10 Pantai Indah Di Sumatera Barat - WisataHits
wisatahits

10 Pantai Indah Di Sumatera Barat

10 Pantai Indah Di Sumatera Barat

Ingin liburan hangat di pantai? Ini daftar wisatanya Pantai terindah di Sumatera Barat. Obyek wisata bahari AgungEksotik dan Terhmiliknya Hal-hal menarik untuk ditemukan saat liburan.

Berbicara tentang keindahan pantai di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Seperti halnya provinsi Sumatera Barat yang sejak lama dikenal sebagai daerah yang kaya akan budaya, alam, dan gastronomi yang melimpah dan lengkap. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Kerajaan Minang.

Salah satu hal yang paling banyak dicari oleh para traveller adalah wisata bahari. Sumatera Barat memiliki deretan pantai indah yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang tentunya layak untuk dikunjungi.

1. Pantai Air Manis

Fasilitas Pantai Air Manis PadangKredit gambar: Google Maps SA

Wisata laut pertama yang wajib Anda kunjungi saat liburan di Sumatera Barat adalah Pantai Air Manis di wilayah Padang. Anda tentu ingat dengan legenda malin kundang yang bercerita tentang seorang saudagar kaya yang kemudian dikutuk menjadi batu oleh ibunya karena pernah menjadi anak yang durhaka.

Di Pantai Air Manis terdapat sebuah relief batu yang jika diperhatikan dengan seksama tampak seperti kapal pecah dan orang yang telungkup di atas pasir pantai. Relief tersebut konon merupakan perwujudan dari Malin Kundang. Keberadaan batu malin kundang inilah yang sukses menarik wisatawan berbondong-bondong datang ke sini.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Pantai Air Manis, RT.1/RW.1, Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

2.Pantai Padang

Pantai Padang MelangKredit gambar: Google Maps Aries Andjar

Pantai selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah pantai Padang yang berada di pusat kota Padang sehingga akses menuju lokasi pantai sangat mudah untuk dilalui. Wisata bahari ini cukup berbeda dengan pantai lainnya, karena Pantai Padang sudah mengalami perkembangan yang lebih modern.

Dengan demikian, di pantai ini Anda bisa menemukan berbagai fasilitas yang memadai, mulai dari pusat kuliner hingga taman bermain anak. Selain fasilitas yang lengkap, panorama pantainya juga patut dikagumi. Perbukitan hijau yang dikenal dengan nama Gunung Padang di sekitar pantai membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menyegarkan.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

3. Pantai Karolina

Pantai KarolinaKredit gambar: Google Maps Ade QlinikPhone

Pantai Caroline yang berada di kawasan Teluk Bungus menjadi bukti bahwa keindahan alam Sumatera Barat tidak perlu diragukan lagi. Pantai ini dulunya dikenal sebagai pantai pribadi karena sepi pengunjung. Namun kini Pantai Caroline selalu terlihat ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Kota Padang.

Keunikan yang bisa menarik wisatawan untuk mampir ke sini adalah garis pantai yang membentuk huruf W, atau berbentuk hati jika dilihat dari atas menggunakan drone. Selain itu, ombaknya yang cukup tenang juga sangat digemari oleh para pengunjung karena mereka bisa bermain air dengan senangnya dari tepi pantai.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, kota Padang, Sumatera Barat.

4. Pantai Nirwana

Atraksi di Pantai NirwanaKredit gambar: Google Maps Indra Hutagalung

Pantai Nirwana merupakan tempat wisata yang cocok bagi pecinta fotografi karena objek wisata ini menawarkan pemandangan sunset yang merupakan salah satu spot terbaik dan favorit untuk hunting foto kecil-kecilan di daerah Padang. Pantai Nirwana memiliki ombak yang relatif tenang, jadi bermain air sepuasnya.

Selain itu, hamparan pasir putihnya yang bertekstur halus juga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sini, menikmati pasir halus di kaki. Menariknya, dari kawasan pantai Nirwana, Anda bisa melihat deretan kapal yang berjejer rapi di Pelabuhan Teluk Bayur yang keluar masuk pelabuhan.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

5. Pantai Pasumpahan

Pantai PasumpahanKredit gambar: Google Maps Dhedi Saputra

Apalagi ada Pantai Pasumpahan yang juga tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke provinsi Sumatera Barat. Pantai yang berada di Pulau Pasumpahan ini merupakan salah satu pantai wisata bahari dengan panorama alam Padang yang terindah. Di destinasi ini, Anda tidak hanya dimanjakan oleh hamparan pasir putih halus, tetapi juga hamparan laut yang eksotik.

Laut Pantai Pasumpahan memiliki warna kebiruan yang sangat jernih, dimana Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang mempesona. Ditambah dengan pemandangan lanskap perbukitan hijau yang mengelilingi pantai, sungguh menakjubkan dan begitu menyegarkan sejauh mata memandang.

Harga tiket: Rp35.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Pisang River, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, kota Padang, Sumatera Barat.

6. Pantai Pasir Jambak

Pantai berpasir JambakKredit gambar: Google Maps Eza Lenza

Pantai Pasir Jambak terkenal dengan keindahan alamnya yang mampu memukau setiap orang yang melihatnya. Pantai ini juga menjadi salah satu tujuan wisata andalan di Padang saat liburan tiba. Pantai Pasir Jambak sendiri hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Padang, sehingga cukup mudah ditemukan.

Di Pantai Pasir Jambak, Anda bisa bermain air sepuasnya ditemani deburan ombak pantai yang tenang dan semilir angin pantai yang begitu menyegarkan. Selain pemandangan alamnya yang indah, wisata bahari ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, mulai dari toilet bersih, flushing room, dan lainnya.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, kota Padang, Sumatera Barat.

7. Pantai Gandoriah

Pantai GandoriahKredit gambar: Google Maps Fajar Aditya Emozha

Pantai Gandoriah berada di kawasan Padang Pariaman dan menjadi salah satu destinasi wisata bahari di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi. Asal usul nama pantai ini sendiri memiliki cerita menarik di baliknya. Dimana nama Gandoriah merupakan nama seorang gadis dalam cerita rakyat Minangkabau.

Perjalanan cinta Gandoriah dan Anggun Nan Tongga diabadikan atas nama pantai ini, dan hotel Nan Tongga yang merupakan hotel tertua di Pariaman terletak di dekat pantai. Terlepas dari legendanya, pantai ini menawarkan panorama alam yang begitu unik. Setidaknya ada gugusan 6 pulau kecil yang terlihat begitu indah menghiasi cakrawala.

Selain pemandangan laut lepas yang memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang sangat cocok dijadikan latar foto, di pantai ini juga terdapat monumen berbentuk tangki. Tugu tersebut diberi nama Tugu Perjuangan TNI Angkatan Laut Kota Pariaman yang juga dijadikan sebagai obyek hunting foto yang Instagramable.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

8. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata PariamanKredit gambar: Google Maps alfonsus leonard

Pantai Kata merupakan kebanggaan masyarakat Pariaman, nama pantainya sendiri diambil dari nama dua kelurahan yang ada di kota Pariaman. Nama daerah yang dimaksud adalah Desa Karan Aur dan Desa Taluak, sehingga kata Ka berasal dari Karuan Aur dan Ta berasal dari Taluak. Kini pantai Kata ini menjadi salah satu spot favorit wisatawan yang berkunjung.

Bagi Anda yang sedang mencari spot foto yang instagramable, mengunjungi pantai Kata ini sangat direkomendasikan. Karena di wisata ini kamu bisa menemukan banyak spot foto estetik yang bisa diabadikan dan diabadikan dalam sebuah potret. Selain itu, Pantai Kata juga memiliki hutan pinus hijau yang rindang sehingga membuat suasana di sekitarnya menjadi lebih sejuk.

Pantai Kata Pariaman juga menjadi salah satu tempat menikmati sunset yang menjadi favorit warga setempat. Indahnya matahari terbenam berwarna ungu terbit di atas laut dan pemandangan perahu nelayan yang berlayar menjauh dari bibir pantai menjadi pemandangan eksotik yang sayang untuk dilewatkan.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Taluk, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

9. Pantai Cermin

Cermin PantaiKredit gambar: Google Maps Uda_Redo Resmi

Wisata bahari lain yang terletak di Pariaman, Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Cermin. Letak pantai ini hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota Pariaman dan secara administratif tepat berada di Desa Karan Aur. Anda hanya perlu berkendara sekitar 15-20 menit dari pusat kota jika ingin mengunjungi pantai ini.

Begitu sampai di pantai, Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang memiliki dataran landai yang di sekelilingnya ditumbuhi pohon kelapa dan pinus yang rindang. Sungguh potensi alam yang begitu menarik untuk disaksikan dan dinikmati. Sejauh mata memandang, pemandangan alam yang menghijau dijamin menyegarkan mata.

Di pantai Cermin, Anda bisa duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan hamparan laut yang luas dan indah. Selain itu di sini Anda juga bisa mencoba bermain air atau berenang, karena ombaknya cenderung tenang dan tidak besar. Namun jika ingin berenang, selalu waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Karan Aur, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

10. Pantai Ketapiang

Pantai KetapangKredit gambar: Google Maps Masril Rustam

Terakhir, Pantai Ketapiang atau sering juga disebut Pantai Katapiang yang juga tidak boleh dilewatkan saat berada di Sumatera Barat. Pantai ini tidak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau, yaitu hanya berjarak sekitar 9 kilometer. Namun jika dilihat dari pusat Kota Pariaman, pantai ini memang letaknya lebih jauh dari pantai-pantai lainnya.

Hampir mirip dengan Pantai Cermin, Pantai Ketapiang juga dipenuhi pepohonan yang tumbuh subur. Ada juga beberapa area yang sengaja ditanami rerumputan yang terlihat begitu terawat. Sehingga suasana pantai menjadi sangat sejuk dan menyegarkan, ditambah dengan tiupan angin pantai yang khas membuat deretan pepohonan beriak indah.

Dengan suasana yang tenang, Pantai Ketapiang ramai dikunjungi saat akhir pekan atau saat musim liburan. Di pantai ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pantai yang seru, seperti bermain layang-layang. Angin kencang di kawasan pantai bisa membuat kegiatan bermain layang-layang semakin seru.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Katapiang, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Itulah beberapa pantai terbaik yang ada di provinsi Sumatera Barat. Meski belum banyak diketahui masyarakat luar, deretan pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memberikan pemandangan laut lepas yang begitu eksotis. Pantai-pantai indah ini sangat layak menjadi tujuan liburan Anda selanjutnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button