Inilah 10 kota teraman di Indonesia, termasuk kota-kota di Sumatera yang berusia lebih dari 1.000 tahun - WisataHits
Jawa Tengah

Inilah 10 kota teraman di Indonesia, termasuk kota-kota di Sumatera yang berusia lebih dari 1.000 tahun

Jakarta, Padangkita.com – Kejahatan adalah sesuatu yang bisa terjadi di mana saja, kapan saja. Berbagai kejahatan juga sering terjadi di Indonesia. Namun Anda tidak perlu khawatir karena hingga saat ini masih ada beberapa daerah yang masuk dalam kategori kota teraman di Indonesia.

Menurut survei Ikatan Ahli Perencanaan atau IAP, ada beberapa kota di Indonesia yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi.

Berikut ini adalah daftar kota yang memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi atau teraman di Indonesia.

1. Kota Denpasar

Simbol kota Denpasar. [Foto: denpasar.go.id]Pertama adalah Denpasar, kota teraman di Indonesia. Kota ini merupakan ibu kota provinsi Bali.

Tingkat keamanan yang tinggi membuat Denpasar menjadi tempat tinggal banyak orang, tidak hanya Denpasar juga dikenal dengan destinasi wisata alamnya yang indah.

Jadi ketika kita tinggal di tempat ini, kita tidak hanya merasa aman, tapi juga nyaman dan tenang.

2.Palembang

Jembatan Sungai Mus Palembang. [Foto: palembang.go.id]Palembang adalah ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang adalah kota teraman di Indonesia. Hal ini dikarenakan Palembang memiliki struktur kota yang mendukung keselamatan masyarakatnya.

Palembang dikenal tidak hanya sebagai kota teraman tetapi juga sebagai kota tertua di Indonesia. Dari bukti sejarah, kota ini diketahui berusia lebih dari 1.000 tahun.

Tidak hanya itu, Palembang juga merupakan kota bersejarah karena pernah menjadi ibu kota Kerajaan Sriwijaya.

3.Banjarmasin

Kota Banjarmasin. [Foto: Dok. getborneo]Banjarmasin merupakan salah satu kota dan ibu kota provinsi Kalimantan Selatan serta salah satu kota teraman di Indonesia dengan luas wilayah 98,46 km².

Kota ini tidak hanya aman tetapi juga memiliki fasilitas umum yang mendukung kehidupan masyarakat setempat.

4.Balikpapan

Kota Balikpapan. ilustrasi [Foto: Ist]Masih dari pulau Kalimantan, kali ini Balikpapan yang masuk dalam kelompok kota teraman di Indonesia berikutnya. Balikpapan adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur, keamanan ini menjadikan Balikpapan tempat yang cocok untuk ditinggali.

Selain aman, angka kemiskinan di Balikpapan juga sangat rendah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Maret 2021, Kota Balikpapan merupakan kota dengan tingkat kemiskinan terendah di Kalimantan Timur, dimana angka kemiskinan di kota ini hanya berkisar 2,89%.

5.Semarang

Kota Semarang dari udara. [Foto: semarangkota.go.id]Di urutan kelima adalah Semarang sebagai kota teraman di Indonesia. Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini memiliki fasilitas umum yang menunjang kehidupan masyarakat.

Semarang bukan hanya kota yang aman untuk ditinggali, tapi juga kota dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di Jawa Tengah. Pada tahun 2020, berdasarkan harga berlaku, nilai Produk Domestik Bruto Daerah (PDRB) Kota Semarang sebesar Rp 189,26 triliun.

6. Yogyakarta

Keindahan salah satu sudut jalan di kota Yogyakarta. [Foto: pmperizinan.jogjakota.go.id]Yogyakarta juga merupakan wilayah Indonesia yang memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi. Mengunjungi kawasan ini tidak hanya membuat Anda merasa aman tetapi juga membuat Anda nyaman dengan kondisi lingkungan dan masyarakat setempat.

Yogyakarta juga memiliki beberapa tempat wisata yang cocok sebagai tujuan wisata. Sayangnya, wilayah ini memiliki pertumbuhan ekonomi paling rendah di Pulau Jawa. Menurut data BPS, perekonomian Yogyakarta hanya Rp 149,37 triliun berdasarkan produk domestik bruto atas dasar harga berlaku tahun 2021.

7. Solo

Stasiun solo balap. [Foto: indonesia.go.id]Kota teraman kedua di Indonesia adalah Lota Surakarta atau Solo di Provinsi Jawa Tengah. Tidak hanya aman, biaya hidup di kota ini juga sangat terjangkau, membuat banyak orang merasa nyaman dan tenang di kota ini.

Solo juga merupakan tempat kelahiran Presiden ke-7 Republik Indonesia yaitu Joko Widodo.

Baca Juga: 10 Provinsi Dengan Pencakar Langit Terbanyak di Indonesia

Inilah 7 kota teraman di Indonesia berdasarkan hasil survei Asosiasi Ahli Perencanaan. Bagaimana menurut kalian, yuk kita bahas di kolom komentar. [isr]

*) BACA informasi terpilih lainnya dari Padangkita di Google News

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button