Deretan Destinasi Wisata Religi di Jawa Tengah, Dimana Saja? - WisataHits
Jawa Tengah

Deretan Destinasi Wisata Religi di Jawa Tengah, Dimana Saja?

solo

Pemerintah saat ini terus mendorong kunjungan wisatawan sebagai salah satu pendongkrak perekonomian. Banyak destinasi yang terus berkembang untuk menarik wisatawan.

Salah satu sektor yang saat ini sedang dikembangkan adalah destinasi wisata religi. Kebutuhan masyarakat saat berwisata saat ini tidak hanya sekedar jalan-jalan, tetapi juga pemenuhan kebutuhan spiritual.

Sementara itu, Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata religi. Destinasi ini milik semua kota dan kabupaten di provinsi ini.

Kementerian Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah bahkan memiliki panduan wisata bertajuk “ Paket Wisata Religi 2019.

Mengutip dari buku tersebut, beberapa destinasi wisata religi di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi antara lain:

1. Makam Syekh Maulana Maghribi di Kabupaten Batang

Di dalam buku Paket Wisata Religi 2019 Disebutkan bahwa Syekh Maulana Magribi adalah salah satu ulama yang menyebarkan agama Islam di Jawa. Sosok ini sudah ada sebelum munculnya kelompok ulama yang dikenal dengan Wali Songo.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang berziarah ke makam tersebut. Makanan ini terletak di Bukit Wonobodro di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang.

2. Makam Syekh Subakir di Magelang

Syekh Subakir adalah seorang utusan Iran yang datang ke Jawa untuk menyebarkan Islam. Ia mendapat perintah dari Sultan Turki.

Wilayah sebarannya terbentang dari Magelang dan sekitarnya. Syekh Subakir akhirnya meninggal dan dimakamkan di Gunung Tidar.

Selain makam Syeh Subakir, Gunung Tidar sendiri juga memiliki makna khusus bagi orang Jawa. Bukit di kota Magelang ini dianggap sebagai pusat pulau Jawa.

Selengkapnya di halaman berikutnya

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button