah Mbah Demang.

Pekarangannya cukup luas dan dinaungi pepohonan. Di titik ini ada ayunan menuju jembatan kayu di antara pepohonan. Beragam permainan tradisional ditawarkan di objek wisata Kampung Dolanan, Sidowayah, Klaten.

Beriklan dengan kami

Permainannya mulai dari bakiak, sepatu kerang, tarik tambang, lompat tali, egrang, engkol, gobak sodor dan lain-lain. Tak jauh dari tempat ini terdapat wahana bajak sawah dengan kerbau dan kolam renang.

Desa Dolanan Sidowayah KlatenAnak-anak bermain di Desa Dolanan Sidowayah, Dusun Baderan, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Rabu (18/1/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Pengelola melatih pelatih terlatih yang merupakan pemuda desa setempat. Kepala Desa Dolanan Sidowayah Klaten, Rizki Khairunnisa menjelaskan, pembangunan Desa Dolanan Sidowayah tahun 2016 ini diprakarsai oleh desa.

“Ada banyak anak-anak bermain ponsel. Dari permainan tradisional, mereka beralih ke handphone. Kemudian lakukan wahana keluar dengan permainan tradisional dan menjadi dolanan desa,” kata Nisa saat ditemui Solopos.com di Kampung Dolanan Sidowayah, Rabu (18/1/2023).

beban pendidikan

Kampung Dolanan Sidowayah sering menjadi lokasi kelas ekskursi dari TK/PAUD hingga SMP. Di tempat ini, aktivitas mereka diisi dengan berbagai aktivitas keluar yang sarat dengan pendidikan, diawali dengan latihan kerjasama, ketangkasan, kemampuan dan lain-lain.

“Aktivitas keluar rata-rata empat sampai lima jam,” kata Nisa. Nisa menjelaskan pengunjung datang dari berbagai daerah, mulai dari daerah Soloraya, Semarang, Jepara, dan Jogja.

Beriklan dengan kami

Jumlah kunjungan bervariasi menurut sekolah. Paling banyak 2.000 pengunjung datang dalam sebulan dalam kondisi sibuk. Setelah sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Kampung Dolanan Sidowayah Klaten mulai beroperasi hampir tahun lalu.

Untuk mengadakan outbond di lokasi ini, Nisa menjelaskan minimal rombongan adalah 30 orang. “Untuk harga antara Rp75.000 sampai Rp100.000 per orang. Selain kegiatan keluarnanti bisa langsung dimakan makanan ringan. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang makanan di sini. Kampung Dolanan Sidowayah buka setiap hari kecuali hari Jumat,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Kampung Dolanan Sidowayah pada Rabu, serta objek wisata lain di desa tersebut, yakni Kebun Jambu, Umbul Siblarak dan Umbul Manten.

Iriana menyempatkan diri mengunjungi objek wisata tersebut dalam kegiatan reuni bersama teman-teman SMA-nya. Di Desa Dolanan Sidowayah, Iriana memainkan permainan tradisional di sana.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button