Desa wisata Cibuntu, desa wisata favorit di Kuningan - WisataHits
wisatahits

Desa wisata Cibuntu, desa wisata favorit di Kuningan

Desa wisata Cibuntu, desa wisata favorit di Kuningan
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Cibuntu, Seda, Kec. Mandiracan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pemerintah saat ini tengah menggencarkan transformasi kawasan perdesaan menjadi sektor pariwisata. Bekerja sama dengan masyarakat, beberapa desa di Indonesia telah disulap menjadi lebih potensial dari keadaan semula guna menarik perhatian masyarakat, agar roda perekonomian masyarakat dapat terus berputar.

Khususnya di Pulau Jawa Anda akan menemukan banyak desa wisata. Dari timur, tengah, barat, masing-masing menawarkan pesona yang unik dan tak tertahankan. Sebut saja Desa Wisata Cibuntu di Kuningan, Jawa Barat, kehadirannya seolah membawa berbagai atraksi yang menakjubkan.

Keunggulan desa eksotis ini telah dibuktikan dengan sejumlah penghargaan. Pada 2016, misalnya, masuk dalam nominasi Top 5 Homestay Villages di Panggung Internasional ASEAN. Diakuinya, tidak mudah mendapatkan harga tersebut jika tidak dibarengi dengan pengelolaan yang kompetitif.

Daya Tarik Desa Wisata Cibuntu

Desa wisata Cibuntu tergolong objek wisataFoto oleh Farid Ibrahim Suhandi di Google Maps

✦ Off road

Seperti kebanyakan desa wisata, lokasi inklusif ini menawarkan sejumlah atraksi yang menakjubkan. Artinya, dengan mampir ke sini, pengunjung bisa menentukan sendiri pilihan perjalanannya. Pastinya apapun aktivitasnya dijamin bisa menggugurkan rasa penat dan bosan.

Wahana off-road misalnya, menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang menyukai tantangan dan petualangan. Coba singgah di Wisata Offroad Cibuntu, lalu pilih paket perjalanan sesuai keinginan. Setidaknya ada dua jalur alternatif yang bisa ditempuh.

Pertama, Anda akan menjelajahi medan ekstrim menggunakan jeep sejauh 4 km. Kedua, jalurnya dirancang lebih panjang, mencapai 6 km. Di antara keduanya, dengan tarif sewa yang berbeda. Untuk rute 4 km dikenakan biaya tiket Rp 250.000, sedangkan 6 km dikenakan biaya Rp 350.000.

Itu tidak murah untuk pelancong rata-rata, tetapi layak pengalaman. Pasalnya, Anda akan melewati perkebunan karet di desa wisata Cibuntu yang luasnya mencapai 4 hektar.

Bayangkan, berpetualang melewati pohon karet dengan langkah ekstrim dan detak jantung yang cepat, menyenangkan bukan?

Tak hanya itu, objek wisata menantang ini juga menawarkan persewaan motor ATV per 20 menit seharga Rp30.000. Jika budget Anda terbatas atau Anda merasa sangat malas untuk menempuh rute yang terlalu ekstrim, opsi motorized layak untuk ditelusuri lebih jauh.

Jelajahi di antara pepohonan karet sambil mengamati lanskap sekitarnya. Memang, terkadang di musim-musim tertentu antara Desember dan Januari, pengelola menawarkan sirkuit yang berbahan dasar buah durian. Bagi penikmat kelezatan ini, sebaiknya jadwalkan kunjungan di akhir atau awal tahun.

✦ Pusat Ekonomi Kreatif

Ekraf atau singkatan dari Ekonomi Kreatif, merupakan tempat di mana Anda akan menemukan berbagai kerajinan berharga milik warga Desa Wisata Cibuntu. Destinasi ini cocok untuk para pemburu oleh-oleh, dijamin tidak akan mengecewakan!

Beberapa barang gratis termasuk teko, tong, dan jenis tembikar lainnya. Jangan lupakan alat musik seperti angklung atau seruling. Lalu ada juga miniatur kendaraan untuk perjalanan darat, udara dan laut.

Jika Anda datang dengan membawa anak kecil, tidak ada salahnya membeli pesawat atau mobil kecil. Menariknya, mayoritas produk tersebut berbahan kayu olahan. Bahkan pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana tahapan kreatif pembuatannya berlangsung.

✦ Kampung Domba

Kedengarannya agak aneh ya, tapi desa wisata all-inclusive ini melakukan peternakan domba dengan baik. Dimungkinkan bagi para pelancong untuk berjalan-jalan dan mengamati bagaimana domba digembalakan. Dari namanya saja, sudah bisa menebak kalau primadona objek wisata ini adalah kawanan domba?

Sedikitnya ada 60 kandang yang dikelola secara aktif oleh warga sekitar. Dengan pembinaan yang tepat di bawah pengawasan pemerintah, hasil penangkaran mereka begitu menakjubkan.

Kondisi domba terlihat gemuk dan sehat, sehingga tak heran jika pengunjung berlomba-lomba menjelajahi kawasan ini. Bahkan hewan yang diternakkan tidak terbatas pada domba saja, namun ada juga hewan ternak kambing.

Saat Anda singgah di sini, ada kesempatan untuk memberi makan ternak, melihat kandang, atau bahkan menggunakannya sebagai sarana pendidikan bagi anak-anak kecil. Apapun motivasinya, Kampung Domba tidak akan membuat pengunjung menyesal!

✦ Pelestarian budaya

Apakah Anda menyukai tempat wisata sejarah dan tradisi masa lalu? Tak perlu khawatir, Desa Wisata Cibuntu juga memilikinya. Kehadiran situs Bujal Dayeuh di kawasan ini membuat pesonanya semakin lengkap.

Dalam arti sederhana, pengunjung memiliki kemampuan untuk balapan apapun yang mereka inginkan. Tak terkecuali ketika asyiknya melihat sisa-sisa zaman purba dan bukti-bukti yang tersisa di balik kisah-kisah masa lampau.

Sebut saja kuburan batu yang berisi kapak genggam. Jejak leluhur ini ditemukan pada tahun 1967 dan masih terjaga kondisinya hingga sekarang.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah lainnya, misalnya situs menawan Saurip Kidul. Pada prinsipnya kawasan ini mengundang rasa ingin tahu akan kisah-kisah generasi sebelumnya.

Mungkin Anda ingin mengambil pelajaran penting setelah menghabiskan waktu bersenang-senang. Namun, sejarah memang dipelajari dengan harapan dapat menjadi pelajaran yang berarti bagi generasi sekarang dan yang akan datang untuk menjalani kehidupannya sesuai dengan kondisi zaman.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat desa wisata CibuntuFoto oleh Gina Fatwa Asyifa di Google Maps

Desa Wisata Cibuntu terhampar indah di kaki Bingung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Akses berwisata ke sini sangat mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, tidak perlu bingung!

Arahkan kemudi Anda ke kawasan Kuningan di Pasawahan dan bersenang-senanglah sebanyak mungkin. Biar makin berkesan, ajak orang-orang terdekat untuk ke titik 30 km di pusat Kota Kuningan.

Tiket masuk ke desa wisata Cibuntu relatif murah, hanya Rp 5.000. Jika membawa sepeda motor akan dikenakan biaya tambahan Rp 12.000, sedangkan mobil dikenakan biaya Rp 15.000.

Tentu saja tarif lain berlaku jika Anda ingin mencoba berbagai jenis wahana yang ditawarkan. Meski begitu, harga dan pelayanan harus sepadan agar tidak merasa rugi.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Desa CibuntuFoto oleh Husnan Ganteng di Google Maps

1. Mandi di Air Terjun Gongseng

Desa Wisata Cibuntu memiliki posisi geografis yang ideal di bawah kaki Gunung Ciremai. Sehingga tidak terlalu mengherankan jika menampilkan aliran sungai yang deras dengan udara sejuk yang menyelimutinya juga.

Salah satu bukti nyatanya adalah Air Terjun Gongseng, alirannya mencapai ketinggian 25 meter dan membentuk kolam alami di dasarnya. Pada dasarnya tempat ini digunakan sebagai tempat untuk mandi atau sekedar bermain air oleh pengunjung.

Selain mandi, mungkin Anda hanya ingin melihat pemandangan sekitar. Mulai dari tebing yang menjulang tinggi, pepohonan yang menghijau hingga kolam alami yang jernih, semuanya siap menyambut wisatawan.

2. Menikmati malam di bumi perkemahan Pagergunung

Berkemah Pagergunung merupakan tempat berkemah yang dapat membuat hari Anda lebih berkesan. Pasalnya, ikon menarik di sini bukan hanya lapangan luas dengan rerumputan hijau, tapi juga udara bebas polusi.

Kemurnian udara di area perkemahan yang hijau ini terlihat jelas setelah gelap. Jika Anda melihat ke langit, bintang-bintang berkelap-kelip dan dapat memenuhi kebutuhan visual setiap orang. Tentu saja, tempat-tempat yang sangat tercemar tidak mungkin memberikan pemandangan langit yang tidak terhalang.

Selain pesona yang ditawarkan, perlu diketahui bahwa ada biaya tambahan jika Anda ingin menikmati waktu Anda di sini. Umumnya harga sewa tenda dipatok mulai dari Rp 300.000 per orang untuk satu malam dua hari. Ini termasuk akomodasi untuk tiga kali makan.

Tidak berhenti sampai di situ, perkemahan desa wisata Cibuntu juga menawarkan wahana seru lainnya, seperti kegiatan memanah, kolam renang dan masih banyak lagi. Artinya, dengan tarif yang relatif proporsional, siapapun sudah bisa menikmati paket liburan yang lengkap.

3. Berkeliling desa wisata Cibuntu

Butuh referensi liburan hemat? Keliling desa sepertinya bisa menjadi solusi karena hanya perlu membayar tiket masuk. Setelah itu, luangkan waktu sejenak untuk menikmati udara segar di kaki Gunung Ciremai.

Dengan pemandangan hijau yang mempesona, dijamin Anda tidak akan merasa tersesat. Jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih berkesan, gunakanlah sepeda daripada berjalan kaki. Di sisi lain, tidak ada salahnya mengejar foto bagus untuk mengabadikan setiap momen yang terlewatkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Desa Wisata CibuntuFoto Banu Aji di Google Maps

Banyak hal yang bisa diharapkan dari Desa Wisata Cibuntu mengingat prestasi internasional ASEAN-nya. Sebagai calon terbaik di desa, tentunya kebutuhan Anda dapat terpenuhi dengan mudah tanpa kendala yang berarti.

Ingin mencicipi kuliner khas yang lezat? Ada restoran dan warung makan, di mana Anda hanya perlu menyediakan syarat ketersediaan dana. Ingin bermain di air? Terdapat kolam renang dan air terjun yang siap menyambut Anda.

Tentunya dengan pemasangan penuh, serta peningkatan jumlah kunjungan, kondisinya akan semakin memuaskan. Jadi jangan ragu untuk memasukkan destinasi pedesaan ini ke dalam itinerary liburan Anda.

Desa Wisata Cibuntu merupakan perpaduan antara keindahan alam dan inovasi jiwa manusia. Mulai dari sejarah, ekonomi, pendidikan, bahkan hiburan, semuanya dapat ditemukan saat menjelajahi Angklung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button