Pemerintah Kabupaten Bogor menargetkan menjadikan Pongkor sebagai UNESCO Global Geopark tahun depan - WisataHits
Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten Bogor menargetkan menjadikan Pongkor sebagai UNESCO Global Geopark tahun depan

Kabupaten Bogor (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat menargetkan Geopark Nasional Pongkor menjadi UNESCO Global Geoparks (UGG) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Perubahan 2018-2023.

“Ini sudah disepakati antara Pemkab Bogor dengan DPRD melalui perubahan RPJMD. Pengembangan geopark harus dilakukan sesuai inisiatif Bogor Maju, dengan tujuan Geopark Pongkor menjadi UGG,” kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Senin.

Menurutnya, Geopark Nasional Pongkor siap mengikuti tujuh geopark di Indonesia yang diakui UNESCO, yakni Geopark Batur, Geopark Pegunungan Sewu, Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Rinjani, Geopark Danau Toba, Geopark Belitong, dan Geopark Maros Pangkep.

Baca Juga: Sekda Bogor Kenang Kembali Upaya Pengembangan Kawasan Geopark Pongkor

Salah satu upaya Pemerintah Kota Bogor adalah dengan membentuk Pusat Informasi Geopark Pongkor (PGIC) dan Pengurus Kawasan Geopark Nasional Pongkor 2022-2025 dan Forum Geopark Nasional Pongkor 2022 di Kecamatan Tamansari, Bogor, Rabu (30/11). .

Geopark yang diresmikan empat tahun lalu ini merupakan salah satu dari 12 geopark nasional di Indonesia sejak November 2018.

Geopark Nasional Pongkor merupakan potensi wisata utama Kabupaten Bogor dan meliputi 15 kecamatan yang terdiri dari 10 geosite, 43 geo/bio/cultural heritage dan 15 atraksi wisata.

Baca Juga: Vokasi UI Berdayakan Masyarakat di Geopark Gunung Pongkor Bogor

Iwan mengatakan Geopark Pongkor adalah Advent mutlak atau aset mutlak di Bogor. Pongkor Geopark merupakan taman bumi yang tercipta secara alami dan bukan artifisial.

“Kami bekerja sama. Jika kita bermimpi bersama, kita bisa mewujudkannya, seperti fajar. Semoga geopark ini bisa diakui oleh UGG pada tahun 2023 nanti,” kata Ivan.

Selain itu, Pemkab Bogor juga bersedia mengerahkan SDM untuk bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat, Forum Perhutani, Taman Nasional dan Antam Pongkor untuk membantu konversi Geopark Pongkor menjadi UGG.

Baca Juga: Geopark Pongkor Merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

“Kepala desa dan camat juga harus mengedukasi masyarakat untuk mendukung pariwisata di Kabupaten Bogor salah satunya Geopark Pongkor, sehingga wisatawan dapat berwisata ke Kabupaten Bogor dengan nyaman dan aman,” ujarnya (KR-MFS).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button