Cycling de Jabar 2022 membangkitkan potensi Jawa Barat Daya melalui balap sepeda - WisataHits
Jawa Barat

Cycling de Jabar 2022 membangkitkan potensi Jawa Barat Daya melalui balap sepeda

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG – Pemprov Jabar menggelar kebersamaan dengan grup Kompas Gramedia acara Balap sepeda dengan rute terpanjang, yakni hingga 320 kilometer. acara Bertajuk Cycling de Jabar 2022, akan berlangsung selama dua hari pada 27 dan 28 Agustus 2022.

Peserta atau pesepeda akan melihat indahnya panorama Jawa Barat Daya, mulai dari titik start di kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, hingga finish di Kabupaten Pangandaran.

Ferry Sofwan Arief, Deputi Administrasi Umum Setda Provinsi Jabar, mengatakan Cycling de Jabar merupakan wahana untuk mengajak masyarakat, khususnya para pecinta sepeda, untuk melihat potensi Jawa Barat Daya, khususnya di bidang bersepeda. wisata olahraga.

“Mari kita dorong dan ajak masyarakat untuk lebih mengenal potensi Jawa Barat Daya wisata olahraga. Sekaligus menunjukkan komitmen pemerintah kita, baik Provinsi Jawa Barat Pusat maupun Kabupaten/Kota untuk mengembangkan perekonomian Jawa Barat Daya melalui: wisata olahragakata Ferry dalam acara JAPRI di Gedung Museum Negeri, Kota Bandung, Jumat (12/8/2022).

Ferry mengatakan Jawa Barat Daya memiliki banyak potensi wisata khususnya pariwisata olahraga, yang dapat dikembangkan melalui kerjasama dengan berbagai pihak, tidak hanya oleh pemerintah.

“Ciletuh sudah menjadi Geopark, lalu di Sukabumi juga ada Pemandian Air Panas Cisolok, Air Terjun Cimarinjung dan Pantai Cimaja. Dari sana pengendara sepeda dapat menikmati keindahannya. Tentu saja, ada banyak tempat menarik untuk dinikmati dalam perjalanan ke Pangandaran pengendara motor peserta Cycling de Jabar,” ujarnya.

Sekitar 100 pesepeda diperkirakan akan mengikuti Cycling de Jabar 2022 yang dilaporkan 75 persen peserta umum dan 25 persen peserta undangan. Jalur yang dilalui cukup berat, 40 persennya merupakan tanjakan pendakikemiringan 30 persen perforator dan jejak 30 persen bahkan.

Karena beberapa kategori dilombakan, para pecinta sepeda dan lainnya dapat berpartisipasi dengan mendaftar mulai 10 Agustus 2022 hingga 23 Agustus situs web: Cyclingdejabar.com. Total harganya mencapai Rp 40 juta.

Dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 2,2 juta, Goweser akan mendapatkan dua akomodasi menginap di Ciletuh dan Rancabuaya (Membelah), dua set kaus, makan malam di Rancabuaya, medali dan lainnya.

Tingkat pertama dengan titik awal Di Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Goweser akan menempuh jarak 150 km. Jalur Ciletuh – Karang Cut termasuk dalam kategori ekstrim karena melewati banyak tanjakan dan turunan. Perjalanan memakan waktu sekitar 6 sampai 7 jam dengan kecepatan rata-rata 25 km/jam.

Setelah menginap di Rancabuaya, Kabupaten Garut, leg kedua dilanjutkan dengan menempuh jarak 170km dari Pantai Rancabuaya menuju Paamprokan, Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Perjalanan memakan waktu sekitar 7 – 8 jam.

Redpel untuk Harian Kompas, Adi Prinantyo mengatakan, Kompas sudah cukup berpengalaman menggelar event berkuda jarak jauh. Bersepeda de Jabar adalah dan akan menjadi salah satunya acara menarik tahun ini.

Menurutnya, bersepeda bukan hanya menjadi tujuan Cycling de Jabar, tetapi juga untuk mempresentasikan kondisi pariwisata di Jawa barat daya, termasuk potensi pertanian, perkebunan, dan kuliner.

“Cycling de Jabar menjadi media untuk menampilkan potensi Jawa Barat tren dan sensasi pecinta sepeda. Sehingga eksotisme jalur selatan dari Jawa Barat menjadi tujuan tantangan untuk dinikmati setiap saat sebagai sebuah prestasi semangat bersepeda yang sesungguhnyat,” katanya melalui tautan on line Perbesar.

Hadir di JAPRI, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat (Dispora), Asep Sukmana, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Andri Kustria Wardana, dan perwakilan Bank bjb, Firman.

Kepala Dispora Jabar Asep Sukmana menambahkan, berdasarkan hasil pemetaan bersama dengan Disparbud Jabar, diketahui ada 14 kabupaten dan kota di Jabar yang memiliki lokasi. wisata olahraga.

“Ada enam kabupaten dan kota di Jawa Barat Daya yang memiliki potensi pengembangan wisata olahraga Diantaranya, Cycling de Jabar nanti akan dilewati,” ujarnya.

Source: jabarprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button