Situ Rawa Gede, pesona danau yang indah dengan berbagai taman bermain di Bogor - WisataHits
wisatahits

Situ Rawa Gede, pesona danau yang indah dengan berbagai taman bermain di Bogor

Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sirnajaya, Kec. Sukamuka, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Bogor tidak hanya memiliki wisata alam berupa air terjun, tetapi juga danau cantik bernama Situ Rawa Gede. Tempat wisata ini semakin populer berkat banyaknya fasilitas dan permainan yang disediakan pengelola. Danau atau rawa di Kabupaten Sukamakmur ini merupakan hasil kerjasama antara pemuda dan warga setempat, serta dukungan penuh dari pemerintah untuk menjadi tempat wisata.

Banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan tempat wisata tersebut, apalagi saat akhir pekan tiba. Tentu saja, Anda juga tidak ingin tertinggal dari orang lain, bukan? Untuk ini, pastikan untuk mengunjungi ketika Anda berada di kota hujan. Anda juga bisa membuat jadwal khusus untuk mengunjungi tempat tersebut. Pastinya Anda tidak akan kecewa jika memang benar-benar penikmat pemandangan alam.

Sekilas sejarah yang diketahui, danau seluas 7,3 hektar ini terletak di dekat pemukiman dan pabrik. Sebelumnya, tidak pernah ada rencana untuk menjadi tempat wisata. Sampah dan limbah pabrik pun masih menumpuk dan menghiasi “pemandangan” di sini. Atas prakarsa para pemuda pecinta lingkungan, mereka mengusulkan untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata yang Anda kenal saat ini.

Daya Tarik Situ Rawa Gede

Daya Tarik Situ Rawa GedeKredit Gambar: Instagram khairunnisa

Bukan sekedar danau, tentunya tempat wisata yang diresmikan tahun 2019 ini memiliki pesona tersendiri yang membuatnya semakin ramai dikunjungi wisatawan. Tentu saja, hal ini wajar untuk setiap tempat yang digunakan sebagai relaksasi alami. Namun, untuk sebuah danau, apa daya tarik Situ Rawa Gede? Berikut ulasan yang berhasil kami rangkum!

1. Pemandangan alam

Sebagai wisata alam tentunya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Anda dapat menikmati air danau yang tenang yang nyaris tidak bergerak. Beberapa tanaman air juga menghiasi danau dengan berdiri tegak di tengah dan di tepian. Di belakang danau terlihat sebuah bukit dengan hamparan tanaman hijau menghiasinya. Cocok digunakan sebagai relaksasi untuk bersantai setelah disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari. Suasananya tenang dan tentram meski dekat dengan pemukiman penduduk dan pabrik.

Terdapat deck atau geladak kayu yang sangat panjang dan bisa digunakan sebagai media berjalan di tengah danau. Jembatan itu membentang dari tepi danau ke sisi lain danau. Konstruksi jembatan cukup aman karena terdapat drum sebagai penopang agar tidak tenggelam. Apalagi keberadaan pondasi kayu juga memberikan kekokohan sehingga tetap aman meski banyak orang yang berjalan di atasnya.

2. Wahana dan Permainan

Telaga yang dulunya kumuh ini tidak hanya dijadikan tempat wisata untuk menikmati pemandangan. Ada banyak permainan dan wahana yang menyenangkan, seperti sepeda bebek, perahu berlayar di sekitar danau dan juga berenang. Anda dan keluarga bisa bercengkerama sambil menikmati keindahan alam dan juga bersenang-senang bermain di tempat wisata tersebut. Misalnya, sepeda air yang bisa diisi dua orang dalam satu rental. Tentunya bersama anak-anak atau rombongan, Anda bisa bersantai dengan mengelilingi danau yang cukup luas ini.

Wahana perahu juga menjadi perhatian besar dan menjadi daya tarik utama Situ Rawa Gede. Dengan nakhoda handal dari warga setempat yang terlatih, Anda diajak berkeliling rawa lebih cepat. Hal ini dikarenakan perahu tersebut menggunakan motor yang kecepatannya tentu jauh dari motor bebek. Namun, kali ini Anda bercampur dengan pengunjung lain dalam satu perahu.

3. Harga murah

Banyak juga tempat wisata yang menawarkan wahana yang tidak kalah seru, namun tidak kalah seru jika dilihat dari harganya. Di sini Anda bisa mendapatkan harga yang cukup murah dibandingkan dengan tempat lain. Bukan karena discount atau potongan harga, karena pada dasarnya harganya murah. Baik untuk tiket masuk maupun untuk permainan yang ada didalamnya. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, apalagi jika tujuannya hanya untuk menyejukkan diri.

Alamat lokasi dan rute

Alamat Situ Rawa GedeKredit gambar: Google Maps 99’99% 02N

Untuk mencapai lokasi Situ Rawa Gede cukup sulit karena letaknya yang tersembunyi di balik bukit. Namun, Anda telah mencatat alamat lengkapnya di Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, yang bisa dijadikan pertanyaan bagi warga sekitar saat sulit didapat. Rute yang harus ditempuh juga tidak mudah, meski bisa langsung menuju ke tempat tersebut dengan menggunakan kendaraan.

Jika dari arah Jakarta, lanjutkan ke Jagorawi kemudian keluar tol dan ambil jalan tol Citereup. Setelah keluar dari jalan tol, anda melanjutkan perjalanan yang mengarah ke kecamatan Sukamakmur. Perhatikan ada kantor kecamatan, dari sana anda lanjutkan perjalanan hingga menemukan jalan khas berbukit sampai tiba di lokasi. Lebih mudah bagi yang datang dari Bogor tinggal ambil jalan yang melewati kawasan Sentul dan masuk ke kawasan Citereup. Kemudian ambil saja jalan utama yang menuju ke kecamatan Sukamakmur.

Harga dan tiket masuk

Harga Situ Rawa GedeKredit gambar: Google Maps Heilams

Begitu sampai di sana, Anda bisa langsung menikmati pemandangan indah Situ Rawa Gede. Namun tentunya Anda tidak bisa menikmati wahana dan permainan yang mendebarkan di sana. Maka dari itu, siapkan 20.000 rupiah untuk tiket masuk menikmatinya. Selain itu, ada juga biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Jam bukanya buka setiap hari selama 24 jam, jadi kamu bisa berlama-lama di tempat wisata ini. Anda bahkan bisa berkemah dengan membayar tiket tambahan sebesar 10.000 rupee. Cukup murah dibandingkan dengan tempat lain yang menawarkan fasilitas yang sama. Untuk wahana dan permainan seperti naik perahu dan sepeda bebek juga harus membayar lagi dengan tarif yang sudah ditentukan.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Situ Rawa GedeKredit gambar: Google Maps Yuda Ble

Memang benar lokasi ini masih dalam pengembangan saat ini. Namun, Anda bisa melakukan aktivitas menarik seperti tempat wisata lainnya. Itu sebabnya kamu datang ke sini, bukan? Apalagi kalau bukan karena aktivitas di Situ Rawa Gede.

1. Berenang

Apa artinya berenang di danau? Tentu tidak, untuk kegiatan tersebut dilarang karena sangat berbahaya. Pemandian yang dimaksud adalah di kolam khusus bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan sambil bersenang-senang atau berolahraga. Kolam renang ini dibangun tepat di samping danau dengan batas-batas seperti kolam renang pada umumnya. Terkadang air dari danau bisa masuk ke kolam karena batasnya tidak terlalu tinggi, bahkan tingginya sama persis dengan tinggi air danau.

Selain bersantai atau berenang di kolam, Anda juga bisa mendapatkan perawatan di kolam ikan. Kolam berisi ikan-ikan kecil yang khusus digunakan sebagai bahan terapi. Cukup masukkan kaki Anda ke dalam kolam, biarkan ikan melakukan aktivitasnya menggigit dan memakan sel kulit mati di kaki. Jangan khawatir, gigitannya tidak sakit, lebih sakit dari gigitan semut karena menggelitik. Kolam ikan Situ Rawa Gede dibangun di sebelah kolam renang yang telah dijelaskan di atas.

2. Berlayar dan memancing

Aktivitas menarik yang juga memberikan sensasi menjadi seorang pelaut adalah berlayar. Ada dua pilihan untuk melakukan kegiatan ini, yakni menaiki sepeda bebek atau perahu yang sudah disiapkan. Tentu saja, artinya terbuka untuk navigasi nyata, bukan! Hanya saja menggunakan perahu dan berlayar di danau bisa dikatakan layar kecil.

Kalau yang ini bukan kiasan, tapi aktivitas nyata. Memancing adalah kegiatan yang membutuhkan kesabaran. Anda juga bisa melakukannya di danau Bogor yang luas ini. Harap membawa peralatan memancing sendiri, karena Anda tidak akan menemukan tempat persewaan di lokasi wisata. Hanya umpan yang tersedia karena digunakan untuk memberi makan ikan di danau. Jenis ikan yang hidup di sungai adalah mujair, mujair dan ikan gabus.

3. Tenda atau camping

Kegiatan menarik di Situ Rawa GedeKredit gambar: Google Maps Angga Afriansyah

Berkemah di hutan sudah biasa, di pegunungan juga sudah biasa, bagaimana kalau berkemah di tepi danau? Bukankah begitu? Bagi yang penasaran dengan sensasi berkemah di luar ruangan berupa danau, Anda bisa melakukannya di Situ Rawa Gede. Seperti halnya memancing, Anda harus membawa perlengkapan sendiri untuk berkemah. Pasalnya, tempat wisata yang indah ini tidak menawarkan persewaan tenda atau sejenisnya.

Biaya 10.000 itu hanya dipakai untuk check-in, misalkan untuk sewa tanah semalam. Suara khas hewan danau siap menjadi sahabat dalam semalam, tentunya tidak mau ketinggalan. Apalagi dengan suara pepohonan saat angin bertiup, cukup seram sendirian. Namun tentunya Anda tidak ingin menikmati semua keindahan dan pesona yang diberikan kepada Anda sendirian bukan?

4. Berburu spot foto

Kegiatan liburan tentu tidak lengkap rasanya jika tidak berswafoto atau selfie. Banyak tempat indah khas Situ Rawa Gede yang bisa dijadikan view point atau background. Misalnya, ketika Anda berada di jembatan penyeberangan, Anda dapat mengambil latar belakang berupa bukit tinggi di tepi danau. Ada spot khusus yang biasa dijadikan pijakan favorit para wisatawan. Tempat ini berada di tengah geladak atau jembatan. Anda bisa mengambil sudut yang tepat agar jembatan tidak terlihat, seolah berdiri di atas air.

Lokasinya yang berada di dekat air terjun juga sering digunakan pengunjung untuk mengabadikan momen liburan. Beberapa perjalanan, baik memasuki tempat utama atau meninggalkannya. Layaknya air terjun, panorama alam yang dihadirkan sendiri tentunya sangat indah dikelilingi pepohonan hijau yang rindang.

Fasilitas yang Disediakan

Instalasi spesifik lokasi oleh Rawa GedeKredit gambar: Twitter Mohammad Shopan

Jangan remehkan fasilitas yang tersedia meski danau ini baru diresmikan dan masih dalam tahap pengembangan. Anda bisa menggunakan tempat parkir, toilet dan juga mushola jika diperlukan. Tentu saja parkir dan toilet tidak gratis, artinya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang saat ingin menggunakannya.

Jangan khawatir jika selama berada di tempat wisata perut Anda terasa lapar atau sekedar haus setelah lelah bermain. Banyak warung makan berjajar sempurna dengan menu yang hampir sama. Perbedaannya mungkin berasal dari rasa dari setiap makanan yang disediakan. Atau mungkin Anda hanya ingin beristirahat? Ada juga tempat yang bisa digunakan dalam hal ini berupa ruangan atau bangunan kayu yang memang khusus diperuntukkan untuk tempat peristirahatan.

Jelas dari penjelasan di atas bahwa Situ Rawa Gede merupakan objek wisata berupa danau. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga keselamatan Anda dan anggota keluarga Anda atau orang-orang di sekitar Anda. Patuhi semua peraturan yang berlaku, karena peraturan ini dibuat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button