Desa Ciburuy Padalarang Jadi Desa Percontohan Ketahanan Pangan Nasional, UMKM Harus Bisa Raih Manfaat Digitalisasi - WisataHits
Jawa Barat

Desa Ciburuy Padalarang Jadi Desa Percontohan Ketahanan Pangan Nasional, UMKM Harus Bisa Raih Manfaat Digitalisasi

DESKJABAR – Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu dari 3 desa di Indonesia yang dipilih oleh pemerintah sebagai desa percontohan ketahanan pangan di Indonesia.

Oleh karena itu, Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang membutuhkan kerjasama dengan UMKM dan BUMDES ke depan.

Salah satunya adalah bagaimana UKM di Desa Ciburuy dapat memanfaatkan teknologi digital untuk perkembangan dan kemajuannya.

“UMKM menghadapi berbagai tantangan. Sangat penting bagaimana UKM di Bandung Barat memanfaatkan platform pemasaran tertentu, misalnya kost di PadiUMKM, yang mempertemukan UKM dan pembeli BUMN,” ujar Senior Leader Smart Villages & Community PT Telkom Wahyudi.

Baca Juga: Pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Asyik Memancing Ikan di Pantai

“Kemudian bergabunglah dengan Agreemart dan perkuat kehadirannya di platform Agree yang merupakan platform khusus dalam agribisnis B2B dan B2C,” tambahnya.

Salah satu upaya tersebut adalah diskusi panel peningkatan kinerja UMKM di Kabupaten Bandung Barat yang dilaksanakan pada Jumat 14 Oktober 2022 di Desa Ciburuy.

Sebagai bentuk pendidikan berkelanjutan, acara ini merupakan kerjasama antara Smart Village Nusantara (SVN) PT. Telkom dengan menghadirkan narasumber dari pemerintah daerah, praktisi UMKM, akademisi dan HIPMI serta dihadiri oleh perwakilan desa se-Kabupaten Padalarang.

Juga beberapa desa dari kecamatan Ngamprah, Forum UMKM KBB dan stakeholders UMKM lainnya.

Menurut Wahyudi, acara tersebut merupakan bagian dari 10 bulan tindak lanjut SVN di Kab Bandung Barat yang sebelumnya mulai digunakan di bidang pelayanan publik (smart governance) dan smart society, kini saatnya beralih ke aspek pembangunan ekonomi (ekonomi pintar).

Source: deskjabar.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button