Dengan anggaran lebih dari Rp15 miliar, Pemkot Yogyakarta akan merevitalisasi Jalan Senopati - WisataHits
Yogyakarta

Dengan anggaran lebih dari Rp15 miliar, Pemkot Yogyakarta akan merevitalisasi Jalan Senopati

Jalan Senopati, Kota Yogyakarta. [ANTARA]

Selain revitalisasi trotoar pejalan kaki, pekerjaan peletakan kabel serat optik dan kabel listrik PLN juga sedang dilakukan.

SuaraJogja.id – Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPKP) Kota Yogyakarta memperkirakan revitalisasi pejalan kaki di Jalan Senopati senilai lebih dari Rp15 miliar. Hal ini untuk mendukung kawasan wisata Malioboro yang dijadwalkan selesai pada pertengahan Desember 2022.

“Pekerjaan sudah dimulai dan sesuai jadwal, sehingga diharapkan pertengahan Desember selesai,” kata Hasri Nilam Baswari, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jalan dan Jembatan Kota Yogyakarta. seperti dikutip Antara, Senin (22/7-25). .

Menurut dia, pekerjaan rehabilitasi pejalan kaki di Jalan Senopati akan dilakukan serentak untuk kedua sisi trotoar, baik sisi utara maupun selatan jalan.

Pekerjaan ini tidak akan memperlebar trotoar dan akan tetap menggunakan dimensi eksisting, yaitu rata-rata 4,5 meter.

Baca juga: Revitalisasi trotoar pejalan kaki di kota tua

Konsep revitalisasi tersebut selaras dengan revitalisasi pedestrian yang dilakukan di kawasan pendukung Malioboro, sehingga ada kesinambungan dengan penataan pedestrian yang sebelumnya dilakukan di Jalan KH Ahmad Dahlan dalam dua tahun terakhir.

Oleh karena itu, konsep pedestrian layout di Jalan Senopati tidak akan jauh berbeda dengan konsep yang diterapkan di Jalan KH Ahmad Dahlan dan kawasan kilometer nol, sehingga semuanya terkoneksi.

Selain merevitalisasi trotoar pejalan kaki, pekerjaan yang memiliki anggaran sekitar Rs 15,9 crore, juga akan mencakup pekerjaan jalur untuk kabel serat optik dan kabel listrik PLN.

“Peletakan” kabel serat optik akan dilakukan di Jalan Secodiningratan sisi Jalan Senopati, sedangkan “peletakan” kabel listrik PLN akan dilakukan di simpang Gondomanan.

Pemerintah Kota Yogyakarta secara rutin mengalokasikan anggaran untuk fasilitas pejalan kaki dalam beberapa tahun terakhir. Pekerjaan penataan dilakukan tahun lalu untuk menyelesaikan revitalisasi pedestrian street di Jalan Jenderal Sudirman dari Galeria hingga simpang Gramedia dengan anggaran Rp 19,9 miliar.

Baca juga: Viral! Aksi Kepahlawanan Daru dan Akem Usir Pengemudi Pelanggaran Jalur Pejalan Kaki di Cikini Raya, Pengendara Bertolak Balik

Selain itu, penyelesaian pedestrian Jalan KH Ahmad Dahlan dengan anggaran Rp 9,9 miliar dan pedestrian Jalan Perwakilan dengan anggaran Rp 10,2 miliar.

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button