Pantai Sendang Biru Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Sendang Biru Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Musim Semi Biru adalah pantai pasir putih yang terkenal di Malang. Surga tersembunyi dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan pesona Pulau Sempu.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sendangbiru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan banyak destinasi wisatanya. Dari wisata buatan seperti taman hiburan dan museum hingga wisata alam berupa pegunungan hingga pantai. Salah satu tempat wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi di Malang adalah Pantai Sendang Biru.

Pantai menawan ini terletak di bagian selatan kota Malang dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Namun, pantai ini tidak memiliki ombak yang relatif tenang. Pantai ini juga dikenal sebagai surganya berburu seafood segar di Malang.

Daya tarik pantai ini tidak hanya menjadi tempat berburu hasil laut, tetapi juga salah satu wisata bahari yang terkenal di kota Malang. Tidak jauh berbeda dengan sejumlah pantai di Malang yang letaknya berdekatan, Pantai Sendang Biru juga dengan beberapa pantai terkenal lainnya, seperti Pantai Balekambang dan Pantai Goa Cina.

Atraksi Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang BiruKredit gambar: Google Maps Mei Yanti Chandra

Begitu Anda memasuki kawasan pantai, Anda akan disambut oleh deretan perahu nelayan yang sudah berhenti di tepi pantai. Meski perairan pesisir ini menjadi salah satu mata pencaharian para nelayan, namun pantai ini tetap menyimpan berjuta pesona yang tentunya dapat memanjakan pengunjung baik lokal maupun mancanegara.

1. Gelombang Tenang

Seperti disebutkan di atas, Pantai Sendang Biru memiliki ombak yang relatif tenang meskipun terletak di bagian selatan Pulau Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Hal ini dikarenakan ombak Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu sebelum menuju ke arah pantai yang indah ini, sehingga relatif aman bagi anda yang membawa anak-anak anda bermain air.

2. Pemandangan Laut

Pantai ini bukan sekedar tempat berburu hasil laut segar. Potensi wisata pantai ini juga patut diapresiasi. Air laut biru yang tenang berpadu dengan pasir putih yang hangat bisa membuat siapa saja ingin berlama-lama di pantai ini.

3. Lokasi berburu laut terbaik

Pantai Sendang Biru adalah surganya para pecinta mancing laut. Semua jenis hasil tangkapan laut yang ditawarkan di sekitar kawasan pantai ini selalu segar, seperti ikan, kepiting, udang dan masih banyak lagi. Jika tidak ingin membelinya, Anda bisa memancing sendiri dengan menyewa perahu yang akan membawa Anda ke laut.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Sendang Biru

Alamat Pantai Sendang BiruKredit gambar: Google Maps Diah Royani Meisani

Untuk bisa menikmati keindahan laut di pantai ini, Anda bisa langsung menuju Desa Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jalan menuju pantai ini sebenarnya relatif mudah untuk dilalui. Jika Anda datang dari luar kota Malang, Anda hanya perlu menempuh jarak 70 km selama kurang lebih 2 jam dari pusat kota menggunakan kendaraan umum.

Anda juga bisa menyewa kendaraan roda dua atau empat dari pusat kota langsung ke selatan atau lebih tepatnya ke distrik Turen. Setelah itu langsung menuju kecamatan Sumbermanjing. Dari kecamatan ini Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga menemukan perempatan Sendang Biru dan dari sana ikuti saja rambu-rambu lokasi pantai.

Jika Anda memilih moda transportasi umum dari pusat kota Malang ke Turen, Anda perlu menyiapkan kocek sebesar 15 ribu. Sesampainya di Toren, Anda bisa menggunakan jasa ojek untuk mengantar Anda ke tempat wisata Sendang Biru.

Harga Tiket Masuk Area Pantai Sendang Biru

Tiket Masuk Pantai Sendang BiruKredit gambar: Google Maps Mei Yanti Chandra

Seperti halnya tempat wisata lainnya, untuk menikmati panorama laut di pantai yang indah ini, pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menjelajahi keindahan pantai ini.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5000 rupee per orang dan 5000 rupee untuk tiket parkir. Ini adalah tiket masuk yang sangat murah untuk memasuki tujuan wisata yang begitu indah seperti pantai yang indah ini. Pantai ini juga buka 24/7 nonstop dari hari Senin sampai Minggu.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sendang Biru

Aktivitas Menarik di Pantai Sendang BiruKredit gambar: Google Maps Diah Royani Meisani

Apa saja kegiatan menarik yang bisa dilakukan setelah tiba di Pantai Sendang Biru? Berikut beberapa aktivitas yang bisa memanjakan Anda di pantai pasir putih ini:

1. Permainan air

Siapapun yang berkunjung ke pantai pasti ingin merasakan betapa asyiknya bermain air di pantai, apalagi jika berkunjung ke pantai ini. Air di pantai pasir putih ini relatif tenang. Apalagi airnya juga sangat jernih dan dari kejauhan terlihat sebiru langit. Inilah sebabnya mengapa pantai ini sangat ideal untuk bermain air atau berenang.

Selain berenang, Anda juga bisa snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut yang disajikan pantai di pesisir selatan pulau Jawa ini. Setelah lelah bermain air, Anda bisa berjemur sambil menikmati semilir angin pantai yang bisa membuat Anda mati rasa.

2. Memancing

Begitu menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan melihat deretan perahu nelayan yang berhenti di tepi pantai. Jika Anda adalah orang yang suka memancing, penduduk setempat menyewakan perahu untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi memancing di pantai ini.

Jika Anda berhasil menangkap ikan, Anda bisa pulang tanpa harus membayar hasil tangkapannya. Tidak semua objek wisata pantai menawarkan aktivitas menarik ini. Jadi, jika Anda hobi memancing dan ingin berlibur ke Malang, sempatkan untuk berkunjung ke Pantai Sendang Biru.

3. Perjalanan dengan kapal wisata

Anda bisa menikmati pesona bahari pantai ini dengan menyewa perahu motor yang ditawarkan dengan harga sekitar 100.000 hingga 150.000 atau perahu dayung dengan harga sewa berkisar antara 50.000 hingga 70.000. Dengan harga sewa sebesar ini, Anda akan diajak ke berkeliling pantai atau bahkan mengunjungi pulau sempu.

4. Mengunjungi Pulau Sempu

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah Pantai Sendang Biru. Pulau ini juga mampu memanjakan mata pengunjung dengan ekosistem alamnya yang masih terjaga. Memang Pulau Sempu masih termasuk dalam kawasan lindung. Untuk mengunjungi pulau seluas kurang lebih 870 hektar ini, seseorang harus menyewa perahu dengan harga sewa 100.000 rupiah.

Sesampainya di Pulau Sempu, ada banyak aktivitas menarik yang tidak boleh dilewatkan. Salah satunya mengunjungi sejumlah danau yang sangat populer di pulau kecil ini, seperti Telaga Lele dan Telaga Anakan. Kedua danau ini memiliki keindahan alam yang mampu membius siapa saja yang melihatnya.

5. Menonton pesta tradisional

Jika Anda berkunjung ke pantai ini pada bulan September, Anda dapat menyaksikan pesta adat yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan Pesta Pelik Laut. Festival ini berlangsung selama seminggu. Acara yang diadakan juga cukup beragam, seperti nasi tumpeng raksasa yang hanyut berisi olahan hasil tangkapan laut di tengah laut.

Kegiatan yang dikenal dengan sebutan sedekah laut ini dimaksudkan untuk membuang sial dan mengungkapkan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Setelah acara sedekah laut selesai, biasanya dilanjutkan dengan pertunjukan wayang kulit atau konser dangdut.

Akomodasi Murah Dekat Pantai Sendang Biru

Akomodasi Murah Dekat Pantai Sendang BiruKredit gambar: Google Maps dhika dinovan

Ada begitu banyak hostel dan losmen di sekitar pantai yang bisa Anda gunakan untuk menginap bersama keluarga dan teman-teman. Berikut beberapa penginapan yang bisa Anda pilih:

1. Homestay Ariesta

Hostel ini masih berada di kawasan Pantai Sendang Biru. Mulai dari 180.000 per malam, Anda sudah bisa menikmati fasilitas berupa kamar yang bersih dan wangi dengan AC. Pelayanan yang ramah bisa anda pertimbangkan jika sewaktu-waktu anda ingin berlibur di pantai ini dan membutuhkan akomodasi.

2. Homestay Sendang Biru

Homestay ini juga selalu termasuk dalam area pantai. Bahkan hanya sekitar 500 meter dari bibir pantai. Homestay Sendang Biru cukup baik untuk akomodasi kelas homestay dengan kisaran harga mulai 300.000 per malam, baik dari segi kamar maupun sejumlah fasilitas yang ditawarkan, seperti televisi LED hingga dapur lengkap dengan peralatan masak.

3. Pondok Bambu

Tempat akomodasi selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk bersantai saat mengunjungi pantai ini adalah Pondok Bamboe. Selain dekat dengan Pantai Sendang Biru, lokasi hostel ini juga dekat dengan sejumlah tempat wisata seperti Pantai Waru Waru dan Pantai Balekambang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sendang Biru

Fasilitas Pantai Sendang BiruKredit gambar: Google Maps Tantri Setyorini

Sedikit berbeda dengan sebagian besar objek wisata Pantai Kabupaten Malang, tidak banyak fasilitas yang disuguhkan di pantai ini mengingat lokasinya yang cukup tersembunyi. Namun, pantai yang tenang dan berair ini relatif ramai dengan pengunjung lokal dan luar kota. Akses menuju pantai ini juga sangat mudah dan banyak terdapat pemukiman penduduk di sekitar pantai.

Jika Anda berencana untuk menginap di kawasan tepi pantai ini, Anda tidak perlu khawatir tidak akan menemukan penginapan. Padahal, ada banyak homestay dengan kisaran harga berbeda yang bisa Anda pilih tergantung dana yang Anda miliki.

Seperti disebutkan di atas, Pantai Sendang Biru adalah surganya berburu ikan segar di Malang. Anda dapat membeli berbagai jenis marine plug dengan harga yang bervariasi. Jika Anda menginap di homestay yang menawarkan fasilitas memasak, Anda bisa langsung memasaknya dan menikmatinya bersama keluarga dan teman.

Mencari tempat makan di sekitar pantai juga tidak sulit. Padahal, ada banyak warung makan yang menawarkan menu seafood yang siap memanjakan lidah Anda. Pantai ini juga dilengkapi dengan area parkir, tempat ibadah dan toilet. Jika Anda ingin berkeliling pantai ini, Anda bisa menyewa perahu motor atau perahu dayung dengan harga yang bervariasi.

Meski berada di kawasan yang cukup tersembunyi, Pantai Sendang Biru tak kalah dengan sejumlah wisata bahari di Kabupaten Malang. Ombak yang tenang, air yang jernih dan pasir putih yang hangat merupakan salah satu dari sekian banyak pesona pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button