Tempat Wisata di Cianjur mulai dari pantai, gunung hingga kebun raya yang layak untuk dikunjungi - WisataHits
Jawa Barat

Tempat Wisata di Cianjur mulai dari pantai, gunung hingga kebun raya yang layak untuk dikunjungi

EINFALL24.COM – Cianjur dengan kontur tanah berbukit, menyimpan potensi wisata dan wajib dieksplorasi oleh penikmat wisata alam.

Cianjur tidak hanya terkenal sebagai penghasil beras Pandan Wangi, tetapi juga memiliki pesona alam yang menakjubkan dengan berbagai objek wisata unggulannya.

1. Cipanas Little Venice

Tempat wisata di Cianjur pertama yang bisa dikunjungi adalah Little Venice, Kota Bunga Cipanas. Sebuah danau buatan yang didesain mirip dengan struktur lingkungan di Venesia, Italia.

Dipadukan dengan berbagai bangunan yang sesuai persis dengan bangunan di Italia. Mulai dari bangunan, rumah dan diakhiri dengan bangunan lainnya.

Tempat ini memang cocok bagi pecinta fotografi yang dikenal memiliki banyak objek indah di sini. Little Venice Cipanas terletak di Batulawang, Cipanas. Waktu liburan di tempat ini akan berkesan, apalagi bagi yang suka mengoleksi foto-foto keren.

Harga tiket: Rp 30.000

Alamat : Batulawang, Kec. Cipanas, Kab.Cianjur, Jawa Barat.

2. Pantai Jayanti

Pantai yang menawarkan sejuta keindahan ini memang sangat indah dan alami. Tak banyak terjamah oleh turis dan gemerlap industri pariwisata lokal. Namun di balik kesederhanaan pantai ini tersembunyi pasir putih yang cukup panjang dengan deburan ombak.

Untuk para pecinta itu matahari terbenam Ada juga panorama di pantai ini matahari terbenam sayang sekali untuk dilewatkan. Pantai Jayanti berjarak kurang lebih 139 km dari pusat kota Cianjur. Terletak persis di Jalan Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun.

Harga tiket: Rp 5.000

Alamat : Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

3. Kebun Raya Cibodas

Memasuki Cianjur, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Kebun raya ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan alam yang masih terjaga menjadikan Kebun Raya Cibodas sebagai destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Pepohonan rindang yang menaungi taman ini membuat suasana begitu rindang dan sejuk. Anda bisa beristirahat sambil menikmati panorama yang disajikan. Jika Anda membawa anak-anak, Anda bisa menyaksikan mereka bermain di halaman rumput yang hijau.

Tak ketinggalan, Anda juga bisa mengambil foto souvenir cantik.

Harga tiket: Rp 16.500

Alamat : Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

4. Air Terjun Citabur

Selanjutnya, wisata di Cianjur sepertinya tidak pernah sepi pengunjung, apalagi karena keindahan air terjun Citambur ini. Tingginya sekitar 100 meter dan memiliki banyak fitur unik, seperti B. drainase air yang cepat dan berlebihan. Ini menciptakan uap air seperti kabut tipis yang mendinginkan lingkungan.

Adanya drainase air yang kuat dan pemandangan alam yang hijau membuat suasana liburan semakin menyenangkan. Air terjun Citambur ini terletak di desa Karang Jaya di kecamatan Pasirkuda. Pengunjung yang datang bisa merasakan cipratan air yang berhembus seperti kabut segar.

Harga tiket: Rp 10.000

Alamat : Karangjaya, Kec. Pasikuda, Kab.Cianjur, Jawa Barat.

5. Taman Bunga Nusantara

Tak hanya pemandangan bunga yang berwarna-warni, liburan di Taman Bunga Nusantara juga menawarkan pengalaman berbeda bagi wisatawan. Ada beberapa wahana seperti kereta api, Go-kart super, Kincir Angin Surga, Naik ke ATV. Ada 3 taman yaitu Jam Garden, Labyrinth Garden dan French Garden.

Fasilitas tambahannya adalah: pusat ATMbisnis suvenir, toilet, tempat ibadah dan sebagainya. Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati KM 7. Lebih tepatnya di Kawungluwuk, Sukaresmi. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan dengan kamera terbaik agar bisa mengabadikan momen di tempat yang indah ini.

Harga tiket: Rp 40.000

Alamat : Jl. Mariwati, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab.Cianjur, Jawa Barat.

6. Gunung Gede

Apakah Anda orang yang suka mendaki dan menjelajahi alam? Jika iya, maka Gunung Gede bisa Anda jadikan tujuan selanjutnya. Terletak di ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut, Gunung Gede Cianjur menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Hingga saat ini, gunung ini masih menjadi tujuan populer bagi para pendaki.

Perjalanan mendaki membutuhkan perjuangan yang berat. Tapi semuanya akan terbayar dengan pemandangan begitu Anda sampai di puncak. Hamparan hijau dari atas akan memukau siapa saja.

Anda juga bisa berburu matahari terbit di sebuah gunung yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango.

Harga tiket: Rp 17.500; map:

Alamat : Jl. Cipendawa, Kec. Pacet, Kab.Cianjur, Jawa Barat.

7. Situs Gunung Padang

Salah satu situs megalitikum yang diteliti memang menjadi misteri yang tak ada habisnya. Namanya Situs Gunung Padang yang luasnya kurang lebih 900 meter persegi. Ada ketinggian 885 meter di atas permukaan laut. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa tempat ini merupakan piramida terbesar di Asia Tenggara atau bahkan dunia.

Bukan hanya sebagai tempat wisata Anti arus utama tapi disini juga ada wisata sejarah untuk anak-anak. Situs Gunung Padang berada di perbatasan antara Dusun Gunung Padang dan Dusun Panggulan. Tepatnya berada di distrik Campaka yang menyimpan banyak misteri terkait keberadaannya.

Harga tiket: Rp 5.000

Alamat : Jl. Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Kab.Cianjur, Jawa Barat.

8. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum memiliki air terjun utama dan dua air terjun kecil lainnya bernama Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Sedangkan Curug Cibeureum sendiri merupakan air terjun terbesar dan terpendek di kawasan ini. Lokasinya juga lebih terbuka dan dekat Perlindungan sheingga menggertak banyak pengunjung.

Nama Cibeureum berasal dari bahasa Sunda, yang berarti sungai merah, dan berasal dari nada merah di dinding tebing. Curug Cibeureum terletak di desa Sindangjaya di kecamatan Cipanas. Masuk ke Kabupaten Cianjur yang juga memiliki ketinggian 40 meter.

Harga tiket: Rp 16.000

Alamat : Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab.Cianjur, Jawa Barat.

Melanjutkan perjalanan menjelajahi Cianjur, Anda bisa mengunjungi Telaga Biru Cianjur. Selain Gunung Gede, danau yang satu ini juga menjadi primadona di kalangan manusia Wisatawan. Ingat, jika Anda pergi ke Gunung Gede, Anda akan melewati tujuan ini. Memang, keindahan danau yang tenang dengan air kebiruan bisa mempesona siapa saja.

Sebagai salah satu wisata utama kota Cianjur, Anda dapat menemukan berbagai fasilitas pendukung yang wajar. Dari bisa menyewa perahu hingga berlayar menyusuri danau hingga sekedar bersantai di tepi danau sambil berfoto-foto. Sebaiknya datang pada sore atau pagi hari mengingat cuaca saat itu sedang bagus dan tidak panas.

Harga tiket: Rp 5.000

Alamat : Jl. Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab.Cianjur, Jawa Barat.

10. Istana Kepresidenan Cipanas

Keraton ini berjarak sekitar 103 km dari ibu kota Jakarta atau sekitar 20 km dari pusat kota Cianjur. Istana Kepresidenan Cipanas merupakan salah satu dari 6 istana kepresidenan Republik Indonesia yang namanya berasal dari nama tempat atau jalan.

Memiliki luas 26 ha dan luas bangunan 7760 meter persegi dengan nilai sejarah yang sangat tinggi. Situs Istana Kepresidenan Cipanas berada di Desa Cipanas, Kabupaten Cianjur. Tepatnya berada di lereng kaki Gunung Gede yang berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut.

Harga tiket: Rp 3.000

Alamat : Jl. Raya Cipanas No.105, Kecamatan. Cipanas, Kab.Cianjur, Jawa Barat.

Itulah beberapa tempat wisata di cianjur semoga bisa menjadi referensi anda dan keluarga saat berwisata.***

Source: www.insiden24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button