Danau buatan Pekanbaru, panorama alam yang megah mampu memikat hati - WisataHits
wisatahits

Danau buatan Pekanbaru, panorama alam yang megah mampu memikat hati

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: daerah. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau; Kasus: Cek lokasi

Danau buatan Pekanbaru merupakan tempat wisata yang dulunya digunakan sebagai tempat irigasi dan kemudian disulap menjadi danau oleh pemerintah setempat. Danau ini menjadi terkenal setelah diadakan PON tahun 2012 di Provinsi Riau.

Keindahan tempat ini terletak pada letak geografisnya yang berada di tengah kota, serta jernihnya air danau. Akses menuju tempat ini juga cukup mudah, karena pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk sampai ke sana.

Pengunjung yang datang ke danau buatan Pekanbaru dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan seperti jembatan panjang menuju danau, serta toilet umum. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati panorama alam yang masih asri dari danau ini.

Atraksi yang dimiliki danau buatan

Atraksi danau buatanKredit Gambar: Instagram Sahala Pane

Danau buatan Pekanbaru terletak di Kecamatan Rumbai Timur dan di jalan lingkar kota Pekanbaru. Lingkungan yang asri membuat danau ini menarik bagi wisatawan lokal.

1. Pemandangan alam yang indah

Pekanbaru merupakan kota yang berhasil mendapatkan Piagam Adipura karena kebersihannya. Dan pemerintah daerah pun turut andil dalam keindahan lingkungan danau tersebut.

Lingkungan sekitar yang masih dipenuhi pepohonan rindang dan bunga-bunga yang tumbuh di sekitar danau bisa menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi air danau ini juga menyegarkan.

Pengunjung tidak akan bosan dengan pemandangan danau buatan Pekanbaru. Karena suasana di sekitar danau memang kondusif untuk bisa bersantai sejenak.

Danau ini juga cocok bagi pengunjung yang ingin mengadakan kegiatan seperti piknik keluarga. Hal ini dapat terjadi karena tepi danau memiliki ukuran yang besar.

2. Banyak spot foto menarik

Danau buatan Pekanbaru terkenal di kalangan wisatawan lokal sebagai tempat yang bagus untuk berfoto. Banyak spot foto yang tersedia gratis di danau ini.

Pengunjung bisa berfoto di jembatan yang membentang hingga ke danau, atau di pinggir danau. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di area sekitar danau.

Salah satu spot foto yang bagus adalah jembatan yang membentang di tengah danau. Ornamen jembatan ini sengaja diwarnai untuk menarik pengunjung.

3. Air jernih

Atraksi milik danau buatanKredit Gambar: Instagram Doni Samuel Sembiring

Air yang mengalir di danau ini sangat jernih hingga mencapai dasar danau. Oleh karena itu, pengunjung akan merasa nyaman saat berada di danau ini.

Ikan-ikan yang hidup di danau juga sering berenang kesana kemari. Hal ini dapat membuat pengunjung lebih nyaman untuk berlama-lama.

Pengunjung dapat menikmati air yang mengalir di Danau Pekanbaru buatan manusia sepanjang waktu. Hal ini karena curah hujan di daerah ini juga stabil sepanjang waktu.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan kebersihan air danau. Karena pemerintah sering mendorong pekerja untuk membersihkan toilet di sekitarnya.

4. Pemandangan Matahari Terbenam yang Menakjubkan

Saat sore hari telah tiba, pengunjung juga bisa menikmati sunset. Matahari terbenam akan membuat pengunjung betah.

Kawasan ini juga terkenal sebagai tempat anak muda menghabiskan waktu di sore hari untuk bersantai. Karena topografi yang luas berhasil mendukung panorama danau menjadi lebih indah.

Pengunjung bisa duduk dan menikmati sunset di dek. Atau bisa juga menikmati keindahan alam di pinggiran danau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat danau buatan PekanbaruKredit Gambar: Instagram Sumatra Indonesia

Untuk bisa sampai ke danau buatan Pekanbaru, pengunjung tidak perlu repot. Hal itu terjadi karena danau ini masih berada tepat di tengah kota.

Saat pengunjung datang, ada dua pilihan kendaraan yang bisa digunakan pengunjung, pengunjung bisa memilih naik angkutan umum seperti bus, angkot dan ojek. Atau menggunakan kendaraan pribadi pengunjung.

Pengunjung harus berkendara selama sekitar 20 menit untuk sampai ke danau ini. Dari pusat kota, pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Dari Pekanbaru, pengunjung harus menuju Jalan Jenderal Sudirman lalu berbelok sedikit ke utara. Setelah itu, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Jembatan Siak.

Setelah melintasi Jembatan Siak yang merupakan salah satu ikon Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pengunjung melanjutkan perjalanan menuju Jalan Sembilang. Kemudian, pengunjung akan tiba di Jalan Pramuka.

Di Jalan Pramuka, pengunjung akan menemukan belokan menuju salah satu yang mengarah ke danau buatan. Pengunjung cukup mengikuti rambu lalu pengunjung akan sampai di danau.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket danau buatan PekanbaruKredit gambar: Google Maps Frederick Tarigan

Untuk sampai ke danau buatan Pekanbaru, pengunjung dikenakan biaya Rp 5.000. Harga dapat berubah, jadi pastikan untuk membawa biaya tambahan sebelum masuk.

Begitu masuk, biaya parkir juga akan dibebankan kepada pengunjung. Jika pengunjung menggunakan mobil, dikenakan biaya Rp 5.000 dan untuk sepeda motor Rp 2.000.

Harga ini relatif murah dibandingkan dengan pemandangan yang didapatkan pengunjung setelah berada di dalam. Karena pemandangan di danau ini sangat indah untuk dinikmati.

Biaya lain yang harus dikeluarkan pengunjung adalah ketika pengunjung membeli makanan atau mainan dari pedagang di sekitar danau. Namun, itu adalah individu.

Harga sembako di pedagang sekitar telaga tidak jauh berbeda dengan harga sembako di luar dana. Begitu juga dengan harga mainan atau souvenir.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di danau buatan

Aktivitas di danau buatanKredit gambar: Google Maps Ikhsan Abdullah

1. Berenang di danau

Bagi pengunjung yang ingin berenang bisa menyewa jaket pelampung. Harga sewa bervariasi dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000 untuk setiap sewa.

Airnya yang jernih dan danau yang luas membuat pengunjung betah untuk berenang. Pengunjung juga bisa berenang ke tengah danau, asalkan tetap dalam pengawasan.

2. Piknik di tepi danau

Lahan yang tersedia di area sekitar danau dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai. Pengunjung dapat membawa perlengkapan piknik pribadi untuk menikmati pemandangan.

Bersantai di tepi danau sambil menikmati waktu bersama orang tersayang pasti bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika pengunjung menghabiskan banyak waktu dengan seseorang.

3. Memancing di danau

Banyak tempat di danau ini yang menyediakan tempat untuk memancing bagi pengunjung. Pengunjung dapat bergabung dengan perahu nelayan lokal atau memancing dari tepi danau.

4. Berburu Foto

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan foto yang sempurna, Anda bisa mencoba datang ke sini. Karena danau buatan Pekanbaru terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah.

Untuk mengambil foto yang bagus, pengunjung akan membutuhkan peralatan. Untuk itu, pengunjung harus membawa kamera yang mumpuni.

5. Nikmati masakan lokal

Kegiatan menarik di danau buatanKredit Gambar: Instagram Omikushi

Jika pengunjung ingin menikmati cita rasa lokal yang lezat, mereka bisa mencoba membeli makanan dari pedagang kaki lima. Di sekitar danau, banyak kios yang menawarkan makanan olahan kepada pengunjung.

Selain itu, harga yang ditawarkan oleh para penjual makanan juga tergolong murah. Karena pengunjung bisa membeli langsung dari pedagang.

6. Bermain air

Pengunjung tetap bisa menikmati wahana air yang tersedia di danau, meski tidak bisa berenang. Karena air di tepi danau tidak begitu dalam.

Pengunjung bisa masuk ke tepi danau dan kemudian bermain air bersama orang tersayang. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai permainan air yang tersedia.

Saat ini wahana air yang tersedia adalah kano. Pengunjung bisa menyewa sampan dari warga sekitar untuk berkeliling danau.

7. Mainkan ayunan

Di area sekitar danau terdapat wahana dimana pengunjung bisa bermain dengan bebas. Pengunjung tidak dikenakan biaya jika ingin bermain jungkat-jungkit.

Banyaknya pohon yang tumbuh mendukung ayunan yang akan dibuat. Hal ini karena lingkungan sekitar masih sangat asri.

Pengunjung dapat menemukan wahana ayunan di area sekitar danau. Khususnya di lingkungan sekitar pedagang lokal.

8. Beli mainan baru

Banyaknya pedagang di area sekitar danau juga menambah jenis barang yang dijual. Salah satunya adalah mainan menyerupai perahu besi berbahan bakar minyak.

Pengunjung bisa membeli mainan tersebut untuk nantinya pengunjung bisa bermain di danau. Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Fasilitas yang tersedia di area danau

Instalasi danau buatan PekanbaruKredit Gambar: Info Facebook PKU

Danau buatan Pekanbaru memiliki beberapa fasilitas yang dirancang khusus untuk pengunjung. Diantaranya toilet umum, tempat parkir, spot foto dan juga kavling yang luas.

Danau ini juga menawarkan fasilitas lain seperti warung milik pedagang lokal yang siap menyambut pengunjung. Di tempat ini juga terdapat tempat peribadatan bagi pengunjung.

Sebagai lokasi wisata yang baru beberapa tahun diapresiasi oleh masyarakat umum karena perhelatan PON di kabupaten Riau. Tentu saja fasilitas tersebut dinilai cukup lengkap.

Sejauh ini, pemerintah masih berusaha untuk memajukan sektor fasilitas yang tersedia. Salah satunya adalah dengan merenovasi teater di sekitar danau.

Itulah beberapa kelebihan, keindahan, aktivitas dan fasilitas danau buatan Pekanbaru. Sebagai tempat wisata lokal yang indah, tentunya tempat ini bisa masuk dalam daftar keinginan pengunjung sebagai destinasi wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button