Pantai Plengkung Banyuwangi, surganya para peselancar - WisataHits
Jawa Timur

Pantai Plengkung Banyuwangi, surganya para peselancar

Pantai Plengkung adalah salah satu tujuan liburan pantai paling populer di Banyuwangi, Jawa Timur. Berada tepat di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Sebelah utara pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Aktivitas Surfing di Pantai PlengkungAktivitas berselancar di Pantai Plengkung. Google Maps. Sumber: Alan Nobita

Pantai Plengkung lebih dikenal wisatawan dengan sebutan G-Land. Huruf G pada kata G-Land sendiri memiliki 3 arti. Grajagan, nama teluk yang ombaknya besar. Hijau, pantai alami di tepi hutan hijau tropis. Dan Hebat, yang menggambarkan ombak besar dan panjang.

Ombak di Pantai Plengkung sudah terkenal di seluruh dunia. Banyak turis asing yang berlibur di pantai ini melakukan aktivitas surfing. Pantai Plengkung dikenal sebagai surganya para peselancar.

Pantai ini tidak hanya menjadi tempat populer bagi para peselancar, tetapi juga menawarkan pemandangan alam yang indah. Dimulai dengan luasnya laut biru, pantai berpasir putih, bebatuan dan diakhiri dengan pepohonan hijau yang indah.

Alamat Pantai Plengkung

  • Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Biaya masuk

  • Tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp.15.000,- / orang.
  • Tiket masuk wisata internasional Rp.150.000,- / orang.

jam buka

  • Secara teknis, waktu operasional mulai pukul 07.30 WIB – 16.00 WIB.

Rute Menuju Pantai Plengkung

Ada dua jalur pilihan untuk mencapai tempat ini di Pantai Plengkung, yaitu jalur darat dan jalur laut.

jalur darat

Dari Pusat Kota Banyuwangi – Kalipait – Pasaranyar – Trianggulasi – Pancur – Dari pancuran bisa langsung menuju Pantai Plengkung.

jalur laut

Dari Banyuwangi Town Drive ke Grajagan – Dari Grajagan, sewa speedboat melintasi Teluk Grajagan untuk langsung menuju Pantai Plengkung.

mengangkut

Jarang sekali wisatawan yang menggunakan jalur laut. Selain memakan waktu, juga karena faktor harga sewa SpeedBoat yang mahal.

Cara terbaik untuk menuju lokasi Pantai Plengkung adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jarang sekali ada kendaraan umum yang mengantar anda ke lokasi Pantai Pelngkung.

Ada Apa di Pantai Plengkung

Pantai Plengkung, BanyuwangiPantai Plengkung, Banyuwangi. Google Maps. Sumber: W Nazaria

Pantai Plengkung memiliki panorama yang indah dengan pesona tersendiri. Para wisatawan dapat mencoba berbagai aktivitas seru dan menarik di pantai ini. Yang utama adalah berselancar. Nikmati pemandangan alam sekitar, mendaki dan bersepeda melintasi Taman Nasional Alas Purwo untuk berfoto selfie. Pergi memancing atau mengunjungi penangkaran penyu.

berselancar

Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik di dunia. Diakui sebagai tempat selancar terbaik di Asia Tenggara. Sejak 1970-an telah menjadi surga bagi peselancar lokal dan asing.

Berselancar di Pantai PlengkungBerselancar di Pantai Plengkung. Google Maps. Sumber: Alan Nobita

Pantai Plengkung di Banyuwangi pernah menjadi tempat diselenggarakannya event selancar dunia yang disebut World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) 2022.

Banyak peselancar kelas dunia menyebut pantai ini “The Seven Giant Waves Wonder”. Apa yang dimaksud dengan salah satu dari tujuh tempat selancar terbaik di dunia.

Ombak Pantai Plengkung cukup langka. Memiliki tiga tingkatan ombak yaitu Many Track Waves, Speedis Waves dan Kong Waves. Ombak dengan karakter ini hanya dapat ditemukan di beberapa negara. Seperti Afrika Selatan, Australia dan Hawaii.

snorkling dan menyelam

Menyelam di Pantai PlengkungMenyelam di Pantai Plengkung. Google Maps. Sumber: Ida Widyastuti

Di sini, pengunjung juga bisa menikmati aktivitas sea diving seperti scuba diving dan snorkeling. Pantai Plengkung menawarkan pemandangan bawah laut yang indah.

Nikmati panorama alam Pantai Plengkung

Menikmati panorama alamMenikmati panorama alam. Google Maps. Sumber: Heppy Salim

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat menikmati pemandangan alam Pantai Plengkung dari berbagai sudut. Ada menara tidak jauh dari pantai. Wisatawan bisa melihat keindahan di sekitar pantai dari ketinggian. Sore hari Anda bisa melihat pesona sunset yang mempesona.

Sayangnya Taman Nasional Purwo

Sayangnya Taman Nasional Purwosayangnya Taman Nasional Purwo. Google Maps. Sumber: Rubi Strubi

Selain eksotisme Pantai Plengkung, kita juga bisa menikmati panorama alam Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini juga dikenal dengan hutan tropisnya. Pantai ini dikelilingi oleh hutan hijau. Menjadikan Pantai Plengkung semakin indah dan eksotis. Pengunjung dapat melihat berbagai hewan liar yang berkeliaran bebas, dari monyet hingga rusa.

sepeda

bersepeda di pantaiBersepeda di Pantai Plengkung. Google Maps. Sumber: Iwey sKaKing

Kegiatan seru lainnya adalah bersepeda. Berjalan di sepanjang pantai atau bersepeda melintasi Taman Nasional Alas Purwo. Pengunjung dapat membawa sepeda sendiri atau menyewa sepeda dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Harga sewa sepeda: Rp 20.000 / 1 jam.

Spot foto instagramable

spot foto di pantai plengkungspot foto di pantai plengkung. Google Maps. Sumber: Novi Liana

Kawasan wisata Pantai Plengkung menawarkan banyak spot foto yang keren dan instage. Selfie atau berburu foto estetis dengan background pantai yang indah. Tak hanya itu, dari waktu ke waktu Anda juga bisa memotret para peselancar.

Fasilitas Pantai Plengkung

Wisata Pantai Plengkung dilengkapi dengan fasilitas dan fasilitas umum yang cukup lengkap. Berikut fasilitas dan fasilitas yang tersedia:

  • area parkir
  • akomodasi
  • restoran
  • Penyewaan peralatan renang
  • Toilet
  • tempat foto

Hotel di sekitar Pantai Plengkung

Wisata Pantai Plengkung sendiri menawarkan akomodasi bagi Anda yang ingin bermalam. Berikut beberapa pilihan akomodasi, hotel atau villa di sekitar Pantai Plengkung:

  • G Land Surf and Resort
  • Kamp selancar Joyo
  • Perkemahan Bobby’s Surs
  • Java Soul G-Land
  • ASTON Banyuwangi Hotel & Conference Center
  • Pondok hutan G-Land
  • Utama d’Alas Purwo Homestay
  • Homestay Chengho Alaspurwo

Video Pantai Plengkung

Video review berikut dikutip dari channel: Papakenzi

Menyimpulkan

Pantai Plengkung adalah salah satu tujuan liburan pantai paling populer di Banyuwangi, Jawa Timur. Hotel ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini merupakan tempat yang populer bagi para peselancar. Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik di dunia.

Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke pantai ini untuk liburan berselancar. Pantai Plengkung dikenal sebagai surganya para peselancar.

Memiliki panorama yang indah dengan berbagai aktivitas seru dan menarik. Yang utama adalah berselancar. Nikmati pemandangan alam sekitar, mendaki dan bersepeda melintasi Taman Nasional Alas Purwo untuk berfoto selfie. Pergi memancing atau mengunjungi penangkaran penyu.

Hampir setiap hari, terutama di akhir pekan, tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Anda bisa memanfaatkan Pantai Plengkung sebagai tempat wisata bersama keluarga di kawasan Banyuwangi sebagai tempat liburan.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button