10 Air Terjun Terpopuler dan Terindah di Kulon Progo - WisataHits
wisatahits

10 Air Terjun Terpopuler dan Terindah di Kulon Progo

Berwisata ke wilayah Yogyakarta merupakan ide menarik untuk menghabiskan masa liburan. Hal ini dikarenakan Yogyakarta memiliki beberapa daerah yang memberikan suasana alam yang eksotik seperti Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul. Ketiga kawasan ini memiliki deretan pantai cantik yang layak untuk dikunjungi. Selain pantai, ada wisata alam lainnya.

Di Kulon Progo terdapat air terjun, pantai, danau, sungai, dll. Salah satu tempat wisata alam berupa air terjun menjadi tujuan liburan yang menyenangkan, terutama bagi wisatawan yang ingin mencari suasana yang berbeda dari pantai. Wisatawan yang berkunjung ke kabupaten ini dapat mencoba menjelajahi air terjun di sini.

Meski mayoritas lokasi air terjunnya tersembunyi, namun panorama alam yang disuguhkan akan membuat Anda lelah selama perjalanan menuju lokasi yang seolah baru saja menghilang. Setiap air terjun Kulon Progo memiliki pesona tersendiri. Tentu saja, menjelajahi air terjun di kawasan ini membutuhkan waktu beberapa hari.

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan SewuKredit gambar: Google Maps Benny Priprasetyo

Air terjun yang terletak di Kecamatan Girimulyo ini memiliki nama yang sama dengan air terjun yang ada di wilayah Karanganyar Jawa Tengah. Meski namanya sama, air terjun di kawasan Kulon Progo ini tidak sepopuler air terjun Grojogan Sewu di Karanganyar.

Meski begitu, panorama alam air terjun ini tidak kalah indahnya dengan air terjun yang populer. Objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu menyuguhkan panorama alam berupa derasnya aliran air yang dihiasi bebatuan alam dan pepohonan hijau di sekitarnya.

Daya tarik air terjun ini adalah terdapat beberapa tingkatan yang memiliki sudut 90 derajat dengan ketinggian mencapai 25 meter sehingga terlihat seperti perosotan. Bagian tengah adalah tebing yang mengalirkan air ke arah kolam. Sedangkan sedikit ke samping, terdapat bebatuan yang disebut undakan vertikal.

Harga tiket: Rp 6.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Beteng, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo, DI Yogyakarta.

2. Air Terjun Grojogan Mudal

Air Terjun Grojogan MudalKredit gambar: Google Maps Roby Herwanto

Air terjun yang dikenal sebagai Taman Sungai Mudal ini terletak di kawasan Girimulyo, tepatnya Jatimulyo. Yang menarik dari air terjun Grojogan Mudal adalah terdapat dua kolam yang memiliki kedalaman yang berbeda. Kolam pertama merupakan kolam renang anak yang memiliki kedalaman maksimal 1,5 meter.

Kemudian kolam kedua adalah kolam dewasa yang memiliki kedalaman maksimal 2 meter. Air terjunnya bertingkat-tingkat dan warna air yang jatuh ke kolam berwarna hijau toska muda bagi wisatawan untuk berenang di kolam tersebut. Dinamakan Taman Sungai Mudal karena di area air terjun terdapat taman anggrek.

Harga tiket: Rp 6.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo, DI Yogyakarta.

3. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung PedutKredit Gambar: Google Maps Wisata Jogja

Air Terjun Kedung Pedut terletak di wilayah Kulon Progo, tepatnya di kabupaten Girimulyo. Air terjun ini sangat populer di kalangan wisatawan karena memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan air terjun lainnya. Asal muasal aliran air terjun ini dari Gunung Kapur sehingga memperlihatkan dua warna yang berbeda.

Aliran air yang berasal dari sumbernya berwarna putih bersih. Namun, ketika aliran air disambut ke dalam kolam alami, warna airnya berubah menjadi pirus. Ada berbagai fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun ini, seperti wahana flying fox, jembatan bambu, spot foto, dan chill spot.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Jl.Kutogiri Gunung Kelir, Bunga, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo, DI Yogyakarta.

4. Air Terjun Setawing

Air Terjun SetawingKredit gambar: Instagram ©️Point | fotografi hitam

Kulon Progo juga memiliki air terjun Setawing di kabupaten Girimulyo. Air terjun yang dikenal dengan nama Curug Setawing ini terletak di kawasan wisata yang sama dengan Bukit Menoreh. Daya tarik air terjun ini adalah bentuknya yang bertingkat dan tingginya bisa mencapai 45 meter.

Kolam airnya dangkal sehingga wisatawan bisa bermain air atau berenang dengan bebas di air terjun ini. Meski begitu, wisatawan harus berhati-hati dengan waktu berkunjung karena memasuki musim hujan debit air menjadi lebih besar dan arusnya juga menjadi lebih kuat dibandingkan pada musim kemarau.

Harga tiket: Rp 7.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Jl.Jonggrangan, Gendu, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo, DI Yogyakarta.

5. Kaskade Bunga Soka

Air Terjun Bunga SokaKredit gambar: Google Maps Hasim Ikhwanudin

Air Terjun Kembang Soka yang terletak di Kecamatan Girimulyo juga merupakan air terjun yang populer di kalangan wisatawan. Sama seperti Air Terjun Kedung Pedut, air terjun ini juga memiliki dua warna yaitu pirus dan putih. Panorama alam semakin indah dengan adanya batu alam berwarna kekuningan.

Bebatuan alam terletak di sisi air terjun. Nama air terjun ini karena tanaman soka yang tumbuh di aliran air terjun. Yang menarik dari air terjun setinggi 15 meter ini adalah airnya tidak langsung jatuh ke dalam cekungan, melainkan mengalir di atas bebatuan yang cukup jauh kemudian jatuh ke dalam cekungan.

Harga tiket: Rp 6.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Jl.Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo, DI Yogyakarta.

6. Air Terjun Sigembor

Air Terjun SigeborKredit gambar: Facebook Progomoto

Juga di kecamatan Girimulyo, air terjun Sigembor merupakan air terjun yang cukup unik karena lokasinya yang dekat dengan kawasan jalan raya. Sehingga pengguna jalan dapat mendengar suara air terjun saat melewati kawasan ini. Meski lokasinya dekat dengan jalan raya, wisatawan harus melewati jalan yang terjal untuk sampai ke sana.

Sepanjang perjalanan, Anda akan menyeberangi sungai kecil yang berhulu di air terjun Sigembor. Wisatawan yang penasaran dengan air terjun ini harus menempuh jalan yang licin dan terjal. Lokasi persisnya air terjun ini berada di pinggir jalan raya antara Waduk Sermo dan Gua Kiskendo.

Harga tiket: Rp 3.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Sumoroto, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulonprogo, DI Yogyakarta.

7. Air Terjun Goa Kebon

Air Terjun Goa KebonKredit gambar: Google Maps Verry Susanto

Air Terjun Goa Kebon tidak kalah menarik dari air terjun lainnya. Yang menarik dari air terjun ini adalah asal aliran airnya dari bebatuan kapur dan memiliki gua kecil di bagian bawahnya. Panorama air terjunnya terlihat seperti tirai putih dengan lubang di tengahnya sebagai pintu akses masuk ke dalam goa.

Dinamakan Goa Kebon bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan lokasi air terjun berada di tengah hutan yang dikelilingi oleh berbagai jenis tanaman dan pepohonan yang rimbun dan aliran air terjun mengalir melalui goa. Namun sayangnya, hanya sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaan air terjun di Goa Kebon ini.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Dukuh VII, Krembangan, Kec. Panjatan, Kab. Kulonprogo, DI Yogyakarta.

8. Air Terjun Kuncung Mas

Air Terjun Kuncung MasKredit gambar: Google Maps Wisata Kuncung Mas

Air Terjun Kuncung Mas terletak cukup dekat dan strategis dengan pemukiman penduduk. Dinamakan Kuncung Mas karena dulu banyak ikan mas yang hidup di dasar kolam, namun sekarang ikan-ikan itu sudah tidak ada lagi. Yang menarik dari air terjun ini adalah memiliki enam tingkat.

Karena itu, pesona alam yang disuguhkan sungguh luar biasa. Menariknya, di bagian bawah air terjunnya memiliki warna pirus, sehingga terlihat begitu eksotis. Kedalaman airnya cukup dangkal, sehingga wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan berenang di kawasan air terjun.

Harga tiket: Gratis; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo, DI Yogyakarta.

9. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun SidoharjoKredit gambar: Google Maps windu dolandolan

Air terjun yang terletak di kecamatan Samigaluh ini dikenal dengan nama Curug Sidoharjo atau Curug Perawan. Air terjun ini masih berada di kawasan yang sama dengan Bukit Menoreh. Panoramanya sangat indah seperti aliran air yang jatuh dari salah satu tebing tertinggi di Yogyakarta.

Di sana, wisatawan bisa berenang atau melakukan aktivitas lain di kaki air terjun. Hal ini dikarenakan kedalaman dasar air terjun yang cukup dangkal. Di dasar air terjun terdapat daerah berbatu datar yang terletak di dasar air terjun sehingga wisatawan dapat menikmati panorama alam yang indah selama berkunjung.

Harga tiket: Rp 3.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Sumoroto, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulonprogo, DI Yogyakarta.

10. Air Terjun Kalimiri

Air Terjun KalimiriKredit gambar: Twitter Piknikdong.com

Di kecamatan Girimulyo juga terdapat air terjun Kalimiri yang letaknya cukup dekat dengan lokasi air terjun Kembang Soka. Namun kondisinya kurang terawat, berbeda dengan Air Terjun Kembang Soka. Hal ini mungkin karena di Kulon Progo terdapat banyak air terjun yang harus dirawat.

Daya tarik air terjun ini adalah sedikit miring dan membentuk kemiringan, bukan 9 derajat. Ada banyak anak tangga yang bisa dinaiki dengan aliran air yang memiliki bebatuan berwarna coklat. Selain itu, aliran debit air yang besar tidak dapat menyebabkan batuan lereng tersebut tenggelam.

Harga tiket: -; Kasus: Cek lokasi
Alamat: daerah. Girimulyo, Kab. Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Beberapa air terjun yang melanda Kulon Progo menjadi destinasi liburan yang menarik. Selain mengunjungi pantai, wisatawan yang datang ke Kulon Progo juga dapat mengunjungi air terjun karena memiliki suasana yang berbeda dari pantai. Jangan lupa siapkan kamera karena panorama alam air terjun sangat indah di sana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button