7 Tempat Wisata di Kabupaten Karanganyar, Air Terjun Sejuk dan Indah - WisataHits
Jawa Tengah

7 Tempat Wisata di Kabupaten Karanganyar, Air Terjun Sejuk dan Indah

TIMESINDONESIA, KARANGANYAR – Karanganyar merupakan daerah di Jawa Tengah yang memiliki pesona wisata. Ada wisata alam pegunungan, air terjun, wisata sejarah hingga taman bermain keluarga. Bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan bersama keluarga di Karanganyar, Anda bisa mempertimbangkan tempat wisata mana yang akan dikunjungi.

Untuk memudahkan pilihan Anda, TIMES Indonesia telah memilihkan 5 destinasi di Karanganyar, Jawa Tengah yang cocok untuk liburan Anda.

Rangkuman ini berdasarkan kunjungan wisatawan ke Karanganyar.

1. De Tjolomadoe Karanganyar

De Tjolomadoe atau Colomadu merupakan kompleks pabrik gula yang bersejarah. De Tjolomadoe Karanganyar merupakan destinasi wisata terdekat dari Bandara Internasional Adi Sumarmo. Jarak ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 5 menit.

Berlokasi di Jalan Adi Sucipto No.1 Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Melalui Museum Tjolomadoe, pengunjung dapat mempelajari sejarah masa kejayaan produksi gula. Museum ini buka setiap hari Selasa mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. senin bebas Menurut Detjolomadoe.com, harga tiket masuk museum adalah Rp 35.000.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air Terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu yang masih merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Anda harus menaiki 1250 anak tangga untuk mencapai air terjun ini.

Tiket Masuk Air Terjun Niagara Grojogan Sewu Karanganyar adalah Rp 22.000 untuk wisatawan lokal. 175.000 rupiah untuk turis asing. Tur ini buka setiap hari mulai pukul 08:00. hingga pukul 16:00 WIB.

3. Candi Cetho Karanganyar

Candi Cetho merupakan candi Hindu. Candi Cetho dipercaya dibangun pada zaman Majapahit. Pura ini memiliki 13 teras yang menggambarkan perjalanan hidup manusia dari pendosa menjadi orang suci. Candi Cetho terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenaw, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Biaya masuk Candi Cethon Karanganyar adalah Rp 10.000. Candi Cetho buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB.

4. Museum Purbakala Dayu

Museum Purbakala Dayu terletak di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar. Museum ini memiliki koleksi fosil purbakala yang bernilai sejarah.

Koleksi museum Karanganyar berisi fosil purba kepala gajah dan kerbau. Museum Dayu Karanganyar masih menjadi bagian dari Situs Manusia Purba Sangira yang dikelola oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangira. Museum buka setiap hari mulai jam 9 pagi. sampai jam 3 sore. WIB.

5. Sapta Tirta Pablengan

Sapta Tirta Pablengan merupakan tempat wisata sejarah yang diwariskan oleh pemerintah Mangkunegara. Sapta Tirta 7 mata air alami yang berbeda dengan rasa yang berbeda. Sapta Tirta atau Air Bleng, Air Soda, Air Berkah, Air Hangat, Air Hidup, Air Mati dan Air Pensucian.

Sapta Tirta Pablen yang berlokasi di Jl. TP Joko Songo, Bt. Argotilos, Pablen, Kec. Matesih, penguasa Karanganyar.

6. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog adalah air terjun yang indah di Tawangmangu, dekat Air Terjun Grojogan Sewu. Tak semenarik Air Terjun Grojogan Sewu, air terjun ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Tawangmangu.

Curug jumog ini memiliki beberapa air terjun dan aliran airnya tidak terlalu deras, jadi anda bisa bermain air di dekat sungai curug jumog ini. Pemandangan tempat ini juga sangat indah, pemandangan air terjun yang megah dan pepohonan rindang yang menyelimutinya sangat cocok bagi Anda yang ingin berburu spot foto cantik hingga pelosok negeri.

Air Terjun Jumog yang terletak di Jl. Plesungan, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

7. Air Terjun Pringgondan

Wisata air terjun di Karanganyar selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Pringgondan. Walaupun deskripsinya belum begitu terkenal seperti Air Terjun Grojogan Sewu dan Air Terjun Jumog.

Namun keindahan dan pesona alam Air Terjun Pringgondan tak kalah mempesona. Ketidakpopuleran inipun membuat tempat ini masih sangat asri dan sedikit dikunjungi wisatawan. Air Terjun Karanganyar dengan ketinggian lebih dari 100 meter ini terletak di Desa Blumbang, Negara Bagian Tawangmangu, Karanganya.

Kawasan Hutan Lindung Air Terjun Jumog, Blumbang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Berikut 5 tempat wisata di Karanganyar Jawa Tengah yang mungkin harus Anda perhatikan selama liburan.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button