Kunjungan wisatawan mancanegara ke Goa Jomblang Gunungkidul mulai pulih - WisataHits
Jawa Tengah

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Goa Jomblang Gunungkidul mulai pulih

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Wisatawan yang berkunjung ke Gua Jomblang atau kawasan Luweng Jomblang di Jetis Wetan Padukuhan, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai meningkat. Namun, jumlahnya dikatakan belum kembali normal seperti sebelum pandemi Covid-19.

Karena dulu banyak turis asing yang datang ke destinasi ini. Sementara kunjungan wisman belum sepenuhnya pulih.

“Di sini sebagian besar pengunjung adalah turis asing dan beberapa negara masih memberlakukan aturan bahwa mereka tidak boleh datang ke Indonesia. Tapi sedikit demi sedikit sudah ada yang datang ke sini,” kata salah satu tokoh Luweng Jomblang, Budiyanto, kepada wartawan, Sabtu (10/9/2022).

Baca Juga: 5 Tempat Melihat Sunrise di Gunungkidul Yogyakarta

Pada awal pandemi, Gua Jomblang ditutup selama tiga bulan. Di masa-masa awal pandemi, pengunjung destinasi ini juga didominasi wisatawan domestik.

Meski jumlah kunjungan wisatawan mancanegara kini hanya sekitar 30 orang per hari, namun angka tersebut tetap patut disyukuri.

“Untuk sekarang Terima kasih Tuhan sudah membaik, rata-rata 30 orang sehari, tapi ya masih naik turun,” lanjutnya.

Tarif Goa Jomblang

Budiyanto mengatakan, tiket masuk Gua Jomblang sebesar Rp 500.000 per orang. Tarif ini sudah termasuk aktivitas menuruni goa Goa Grubuk untuk mengalami fenomena sinar matahari atau “cahaya surga”.

“Lebih baik datang ke Luweng Jomblang antara pukul 08.00 – 09.00. Kebanyakan turis asing datang,” kata Budiyanto.

Baca Juga: Itinerary One Day Tour di Gua Pindul, Gunungkidul, Bisa Turun Gua

Pengunjung dapat melakukan reservasi melalui nomor WhatsApp atau media sosial Goa Jomblang.

Gua Jomblang adalah salah satu ikon Geopark Gunung Sewu di Gunungkidul. Geopark terdiri dari 13 geosite antara lain Pantai Baron Kukup Krakal, Hutan Wanagama, Hutan Turunan, Gua Ngingrong, Gua Jlamprong, Air Terjun Bleberan, Lembah Bengawan Lama Solo, Pantai Siung Wediombo, Gua Jomblang, Luweng-Kali-Suci, Sedimen laut Miosen Awal ( Formasi Sambipitu) dan gunungapi Miosen Awal (Formasi Nglanggran).

Baca Juga: 7 Wisata Dekat Gua Pindul, Gunungkidul Cocok Untuk Pecinta Alam

Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian mengatakan kunjungan ke Kabupaten Gunungkidul telah kembali normal setelah pelonggaran. Selain itu, Pemkab Gunungkidul tidak memungut kenaikan retribusi di kawasan wisata.

“(Kunjungan wisatawan) sudah mulai normal kembali,” kata Arif belum lama ini.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button