Desa wisata perintis Cepokokuning Batang menghadap ke Sungai Lojahan - WisataHits
Jawa Tengah

Desa wisata perintis Cepokokuning Batang menghadap ke Sungai Lojahan

Desa wisata perintis Cepokokuning Batang menghadap ke Sungai Lojahan

TRIBUNMURIA.COM, BATANG – Aliran air yang deras dan bebatuan dapat memompa adrenalin di sepanjang Sungai Lojahan.

Selain itu, pemandangan alam yang masih asri dengan pepohonan menjulang tinggi mengelilingi sungai berpotensi menjadi tujuan wisata.

Cukup banyak pengunjung yang sekedar bermain air atau sekedar menikmati pemandangan di sekitar sungai.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir: Gedung Jiwasraya di Kota Tua Jadi Hotel Bintang Empat

Dengan potensi alam yang begitu menarik, pemerintah desa Cepokokuning saat ini tengah berupaya mengembangkan destinasi wisata Sungai Lojahan di desa mereka.

Bumdes Cempaka Mulia mengangkat potensi tersebut sebagai Czech Agro Park Batang, yang bertujuan menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Batang.

Rintisan wisata agropark Ceko ini juga mendapat dukungan dari berbagai kalangan, mulai dari Dinas Pariwisata dan Olahraga Batang hingga Wakil Ketua DPRD Batang Nur Untung Slamet.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Batang Yarsono mengatakan, semangat yang ditunjukkan Desa Cepokokuning menghadirkan desa wisata sangat luar biasa karena semua elemen masyarakat mendukung dan terlibat di sini.

“Struktur organisasi BUMDes pun memiliki berbagai jabatan pengelola yang bertanggung jawab sehingga membuat BUMDes Cempaka Mulia milik desa Cepokokuning cukup profesional,” ujarnya saat mengunjungi lokasi Czech Agro-Park, Minggu (22/1/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk menjadi desa wisata ada tiga kategori yaitu percontohan, pengembangan dan lanjutan yang memerlukan beberapa syarat dan evaluasi dari Disparpora dan Bupati agar bisa maju.

Jadi tour ini adalah tentang pengurusan persyaratan pengajuan suatu desa wisata yang membutuhkan suatu lembaga.

Potensi prospek kedepannya bisa maju dengan masyarakat yang luar biasa dibandingkan dengan desa lain jika dikelola dengan baik.

“Desa wisata percontohan di Kabupaten Batang saat ini memiliki 32 desa percontohan, dan ada tiga kategori desa wisata yaitu pionir, pengembangan dan lanjutan,” jelasnya.

Yarsono juga berharap Desa Cepokokokuning bisa serius merawat desa wisata ini, bisa berkembang dari pilot project bahkan menjadi desa wisata yang maju dan menjadi ikon Kabupaten Batang karena potensinya cukup bagus.

Wakil Ketua DPRD Batang Nur Untung Slamet sangat mendukung wisata Czech Agro Park.

Baca juga: Dirut Injourney: Hotel Dibya Puri Semarang Akan Diaktifkan Kembali, Kini Dalam Tahap Kajian dan Desain

Menurutnya, potensi tersebut luar biasa dengan pemandangan alamnya yang indah dan cocok untuk wisata arung jeram.

Ia pun mengimbau Pemkab memberikan perhatian khusus, apalagi tempat wisata ini berada tidak jauh dari Kota Batang.

“Saya sangat mendukung, apalagi lokasinya dekat dengan Kota Batang, itu yang harus diperhatikan Pemkab, jangan sampai pariwisata yang ada di sekitar tidak diperhatikan,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button