Pelantikan Sri Sultan, Gubernur DIY, Warga Mangunan Gelar Kenduri Merti Wana - WisataHits
Yogyakarta

Pelantikan Sri Sultan, Gubernur DIY, Warga Mangunan Gelar Kenduri Merti Wana

Pelantikan Sri Sultan, Gubernur DIY, Warga Mangunan Gelar Kenduri Merti Wana

tanpa judul

Krjogja.com – BANTUL – Koperasi Notowono menggelar hajatan Merti Wana’nderek Mangayubagya Pelantikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Jumat malam lalu di Obyek Wisata Seribu Batu.

Turut hadir Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kapolres DIY Aria Nugrahadi, Penewu Dlingo Agus Jaka Sunarya, Kapolres Dlingo, Kapolres Bantul, Kapolres DIY, AKP Basungkawa SH MH, Kades Mangunan Aris Purwanto, Kades Terong Terong Sugiono.

Ketua Koperasi Notowono Mangunan Dlingo Bantul Purwo Harsono mengatakan, Minggu (23/10), Kenduri Merti Wana digelar untuk melestarikan adat budaya tradisional. “Omong-omong, pengangkatan Ngarso Dhalem sebagai gubernur DIY baru saja terjadi. Makanya kita adakan perayaan ini, kita adakan Merti Wana Kenduri ini untuk peremajaan generasi muda,” ujarnya.

Dijelaskan bahwa tujuan festival adalah sebagai bentuk rasa syukur. “Karena semua kegiatan tidak lepas dari mendukung Ngarso Dhalem. Sehingga masyarakat Mangunan dapat mengelola kawasan hutan lindung untuk pemberdayaan,” ujarnya.

Selain itu, dengan dukungan penuh dari Ngarso Dhalem, masyarakat dapat mengembangkan desa-desa sekitar menjadi tempat wisata. Artinya, sektor pariwisata telah mampu mendongkrak perekonomian. “Saya kira tidak berlebihan jika Ngarso Dhalem diangkat kembali sebagai Gubernur DIY, maka kita akan mengadakan hajatan sebagai bentuk syukur atas penetapan tersebut,” ujarnya.

Penewu Dlingo, Agus Jaka Sunarya dari pemerintah Kapanewon mengatakan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan kenduri Merti Wana. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat semakin antusias dengan perannya dalam pengembangan sektor pariwisata. (Roy)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button