Danone dan Kemenparekraf mendukung pengembangan 14 desa wisata di 7 provinsi - WisataHits
Jawa Tengah

Danone dan Kemenparekraf mendukung pengembangan 14 desa wisata di 7 provinsi

Danone dan Kemenparekraf mendukung pengembangan 14 desa wisata di 7 provinsi

Laporan Reporter Tribunnews, Chorul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Danone Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mendukung pengembangan desa wisata di tanah air.

Kerjasama ini ditandatangani pada Konvensi Nasional Danone Indonesia 2023 bertajuk Make Indonesia Future Fit melalui High Impact Team pada Kamis 19 Januari 2023 di JCC Senayan, Jakarta untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga lingkungan.

Baca Juga: Soal Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo, Gabungan Kapal Wisata kepada SAR

Rincian pengembangan 14 desa liburan di tujuh provinsi adalah:

Sumatera Utara: Desa Lumban Bulbul, Toba

Jawa Barat: Desa Pancawati di Bogor, Desa Adat Banceuy, Desa Pesanggrahan, Desa Cibeusi di Subang Jawa Tengah: Desa Blederan, Desa Tanjunganom, Wonosobo DI

Yogyakarta: Desa Karangasem, Kulon Progo

Jawa Timur: Desa Jatiarjo, Pasuruan Bali: Desa Kintamani, Bangli; Desa Belok Sidan, Desa Bongkasa Pertiwi, Badung

Sulawesi Utara: Desa Lihunu, Desa Tumaluntung, Minahasa Utara.

Ruang lingkup kerjasama ini meliputi pemanfaatan dan pertukaran data dan/atau informasi, pelaksanaan dukungan sarana dan prasarana, dukungan dan penguatan tata kelola, perlindungan lingkungan dan/atau keanekaragaman hayati, pendidikan dan pengelolaan limbah serta kegiatan bersama lainnya yang dimungkinkan Mendukung pertumbuhan desa wisata.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengatakan industri pariwisata dan industri kreatif merupakan salah satu sektor yang paling terpukul selama pandemi.

“Untuk menggerakkan sektor pariwisata, seluruh komponen dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif harus bersinergi menggunakan segala potensi dan peluang yang ada sejalan dengan strategi 3G kita yaitu Gerakan Cepat (Gercep), Gerakan Bersama (Donor) dan Gaspol (Bekerja Anda dalam segala potensi dan kemungkinan yang ada,” katanya dalam siaran pers yang dikutip Minggu, 22 Januari 2023.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Sambut Piala Dunia U20 2023, Percantik Destinasi Wisata, Gagas Kawasan Eropa

Ia menjelaskan, hal ini membutuhkan tim yang solid, tangguh, adaptif, dan kolaboratif dalam menampilkan inovasi, termasuk membangun kolaborasi lintas sektor.

“Kami menyambut baik dukungan Danone Indonesia dalam mendukung pengembangan desa wisata, karena dukungan ini akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan meningkatkan perekonomian nasional,” ujarnya.

Ekspansi home tourism menunjukkan tren yang positif. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, kontribusi sektor pariwisata terhadap produk domestik bruto (PDB) diperkirakan sebesar 4,3 persen pada tahun 2023.

Danone Indonesia juga berkontribusi melalui Program Pengembangan Desa Wisata
Pemulihan sektor pariwisata, pertumbuhan ekonomi di daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Melalui program ini, Danone Indonesia juga telah menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan dan sumber daya alam,” ujar Connie Ang, Chief Executive Officer Danone Indonesia.

Dia menekankan bahwa perusahaannya memiliki komitmen jangka panjang, yang dikemas dalam “One Planet One Health” di mana kami percaya kesehatan manusia dan kesehatan
lingkungan saling berhubungan.

“Setiap inisiatif dan inovasi yang kami lakukan selalu berlandaskan pada kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan. Komitmen kami terlihat sangat jelas dalam mendukung pengembangan desa liburan,” tambahnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button