Ini dia deretan kota di Indonesia yang populer di kalangan turis mancanegara, DIY salah satunya - WisataHits
Yogyakarta

Ini dia deretan kota di Indonesia yang populer di kalangan turis mancanegara, DIY salah satunya

Harianjogja.com, JAKARTA –Tidak hanya Bali, beberapa daerah menjadi tujuan wisata baik pariwisata maupun non-wisatawan, seperti Medan, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.

Corporate Secretary PT Panorama Sentrawisata Tbk AB Sadewa mengatakan, pada semester I tahun 2022, kunjungan domestik meningkat merata di hampir seluruh pulau di Indonesia.

“Selain Bali, banyak juga rute yang sebenarnya bukan liburan, mereka mengunjungi keluarga, seperti Medan, Palembang, Surabaya, dan Makassar yang tinggi, jadi relatif datar,” katanya, Senin (25/7/2022). ).

Namun, Bali masih menjadi tujuan nomor satu bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

BACA JUGA: Ingin berlibur ke Semarang? Jangan lewatkan 8 kuliner khas ini

Ia mengungkapkan, sejak libur semester genap terakhir pada Juni hingga Juli, ada penjualan tiket pesawat ke Bali sudah dipesan atau penuh.

“Kalau Bali konteksnya untuk liburan, liburan sekolah yang lalu itu laris manis. maskapai yang sudah dipesan penuh,” dia melanjutkan.

Selain Bali, destinasi DIY, Labuan Bajo dan Bangka Belitung menjadi alternatif kunjungan dan didominasi wisatawan mancanegara, menurut Ketua DPP Asosiasi Agen Perjalanan Indonesia (Astindo) Pauline Suharno. Daerah seperti DIY dan Labuan Bajo dikenal sebagai tempat kegiatan pemerintahan, seperti menjadi tuan rumah side event G20.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Mei 2022, okupansi kamar dan okupansi hotel di sektor do-it-yourself sebenarnya paling tinggi hampir 98%. “Wisman masih lebih banyak lagi, apalagi karena libur sekolah, dan banyak perusahaan juga yang mengadakan kegiatan,” katanya.

Pengamat wisata Chusmeru melihat bahwa Bali masih menjadi andalan bagi wisatawan asing. Namun bagi wisatawan asing, hampir semua destinasi di Indonesia sudah overcrowded. Bahkan dari pantauannya, sejak Idul Fitri sejauh ini, biro perjalanan di Bali terlihat senang, terutama menyambut wisatawan asing yang sedang berlibur musim panas.

“Sebenarnya ada beberapa daerah seperti Lombok dan Labuan Bajo, tapi dibandingkan Bali persentasenya masih jauh tertinggal,” ujarnya.

Source: wisata.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button