Desa Wisata Cabean Kunti Perkuat Jaringan dengan Pulau Dewata - Fokus Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Desa Wisata Cabean Kunti Perkuat Jaringan dengan Pulau Dewata – Fokus Jawa Tengah

FOKUS TENGAH-BALI- Pokdarwis Dewi Kunti sebagai pengikut Desa Wisata Cabean Kunti memperkuat jaringan dengan beberapa desa di Pulau Dewata dengan Desa Sambungan dan Boyolali Haritage Society (BHS) melalui kunjungan lapangan antara Desa Nyalian, Desa Penglipuran dan Desa Bayunggede.
Demikian disampaikan Kepala BHS Kusworo pada Minggu, 30 Oktober 2022 melalui telepon seluler.
Kusworo mengatakan, kegiatan hari pertama bersama Desa Nyalian diakhiri dengan agenda kerjasama sister village.
Pada hari kedua, seluruh rombongan kemudian mengunjungi desa terbaik di dunia yaitu Penglipuran, dimana fokus pembelajarannya adalah pengelolaan desa wisata, kebersihan dan kebersihan, UMKM dan keluarga angkat yang tertata rapi dan manajemen yang baik. Pada kesempatan ini, penampilan tari Bagus Lembu dipentaskan dengan apik, yang disambut antusias oleh warga dan wisatawan yang berkunjung ke Penglipuran menjelang perhelatan G20 mendatang pada November mendatang. Masih dalam rangkaian perjalanan, desa Bayunggede menjadi tujuan akhir, desa yang masih sangat asli dan otentik dan merupakan bagian dari Bali Mula atau desa awal pulau Bali. Lokasinya hanya 5 menit dari Kintamani yang terkenal sebagai penghasil kopi dan jeruk yang sangat terkenal. Bendesa, Perbekel, Daya Desa dan seluruh warga menyambut kedatangan rombongan dan diajak berkeliling desa selama kurang lebih 60 menit, mengunjungi arsitektur lokal, kerajinan tangan dan aktivitas warga. Salah satu ikon desa adalah Setra atau Makam Ari-Ari di ujung desa dengan jalan setapak yang dibungkus batok kelapa dan digantung di pohon keramat.
Padahal, Desa Bayuggede sangat kuat dalam melestarikan tradisinya di setiap aspek sosial masyarakat, hal ini didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan kegiatan pemanfaatan budaya 10 objek promosi budaya.
“Dalam mengembangkan desa wisata, Bayunggede memiliki slogan HELLO Bayunggede yaitu Heritage, Ecology, Scenery, Literacy, Opportunity,” kata Kusworo.
Kepala Desa Cabean Kunti Khamid W menambahkan, seluruh rangkaian kegiatan ini juga merupakan simulasi dari Travel Pattern Heritage Trails yang juga diterapkan pada jalur Solo Selo Borobudur khususnya kawasan Boyolali. Kegiatan diakhiri dengan menikmati sajian kuliner khas Bayunggede dan saling menyapa dengan saling bertukar cinderamata sebagai tanda silaturahim.
“Kami sangat terkesan dengan keseluruhan rangkaian perjalanan ini, kami belajar banyak, yang dapat kami bawa ke desa kami sebagai motivasi dan dasar untuk rencana pengembangan desa wisata Cabean Kunti, dan kami berterima kasih kepada semua orang yang mendukung kami dan kegiatan ini selesai. ,” pungkas Khamid.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button