Danau Segara Anak, danau cantik di puncak Rinjani Lombok! - WisataHits
wisatahits

Danau Segara Anak, danau cantik di puncak Rinjani Lombok!

Danau Segara Anak, danau cantik di puncak Rinjani Lombok!

Danau Segara Anak – Pulau Lombok, siapa yang tidak mengenal pulau ini? Pulau indah yang terletak di sebelah barat pulau Bali ini memiliki luas pulau hingga 5435 km2 dengan ikon wisatanya Gili Trawangan dan Pantai Senggigi.

Selain dua tempat istimewa tersebut, masih ada beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi yaitu Danau Segara Anak. Penasaran?

Danau Segara Anak berada di desa Sembalun Lawang, Lombok. Tepatnya berada di kaldera atau kawah Gunung Rinjani. Nah, mau tidak mau, kalau mau ke sini harus mendaki Gunung Rinjani dulu.

Eksotisme Danau Segara Anak Lombok!

Peta pendakian Gunung RinjaniPeta pendakian Gunung Rinjani

Sudahkah Anda membacanya? Kalau begitu, mari kita mulai mengenal jalur pendakian menuju Segara Anak.

Kamp Pangkalan Sembalun

Pergi tempat penampungan Pendakian Gunung Rinjani ke desa Sembalun memakan waktu sekitar 4-5 jam dari pusat kota Mataram. Untuk datang ke sini, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, menyewa atau naik kendaraan umum. Tapi kalau naik angkot harus ganti angkot 2 kali.

Pertama dari kota Mataram kita akan menuju ke Aikmel. Setelah sampai di Aikmel, langsung ganti angkot yang menuju desa Sembalun. Oh iya… kalau mau ke Sembalun jangan sampai kemalaman… Soalnya angkutan umum dari Aikmel ke Sembalun hanya sampai jam 12:00.

Begitu sampai di Sembalun, kita langsung daftar di pos Taman Nasional Gunung Rinjani. Biaya masuk hanya 10.000/orang. Untuk informasi lengkap cara daftar pendakian Gunung Rinjani bisa langsung merujuk ke website Taman Nasional Gunung Rinjani.

Base Camp Sembalun – POS 1

Titik awal pendakian Gunung Rinjani sendiri adalah Bawano. Untuk jalur soalnya masih cukup landai.

Dalam perjalanan menuju pos 1 kita akan melintasi padang rumput dan melintasi beberapa sungai kering dan juga melewati rimbunnya pohon pinus.

Lama perjalanannya sendiri sekitar 2-3 jam.

POS 1 – POS 2

Setelah beristirahat di POS 1, mari kita lanjutkan perjalanan menuju POS 2 yang berada di ketinggian 1.523 mdpl.

Sedangkan untuk masalah vegetasi masih didominasi padang rumput terbuka dan melintasi beberapa aliran lahar kering dan sungai. Untuk treknya sendiri mulai menanjak dan terkadang trek menurun cukup curam. Tetap waspada dan hati-hati..

Jarak antara POS 1 dan POS 2 sekitar 1-2 jam.

POS 2 – POS 3

Setelah istirahat di POS 2, mari lanjut ke POS 3 dengan waktu tempuh hanya 1-2 jam.

Untuk masalah track, baru saja dimulai. Anda akan menghadapi pasang surut tak berujung yang menambah panasnya matahari.

Dari pos inilah jalur pendakian benar-benar dimulai, bukit penyesalan ada di depan anda, sangat disarankan untuk makan siang di pos III, atau kalaupun kondisi fisik anda tidak kuat, anda bisa mendirikan tenda disana.

Karena setelah itu jalannya deeeeeeeeeeh banget…. sakiti kakimu!

POS 3 – Plawangan Sembalun

Waktu tempuh menuju Plawangan Sembalun memakan waktu 4-5 jam. Dan dalam perjalanan dari pos III ke Plawangan Sembalun ada 2 pos lagi. Sebelum Pos Ekstra I kita akan melewati sungai mati yang mirip dengan Kalimati di Gunung Semeru.

Menuju Pos Ekstra II, jalur mulai menanjak dan penuh lika-liku, berpindah dari satu bukit ke bukit lainnya. Namun, setelah memanfaatkan jalur pendakian ekstra energi ini, kita akan menemukan diri kita berada di halaman yang cukup luas, dan pemandangan Segara Anak adalah tujuan kita!

Begitu kita sampai di sini kita bisa memilih Serangan Puncak Gunung Rinjani atau Segara Anak? Karena tujuan awal kita menuju ke Segara Anak, ambil jalan ke kanan. jika kamu mau Serangan Puncak ya lurus…

Plawangan Sembalun – Segara Anak

Plawangan Sembalun – Segara Anak via SyakirurohmanPlawangan Sembalun–Segara Anak via Syakirurohman`

Jalan menuju Segara Anak dari Plawangan Sembalun menurun dan cukup terjal. Bukit batu akan setia menemani Anda.

Dan dalam perjalanan, terkadang kita harus menggunakan tangan untuk menggapai bebatuan yang ada. Terkadang jalur ini sedikit berkabut dan agak sulit untuk membaca jalurnya.

Namun, ini hanya sebagian kecil dari petualangan. Karena nanti di masa depan kami mengharapkan bonus yang sangat bagus! Yaitu Segara Anak!!

Kunjungi juga: Wisata Pantai Senggigi Lombok

Segara Anak

Segara Anak via AntarakitaSegara Anak via Antarakita

Danau yang terletak di ketinggian yang sedikit berbeda dari Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru ini akan membuat Anda takjub sekaligus menghilangkan segala penat Anda untuk sampai ke sini.

Dari danau ini Anda bisa melihat Gunung Baru Jari (Gunung Baru Jari artinya Gunung Aru Jadi) yang merupakan anak Gunung Rinjani dan di dekatnya terdapat sumber air panas yang konon bisa mengobati berbagai penyakit kulit.

Di areal perkemahan di dekat Danau Segara Anak, terdapat sebuah pohon tua yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat.

Mitos yang berkembang di masyarakat setempat adalah jika Anda memiliki keinginan yang belum terkabul, gantungkan batu di pohon tersebut dan ucapkan keinginan Anda. Jika keinginan Anda terpenuhi, batu yang Anda gantung sebelumnya harus segera dilepaskan.

Gua di sekitar Danau Segara Anak via BandarwisataGua di sekitar Danau Segara Anak via Bandarwisata

Menurut penduduk setempat, jika Anda tidak mengembalikan batu tersebut, keinginan yang Anda penuhi akan sia-sia. Meyakini? Percaya gak sih, gratis juga ya.. itu juga mitos :p

Pemandangan danau ini sungguh menakjubkan dan begitu indah sehingga banyak wisatawan mancanegara maupun domestik datang mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan keindahan danau tersebut. Danau Segara Anak yang luasnya mencapai 1.100 ha dan kedalaman 230 meter ini akan membuat Anda betah berada di sini! uhhhhh

Oh yaaaaa… satu hal lagi…

Mancing di Danau Segara AnakMancing di Danau Segara Anak via Detik Travel

Kalau mau ke Segara Anak, jangan lupa sewa porter ya! Seseorang yang akan sangat membantu untuk menunjukkan jalan dan membawa alat yang sangat berat, tentu saja jika Anda membawanya sendiri.

Masih sama kok.. kalo yang hobby mancing, di telaga ini juga banyak ikan lho.. jadi jangan lupa bawa alat pancingnya :p

Bagaimana? Tertarik ke Danau Segara Anak Lombok?

Kunjungi juga: Liburan Seru di Tempat Wisata di Gili Trawangan

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button