Destinasi wisata lainnya, Kota Cirebon sedang membangun kawasan perkampungan Arab - WisataHits
Jawa Barat

Destinasi wisata lainnya, Kota Cirebon sedang membangun kawasan perkampungan Arab

Cirebon (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, berupaya menata dan membangun kawasan Kampung Arab Panjunan untuk memperluas destinasi pariwisata di wilayah tersebut.

“Pembangunan desa wisata Arab Panjunan akan dilakukan pada tahun 2023, semuanya sudah disiapkan,” kata Kepala Biro Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Agus Sukmanjaya di Cirebon, Sabtu.

Agus mengatakan, mengingat Kota Cirebon merupakan salah satu daerah tertua di Indonesia, maka pembangunan dan pendirian Kampung Wisata Arab Panjunan dilakukan untuk memperluas destinasi wisata khususnya sejarah dan budaya.

Menurut dia, pengembangan destinasi wisata Kampung Arab Panjunan direncanakan pada triwulan III tahun 2023 dengan anggaran Rp 1,5 miliar dengan rincian pembangunan fisik Rp 1 miliar berupa gapura dan ornamen penunjang keberadaan Panjunan Arab. desa.

“Sedangkan anggaran Rp 500 juta akan digunakan untuk kegiatan non fisik seperti melakukan berbagai kegiatan di daerah,” ujarnya.

Baca Juga: Disbudpar Cirebon Gandeng Daerah Tetangga Untuk Tarik Wisatawan

Agus menambahkan, Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan Kampung Wisata Arab Panjunan juga sudah ada dengan mengikuti keinginan warga. Pembangunan fisik dijadwalkan dimulai pada kuartal ketiga tahun depan, dan desa wisata Arab Panjunan dijadwalkan dibuka pada pertengahan 2023.

Agus juga berterima kasih atas kesediaan masyarakat khususnya di 3 RW yang dijadikan lokasi desa wisata unggulan. “Setidaknya inisiasi tumbuh dari bawah. Itu memberi kita keberanian. Karena kami didukung oleh semua elemen,” katanya.

Desa Arab di Desa Panjunan dibagi lagi menjadi 3 klaster. Karena RW 04 menyimpan seni, budaya dan kuliner. Sedangkan RW 05 menyelenggarakan wisata religi dan gerabah.

“Kita mulai aktif lagi bengkel untuk tembikar. Karena cikal bakal gerabah di Cirebon berasal dari Panjunan. RW 08 kini menawarkan wisata souvenir haji dan umroh,” ujarnya.

Baca Juga: Pontianak Ubah Kampung Arab Jadi Tempat Wisata Baru

Reporter: Khaerul Izan
Penerbit: Risbiani Fardaniah
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button