Pemkab Gunungkidul Dukung Ketahanan Pangan, Bantu Petani Bibit Pisang Cavendish - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pemkab Gunungkidul Dukung Ketahanan Pangan, Bantu Petani Bibit Pisang Cavendish – ANTARA News Yogyakarta

Gunungkidul (ANTARA) – Pemerintah Daerah Istimewa Gunungkidul Kabupaten Yogyakarta memberikan bantuan 10.000 batang tanaman pisang Cavendish dan pupuk kepada kelompok tani di Desa Kemiri/Kalurahan untuk mendukung ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Rismiyadi di Gunungkidul, Senin mengatakan, bantuan bibit pisang itu terkait dengan pembangunan desa.

“Total 10.000 bibit pisang diserahkan kepada kelompok tani Kuncup Sari dan Mekar Sari. Harapannya, ini bisa meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat,” kata Rismiyadi.

Baca Juga: Pemkab Bantul Kembangkan Kelompok Tani Pemanfaatan Ladang

Selain bibit pohon pisang, kelompok tani Kuncup Sari dan Mekar Sari juga mendapat bantuan berupa pupuk NPK 7 ton, pupuk organik 60 ton, dan pupuk Trichoderma 35 kilogram. Bibit pisang ditanam di lahan seluas 10 hektar.

“Kami akan mengembangkan tanaman pisang jenis ini karena cepat berbuah dan harga di pasaran juga sangat tinggi. Selain dapat mendukung ketahanan pangan, juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujarnya.

Rismiyadi mengatakan, bantuan bibit pisang ini terkait dengan pembangunan desa yang didukung langsung oleh Bupati Gunungkidul.

“Mengingat Tanjungsari merupakan kawasan wisata, diharapkan dalam setahun masyarakat sudah bisa memanennya dan menjualnya kepada wisatawan. Juga, mereka berharap bisa menjual dan mendistribusikannya di pasar, ”katanya.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian dan Pangan menyerahkan bantuan bibit pisang Cavendish ke kawasan Ngoro-Oro, Patuk, bersama Bupati.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, sektor pangan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati juga berharap petani dapat mendorong inovasi yang dapat meningkatkan produksi pertanian di Gunungkidul.

“Gerakan ini terkait dengan persiapan ketahanan pangan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Kami berharap gerakan ini dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Dinas Pertanian Sleman Serahkan Bantuan Mesin Pertanian ke 26 Kelompok Tani

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button