Pulau Kemaro Palembang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Kemaro Palembang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Kemaro salah satu pulau indah dan legendaris di tengah Sungai Musi. Sebuah delta kecil yang menjadi tujuan wisata favorit di Palembang.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Kemaro, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pulau Kemaro merupakan destinasi wisata di Sumatera Selatan yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini terkenal dengan klentengnya yang tinggi dan bangunan klentengnya yang sering dijadikan tempat peribadatan bagi masyarakat etnis Tionghoa. Banyak etnis Tionghoa Indonesia bahkan manca negara seperti China, Malaysia dan Singapura telah berkunjung selama perayaan Cap Go Meh.

Pulau ini merupakan daratan atau delta yang terbentuk di tengah sungai Musi. Sebutan “kemaro” pada nama pulau ini memiliki arti “kering”, yang artinya pulau ini selalu kering dan tidak pernah banjir, bahkan saat sungai sedang pasang. Oleh karena itu, pulau ini seolah terapung di atas Sungai Musi.

Pulau dengan luas sekitar 32 hektar ini memiliki keunikan berupa pagoda 9 lantai yang menjulang di tengah pulau yang dibangun pada tahun 2006. Pagoda tersebut merupakan bagian dari kelenteng Hok Tjing Rio atau lebih tepatnya dikenal sebagai Klenteng Kuan Im yang dibangun pada tahun 1962.

Atraksi Pulau Kemaro

Aktivitas Pulau KemaroKredit gambar: Google Maps Isnai Ilham Aufadhuha

Pagoda berwarna merah yang berdiri megah di tengah pulau menandakan betapa kentalnya budaya Tionghoa di pulau ini. Klenteng ini sangat mirip dengan klenteng di negeri tirai bambu dilihat dari arsitekturnya. Ada gambar legenda pulau ini di sisi dinding pagoda. Bagian atas klenteng digunakan sebagai tempat pemujaan bagi umat Buddha.

1. Tinggalkan cerita caption yang menarik

Makam Tan Bun An dan Siti Fatimah terletak bersebelahan di depan pura. Tan Bun An dan Siti Fatimah adalah sepasang kekasih yang menjadi tokoh utama dalam legenda Pulau Kemaro. Legenda pulau ini tertulis di atas batu yang terletak di sebelah kuil Hok Tjing Rio. Bagi Anda yang penasaran seperti apa legendanya, Anda bisa mengunjungi pulau ini dan membaca legendanya.

2. Miliki Pohon Cinta Abadi

Pulau ini tidak hanya memiliki klenteng dan klenteng yang terkenal dengan cerita legendarisnya, namun pulau ini juga memiliki pohon cinta yang unik. Konon jika sepasang muda-mudi mengukir nama mereka di pohon, hubungan mereka akan berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Sehingga pulau ini juga dikenal dengan nama Match Island.

3. Ada bangunan pagoda yang unik

Pagoda 9 lantai yang menjulang di tengah pulau setinggi 45 meter, dengan masing-masing tingkat setinggi 5 meter. Pagoda ini dibangun pada sembilan tingkat sesuai dengan makna Feng Shui. Klenteng ini memiliki delapan sudut seperti lambang trigram kedelapan atau Pat Kwa. Warna cerah pagoda sesuai dengan makna simbol warna dalam kepercayaan Cina.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Kemaro

Alamat Pulau KemaroKredit gambar: Google Maps Tjiunggu Tjermin

Pulau legendaris ini terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera di Palembang, Sumatera Selatan. Letak pulau ini berada di tengah-tengah industri antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju. Posisi pulau ini sedikit ke timur dari pusat kota Palembang. Akses menuju tempat ini sangat mudah untuk di akses. Dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan memakai tabir surya sebelum mengunjungi pulau.

Ada berbagai cara yang dapat Anda ambil untuk sampai ke sana. Jika Anda berangkat dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Anda bisa menyewa taksi atau kendaraan dari bandara menuju Dermaga Point Kuto Besak yang terletak di kawasan Sungai Musi.

Begitu sampai di dermaga Point Kuto Besak, Anda bisa memilih salah satu pilihan transportasi yang tersedia. Pertama, Anda dapat menggunakan kapal cepat dengan motor bertenaga yang bisa sampai ke tempat lebih cepat. Dengan kapal cepat Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke lokasi Pulau Kemaro.

Kedua, Anda bisa menggunakan perahu ketek dengan waktu tempuh yang lebih lambat. Dan ketiga, Anda bisa menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Ketiga sarana transportasi tersebut memiliki harga sewa yang berbeda. Anda bisa menyesuaikan budget yang Anda bawa.

Biaya Perjalanan ke Pulau Kemaro, Palembang

Biaya Perjalanan ke Pulau Kemaro, PalembangKredit gambar: Google Maps Tjiunggu Tjermin

Pulau ini hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Jembatan Ampera Palembang, tergantung moda transportasi yang Anda pilih. Untuk bisa sampai di tempat, perlu disiapkan anggaran yang cukup dengan memperhatikan biaya sewa setiap angkutan yang diusulkan.

Biaya sewa kapal cepat yaitu Rp 100.000-Rp 150.000 per orang. Biaya sewa perahu ketek adalah Rp 80.000 hingga Rp 100.000 per orang. Kemudian biaya sewa perahu motor Rp 50.000 hingga Rp 70.000 per orang. Dari ketiga alat transportasi tersebut, transportasi kapal cepat merupakan sarana transportasi dengan waktu tempuh tercepat sesuai dengan biaya sewa tetap.

Selama perjalanan ke pulau legendaris tersebut, Anda akan disuguhkan pemandangan jernihnya air sungai dengan latar belakang Jembatan Ampera yang dibangun pada masa penjajahan Jepang. Jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda dengan kamera yang Anda bawa.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kemaro

Aktivitas menarik di Pulau KemaroKredit gambar: Google Maps Judithia Charlotte

1. Lihat kalender upacara keagamaan Cina

Agar liburan Anda di pulau ini berkesan, Anda bisa mencocokkan jadwal kunjungan Anda ke pulau ini dengan agenda upacara keagamaan Tionghoa yang diadakan di sana. Biasanya pulau ini akan dipadati oleh etnis Tionghoa dari Indonesia maupun turis asing dengan tujuan mengikuti upacara keagamaan saat perayaan Imlek dan Cape Go Meh.

Pada saat-saat seperti itu, Anda akan dibuat takjub dengan keindahan suasana di pulau ini karena penuh dengan hiasan lampion yang dipasang di sudut-sudut pulau. Ada juga banyak pertunjukan khas Tiongkok seperti barongsai, pertunjukan alat musik tradisional Tiongkok dengan lagu-lagu khas Tiongkok, wayang poethi, drama tradisional Tiongkok dan wisata kuliner.

Pada malam hari, lampion dinyalakan secara bersamaan dan menambah kemeriahan suasana pulau. Atraksi barongsai juga berlangsung pada malam hari agar pulau tidak terlihat sepi dan misterius seperti biasanya. Yang paling menarik adalah penerbangan lampion di langit yang akan membuat Anda menikmati indahnya panorama pulau ini di malam hari.

2. Undang pasangan untuk mengunjungi delta ini

Jika Anda penasaran dengan mitos yang tersebar luas di masyarakat luas tentang Pohon Cinta Abadi yang terdapat di Pulau Kemaro, Anda bisa mencoba mengajak pasangan lalu mengukir nama Anda dan pasangan di pohon cinta tersebut. Namun Anda harus berhati-hati agar tidak merusak ekosistem alam di sekitar pohon atau pohon itu sendiri.

3. Kunjungan bersejarah

Pulau ini dianggap sebagai tempat wisata yang legendaris karena sejarah pulau ini sudah ada sejak kerajaan Sriwijaya. Kisah ini erat kaitannya dengan kisah putri raja kerajaan Sriwijaya dan putra raja kerajaan Cina. Sebelumnya, pulau ini digunakan sebagai pos jaga. Komandan Cheng Ho bahkan pernah menetap di sana untuk menekan perompak laut dari China.

Di pulau ini juga terdapat benteng yang berfungsi sebagai pintu gerbang sungai sebelum memasuki Kraton (pusat) kota Palembang saat itu. Nama benteng yang dimaksud adalah Benteng Tambak Bayo. Dulu, kapal yang masuk ke pusat kota harus melewati benteng dan harus mendapat izin dari pos benteng.

4. Jelajahi area sekitar pagoda dan temukan spot foto terbaik

Bangunan pagoda ini memiliki arsitektur yang unik dengan warna-warna cerah. Klenteng ini terkenal mirip dengan klenteng di negeri tirai bambu. Anda harus menjelajahi area sekitar pagoda ini dan menemukan spot terbaik untuk mengabadikannya dengan kamera Anda dan kemudian membagikannya di akun media sosial.

5. Ziarah ke makam

Di Pulau Kemaro, ada sebuah vihara Cina bernama Klenteng Hok Tjing Rio. Ada juga candi Budha yang sering dikunjungi umat untuk berziarah ke makam dan berdoa. Bagi Anda yang beragama Buddha, Anda bisa mengunjungi pura ini dan berziarah ke makam sekaligus berdoa. Kuil-kuil selalu dirawat dan dibersihkan oleh agen khusus.

6. Wisata kuliner

Meski tempat wisata ini merupakan tempat wisata religi dan legendaris, Anda tidak perlu khawatir jika lapar dan haus. Di pulau ini banyak pedagang berbagai jenis makanan dan minuman yang menjajakan dagangannya.

Penginapan murah dekat Pulau Kemaro

Penginapan murah dekat Pulau KemaroKredit gambar: kata sandi Google Maps nopriyanto

1. Batiqa Hotel Palembang

Hotel berbintang empat ini letaknya sangat strategis, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan mobil untuk sampai ke dermaga Point Kuto Besak. Harga menginap per malam mulai dari Rp 398.000. WiFi gratis dan bahkan ada antar-jemput bandara berbayar. Hotel ini hanya memiliki satu tipe kamar superior tetapi fasilitas dan layanannya berbeda dari kamar ke kamar.

2. OYO 959 Graha Ham Keluarga

Hotel keluarga ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dengan biaya menginap yang ekonomis per malam. Hotel berbintang dua ini sangat ramah terhadap tamu dengan keterbatasan fisik karena terdapat toilet dan tempat parkir khusus untuk difabel. Harga menginap per malam mulai dari Rp 157.259 sudah termasuk PPN.

3. JR Guest House

Jika Anda menginginkan akomodasi yang ramah dengan fasilitas yang cukup lengkap, guesthouse ini adalah jawabannya. Dengan harga mulai dari Rp 120.481 saja, Anda akan mendapatkan akomodasi yang sangat nyaman. Yang menarik disini ada fasilitas bola voli.

4. Homestay Rajawali

Dengan biaya menginap per malam yang terjangkau mulai dari Rp 200.000, fasilitas di homestay ini cukup lengkap. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, disini tersedia tempat parkir dengan pengamanan yang ketat. Homestay ini mengusung tema industrial yang sangat Instagramable.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kemaro

Fasilitas Pulau KemaroKredit gambar: Google Maps Tjiunggu Tjermin

Pulau ini tidak hanya menawarkan pemandangan eksotis air Sungai Musi yang jernih, namun fasilitas di pulau ini juga cukup lengkap. Fasilitas seperti persewaan kapal cepat, perahu motor, hingga perahu ketek tersedia disini. Kemudian, fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet, tempat bersantai, warung makan dan minum juga tersedia.

Wisata religi ini menjadi destinasi favorit para wisatawan pecinta sejarah. Karena selain menikmati liburan dengan mencari foto di berbagai tempat indah di pulau ini, wisatawan juga akan banyak belajar tentang sejarah Pulau Kemaro. Selain itu, ada legenda yang tertulis di batu di area pagoda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button