8 rekomendasi gunung untuk pemula, dari Jawa hingga Bali - WisataHits
Jawa Tengah

8 rekomendasi gunung untuk pemula, dari Jawa hingga Bali

8 rekomendasi gunung untuk pemula, dari Jawa hingga Bali

Bepergian hari ini adalah bentuk pengembangan diri dan penghargaan. Ada yang namanya obat atau penyembuhan diri sendiri.

Istilah ini umumnya mengacu pada kegiatan menyegarkan atau liburan yang bertujuan untuk kembali makan. Mengatakan obat sekarang populer di kalangan anak muda.

Salah satu kegiatan yang dapat digunakan obat adalah mendaki gunung. Kegiatan ini juga sangat cocok untuk melatih keterampilan fisik. Beberapa orang juga beranggapan bahwa mendaki gunung adalah cara untuk mendekatkan diri dengan alam.

Saat mendaki gunung, sangat disarankan untuk mempertimbangkan ketinggian gunung yang akan didaki. Idealnya, mendaki gunung secara bertahap dari ketinggian yang relatif rendah. Tujuannya agar terbiasa agar tidak kaget dengan gunung yang lebih tinggi lagi.

Kali ini, Katadata.co.id ingin memberi saya beberapa rekomendasi gunung untuk pemula. Untuk lebih jelasnya, lihat pernyataan di bawah ini.

1. Gunung Andong

GUNUNG UNTUK PEMULA

GUNUNG UNTUK PEMULA (tanggal perjalanan)

Rekomendasi gunung pertama untuk pemula adalah Andong. Gunung ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bangkit dari tanah air Indonesia, Gunung Andong berada di tiga perbatasan wilayah, yakni Ngablak, Tlogorejo, dan Grabag. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.725 meter di atas permukaan laut. Gunung Andong diketahui berbatasan dengan Gunung Telomoyo yang berbatasan dengan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang.

2. Gunung Nglangeran

GUNUNG UNTUK PEMULA

GUNUNG UNTUK PEMULA (Detik Travel)

Gunung untuk pemula selanjutnya adalah Gunung Nglanggeran, salah satu gunung yang ada di DIY Yogyakarta. Diketahui gunung ini mencapai ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Menurut situs web gunung api tuaGunung Nglanggeran merupakan salah satu gunung berapi purba yang terbentuk sekitar 60-70 tahun yang lalu dan termasuk dalam kelompok umur tersier. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Prefektur Gunung Kidul dan termasuk dalam rangkaian Pegunungan Baturagung.

3. Gunung Gede

GUNUNG UNTUK PEMULA

GUNUNG UNTUK PEMULA (Promo Perjalanan)

Gunung bagi pemula ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Taman nasional ini dikenal sebagai salah satu yang diumumkan pada tahun 1980. Gunung Gede terletak di dua wilayah yaitu Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Ketinggiannya mencapai 2.958 meter di atas permukaan laut. Gunung ini adalah stratovolcano, atau gunung berapi aktif. Diketahui, seseorang bisa melewati Cibodas dan Cipanas untuk memasuki Gunung Gede.

4. Gunung Ijen

GUNUNG UNTUK PEMULA

GUNUNG UNTUK PEMULA (penduduk asli Indonesia)

Gunung pemula ini memiliki kawah seluas kurang lebih 5.466 hektar dengan kedalaman danau hingga 200 meter. Menurut website Tourism Backpack, Gunung Ijen merupakan gunung api aktif api biru di dalam kawah. Ketinggiannya mencapai 2.386 meter di atas permukaan laut. Diadaptasi dari situs Magma IndonesiaGunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Saat itu terjadi letusan berupa letusan freatik yang meletus dari kawah utama.

5. Gunung Batur

GUNUNG UNTUK PEMULA

GUNUNG UNTUK PEMULA (Klook)

Selanjutnya, Gunung Batur memiliki ketinggian sekitar 1.717 mdpl. Gunung ini merupakan salah satu stratovolcano atau gunung api aktif yang terakhir meletus pada tahun 2000. Di dalam gunung ini terdapat sebuah kaldera, sebuah lubang besar menyerupai kuali, biasanya berdiameter lebih dari 2 km.

Mengutip dari situs Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian Institution Volcano, Mereka memperkirakan terbentuknya kaldera tersebut akibat letusan ignimbrit Bali, yang terjadi sekitar 23.670 dan 28.500 tahun yang lalu. Situs ini terletak di daerah Kintamani, provinsi Bali. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit saat Anda mencapai puncak sebelum pagi tiba.

6. Gunung Pulosari

GUNUNG UNTUK PEMULA

GUNUNG UNTUK PEMULA (Banten Hits)

Gunung Pulosari adalah salah satu gunung di Banten. Gunung ini memiliki ketinggian 1.346 meter di atas permukaan laut atau sekitar 4.416 kaki. Diketahui bahwa status gunung ini masih merupakan gunung api aktif. Menurut situs web tripadvisor, Pendakian Gunung Pulosari memakan waktu sekitar tiga jam. Selain mendaki, Anda juga bisa melihat pemandangan yang meliputi Curug Putri dan Kawah Ratu yang masih berada di kawasan yang sama. Untuk memasuki Gunung Pulosari, cara termudah adalah melalui desa Ciletung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

7. Gunung Kelimutu

GUNUNG UNTUK PEMULA

GUNUNG UNTUK PEMULA (Taman Nasional Kelimutu)

Gunung berapi ini merupakan salah satu gunung rekomendasi bagi pemula dan memiliki ketinggian sekitar 1.639 mdpl. Gunung Kelimutu diketahui terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Akhir. Anda bisa memilih beberapa rute pendakian. Salah satunya melewati Maumere dan melalui pantai utara. Diketahui bahwa terdapat sebuah kawah yang terkenal bernama Danau Tiga Warna. Danau ini memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi.

8. Gunung Prau

GUNUNG UNTUK PEMULA

GUNUNG UNTUK PEMULA (Pinhome)

Gunung untuk pemula ini terletak di provinsi Jawa Tengah. Gunung Prau juga dikenal sebagai Gunung Perahu dan memiliki ketinggian sekitar 2.590 mdpl. Gunung ini diketahui berada di Dataran Tinggi Dieng. Tentunya salah satu jalurnya melewati Dieng, Kabupaten Wonosobo.

Selain itu juga bisa melalui jalur Igirmranak, Kenjuran, Panten, Wates dan Ngelak. Gunung Prau memiliki beberapa tempat penampungan yang bisa dikunjungi, semua orang juga punya akun Instagram sehingga Anda dapat menggali informasi. Beberapa dari mereka tempat penampungan Yaitu Kalilembu, Patak Banteng, Wates dan Dieng. Selain itu, ada juga istilah ranger di Gunung Prau. Ranger dikenal sebagai istilah yang digunakan untuk penjaga taman nasional atau pegunungan.

Demikian penjelasan beberapa rekomendasi gunung untuk pemula yang bisa didaki. Sebagian besar daftarnya ada di pulau Jawa. Namun Anda juga bisa mengunjungi pegunungan yang ada di Pulau Flores dan Bali. Jadi apa yang Anda pikirkan untuk dikunjungi terlebih dahulu?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button