Pulau Derawan, pulau eksotis yang tersembunyi di Kalimantan Timur - WisataHits
wisatahits

Pulau Derawan, pulau eksotis yang tersembunyi di Kalimantan Timur

Pulau Derawan salah satu destinasinya berperahu populer di Kalimantan Timur karena pesona alamnya. Pulau eksotik yang memiliki taman bawah laut menakjubkan yang menarik untuk dijelajahi saat berlibur.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kepulauan Derawan, Kec. Derawan, Kab. Berau, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Untuk kamu yang sayang bepergian, Pulau Derawan merupakan salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi. Destinasi menarik ini terletak di provinsi Kalimantan Timur. Lokasinya yang jauh dari kehidupan kota menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai.

Di pulau yang indah ini, Anda bisa menikmati kunjungan ke pantai-pantai yang menawan dan mempesona. Sebagai negara kepulauan dengan berbagai pesona, wisata bahari juga dikelilingi oleh gugusan pulau yang tak kalah mempesona. Alam yang indah dan udara yang segar menjadi daya tarik yang ditawarkan oleh pulau cantik ini.

Pulau Derawan juga menawarkan panorama laut yang eksotis dengan biota laut unik yang cukup langka. Dengan kekayaan alam yang masih asri dan terjaga, pulau ini layak disebut sebagai surga tersembunyi yang wajib Anda kunjungi. Agar tidak penasaran, yuk simak ulasan Pulau Derawan berikut ini.

Daya Tarik Pulau Derawan

Aktivitas Pulau DerawanKredit gambar: Google Maps mario

Pulau Derawan adalah sebuah kepulauan yang terletak di Berau, Kalimantan Timur. Tempat ini memiliki sejumlah tempat wisata bahari yang menakjubkan. Destinasi paling menarik bagi wisatawan adalah taman bawah laut yang dikenal bahkan oleh wisatawan asing.

Pesona alam bawah laut yang ditawarkan mampu memukau siapa saja. Gugusan karang dengan berbagai bentuk dan biota laut yang unik membuat liburan di pulau eksotis ini sangat berkesan. Anda bisa menjadikan kegiatan ini wajib untuk membuat liburan lebih menyenangkan, apalagi jika Anda melakukannya bersama keluarga.

Daya tarik lain dari pulau ini adalah gugusan pulau-pulau kecil dan perairannya yang biru jernih. Gradasi warna air laut dan pasir putih pantai Kepulauan Derawan menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Derawan

Alamat Pulau DerawanKredit gambar: Google Maps Jeng Taiwan

Pulau cantik ini terletak di Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Akses menuju Pulau Derawan dapat dilakukan melalui dua jalur yaitu jalur darat dan jalur udara. Untuk jalur darat, Anda bisa memulai perjalanan dari Tarakan. Setelah itu, menuju Pelabuhan Tengkayu dan terhubung ke area pulau menggunakan speedboat.

Sedangkan untuk jalur udara, Anda bisa naik pesawat menuju Berau kemudian melanjutkan perjalanan dengan mobil menuju pelabuhan Tanjung Batu selama dua hingga tiga jam. Sesampainya di Tanjung Batu, perjalanan dilanjutkan dengan naik speedboat menuju Pulau Derawan dengan waktu tempuh antara 30 hingga 45 menit.

Meski cukup melelahkan, perjalanan menuju pulau cantik ini tidak akan mengecewakan. Panorama alam yang masih asli dan perairan biru yang luas akan menemani Anda selama perjalanan. Begitu sampai di pulau ini, segala penat selama perjalanan akan terbayar dan hilang dengan menyaksikan pesonanya.

Biaya perjalanan ke pulau eksotik Kalimantan Timur

Biaya pulau yang murah hatiKredit gambar: Google Maps Zulfahmi Purba

Biaya yang dikeluarkan untuk sewa mobil (carter) dari Bandara Berau ke Pelabuhan Tanjung Batu kurang lebih Rp 200.000 per orang. Sedangkan biaya naik speedboat dari Pelabuhan Tanjung Batu ke Pulau Derawan sekitar Rp 100.000 per orang.

Harap diperhatikan bahwa biaya untuk sampai ke lokasi pulau dapat berubah. Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk pergi ke tempat ini, ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu. Alternatif lain, agar lebih nyaman, Anda bisa mengikuti travel agent yang sudah mengatur transportasi dan semacamnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Derawan

Aktivitas di Pulau DerawanKredit gambar: Google Maps Purnomo Sri Herlambang

1. Menyenangkan berenang dengan ubur-ubur

Seperti disebutkan sebelumnya, pesona pulau ini adalah kehidupan bawah lautnya yang unik. Di tempat ini Anda bisa berenang bersama ubur-ubur di danau. Tidak perlu khawatir tersengat karena ubur-ubur air tawar di tempat ini tidak akan menyengat.

Hidup di danau dan tanpa pemangsa menjinakkan ubur-ubur tempat ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan yang harus dilakukan dan dikunjungi selama liburan di pulau Derawan ini.

2. Bersepeda keliling pulau

Jika Anda ingin bersantai sambil menikmati sejuknya angin pulau, aktivitas ini sepertinya pilihan yang tepat. Naik sepeda santai di sekitar pulau yang mempesona ini adalah pilihan yang baik.

3. Menyelam dengan pari manta

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan adalah menyelam bersama pari manta. Ikan ini merupakan jenis ikan pari raksasa yang hanya ditemukan di perairan tertentu. Akan sangat beruntung jika bisa bertemu dan berenang bersama ikan langka ini.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat keindahan alam bawah laut dan berbagai terumbu karang di perairan Derawan. Karang yang unik dengan berbagai ukuran dan warna-warni ikan di sini akan membuat Anda ragu untuk pergi.

4. Saksikan penyu di pusat konservasi

Aktivitas seru selanjutnya yang bisa dilakukan di Pulau Derawan adalah mengunjungi pusat konservasi penyu. Di sini kamu bisa mendapatkan ilmu dan petualangan liburan baru, seperti melihat penyu bertelur dan menyaksikan langsung aktivitas seru yang dilakukan penyu.

Selain melihat penangkaran penyu, Anda juga bisa datang dan melepas bayi penyu atau tukik yang siap dilepasliarkan ke laut. Kegiatan ini menjadi pilihan wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke pulau ini.

5. Segarkan pikiran dan tubuh di Danau Labuan Cermin

Pernahkah Anda melihat danau atau air yang begitu jernih sehingga Anda bisa membuatnya berpikir? Jika tidak, Danau Labuan Cermin wajib dikunjungi. Danau ini memiliki air yang jernih dan bahkan bagian bawahnya dapat terlihat dengan jelas.

Hanya danau ini yang memiliki dua jenis air yang berbeda. Di dasar danau terdapat air tawar dan di permukaannya terdapat air asin, sehingga tidak heran jika banyak orang menyebutnya sebagai Danau Dua Rasa.

Berkunjung ke tempat ini tidak akan lengkap jika tidak langsung merasakan kesejukan. Anda bisa berenang sambil menikmati jernihnya air Labuan Cermin atau bersantai berfoto di tepian pantai.

6. Bersantai dan bermain pasir

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Derawan, Anda akan disambut dengan pasir putih yang lembut. Apalagi airnya yang jernih dan pepohonan yang rindang selalu menyambut setiap orang yang datang ke pulau ini.

7. Mengisi perut dan berburu memori

Puas bermain dan berkeliling pulau, Anda bisa berwisata kuliner di beberapa restoran yang ada di pulau ini. Menikmati makanan lezat yang menghadap ke laut akan menambah nafsu makan Anda.

Sambil menunggu matahari terbenam, Anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk berburu oleh-oleh untuk orang tersayang di kampung halaman. Oleh-oleh khas pulau dan Kalimantan Timur ini bisa ditemukan di toko-toko yang berjejer di alun-alun.

8. Menikmati matahari terbenam

Selain bermain di pantai dan menyelam, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam sambil bersantai di pantai. Rona oranye yang terpantul dari lautan dan beberapa pohon akan menjadi penutup yang sempurna untuk hari itu.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Derawan

Penginapan Murah di Pulau DerawanKredit gambar: Twitter Dedi Iswandi

1. Resor Selam Derawan

Resor tepi laut ini akan memanjakan Anda dengan layanan dan pemandangannya. Lokasinya yang dekat dengan dermaga dan tepat di depan spot snorkeling membuat hostel ini menjadi favorit para wisatawan.

2. Resor Maratua Pratasaba

Menghabiskan malam di hostel terapung akan menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan. Anda bisa bermalam dan menyaksikan matahari terbit dengan jelas dari hostel ini. Maka tidak salah jika Anda memilih tempat ini untuk bermalam di Derawan.

3. Penginapan Selam Derawan

Hostel ini memiliki desain yang menarik. Bangunan penginapan terapung yang didominasi kayu ini bisa dijadikan tempat singgah dan bermalam di Pulau Derawan. Segera setelah Anda bangun, Anda akan disambut oleh air yang jernih dan sinar matahari yang bersinar.

4. Stasiun Nirvana Maratua Green

Resor tepi laut ini menawarkan akomodasi dengan pemandangan yang menakjubkan. Di tempat ini, Anda dapat menikmati hamparan laut yang luas di atas restoran atau gazebo yang disediakan oleh resor.

5. Maratua Paradise Resort

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Maladewa untuk merasa seperti sedang menginap di resor tepi pantai. Datang saja ke pulau ini dan menginap di hostel ini, Anda akan merasa seperti sedang tinggal di luar negeri. Bosan dengan suasana ruangan, Anda bisa bersantai atau berjemur di kursi sambil menikmati sejuknya angin laut.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Derawan

Fasilitas Pulau DerawanKredit gambar: Google Maps Reza A kilo

Meski Pulau Derawan jauh dari pusat kota, tempat ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dan elegan. Mulai dari akomodasi, restoran mewah dan beberapa tempat persewaan sepeda. Selain itu, tempat ini juga memfasilitasi wisatawan yang ingin snorkeling, menyelam atau menikmati wahana air lainnya seperti kano, naik perahu, banana boat.

Demikian ulasan tentang Pulau Derawan di Kalimantan Timur. Bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana liburan yang tenang, tempat indah ini bisa direkomendasikan karena menyimpan pesona alam eksotis surga yang tersembunyi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button