Desa Kemiri Kembangkan 10.000 Bibit Pisang Cavendish • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Desa Kemiri Kembangkan 10.000 Bibit Pisang Cavendish • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Desa Kemiri, Kapanewon Tanjungsari saat ini memiliki pekerjaan di bidang pertanian. Daerah yang berpenduduk lebih dari 4.000 jiwa ini sedang mengembangkan usaha budidaya pisang Cavendish.

Kepala Desa Kemiri Kapanewon Tanjungsari Payadi mengatakan, wilayahnya terdiri dari 11 dusun. Masing-masing dusun Bareng, Dayakan I, Dayak II, Gebang, Glagah, Guyangan, Karangnongko, Kemiri, Ngasem, Panggang dan Wates. “Sebagian besar warga bekerja sebagai petani,” kata Payadi.

Untuk mendukung sektor pertanian, ada program budidaya pisang Cavendish dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Desa Kemiri menerima hingga 10.000 batang benih. “Diterima oleh Kelompok Tani Pucuk Sari, Mekar Sari, dan Kelompok Tani Pucuk Sari,” ujarnya.

Selain bantuan benih, pemerintah juga menyalurkan 7 ton pupuk NPK, 60 ton pupuk organik, dan 35 kilogram pupuk Trichoderma. Dikatakan 10.000 bibit pisang Cavendish akan ditanam di lahan seluas 10 hektar. Karena Tanjungsari merupakan jalur wisata pantai, kami juga mengembangkan potensi daerah dengan mengoptimalkan UMKM dan Pokdarwis Telaga Sogo.
“Kami berharap penanaman bibit pisang Cavendish dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di masa mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul Rismiyadi mengatakan pemberian bibit pisang ini terkait dengan pembangunan desa yang didukung langsung oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

“Mengingat Tanjungsari merupakan kawasan wisata, kami berharap tahun depan masyarakat sudah bisa memanennya dan menjualnya kepada wisatawan, mereka juga berharap bisa menjual dan mendistribusikannya di pasar,” kata Rismiyadi.

Di sisi lain, Bupati Gunungkidul Sunaryanta menekankan pentingnya sektor pangan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, Bumi Handayani memiliki potensi yang sangat besar di sektor pertanian.
“Gerakan ini terkait dengan kesiapan sektor ketahanan pangan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat, dan kami berharap gerakan ini dapat meningkatkan kebutuhan masyarakat,” kata Sunaryanta. (Senjata/Bah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button