Danau Arwana Cibubur, taman air dan lembaga pendidikan favorit di Depok - WisataHits
wisatahits

Danau Arwana Cibubur, taman air dan lembaga pendidikan favorit di Depok

Danau Arwana Cibubur, taman air dan lembaga pendidikan favorit di Depok

Telaga Arwana Cibubur merupakan pilihan tempat wisata yang sarat akan aktivitas rekreasi air, seperti memancing, berenang, dan menangkap ikan.

Harga tiket: Rp 8.000 Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Raya Pd. Ranggon, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Banyak tempat wisata di Jabodetabek menawarkan aktivitas wisata yang seru dan mendidik. Salah satunya adalah Danau Arwana, Cibubur, Kota Depok. Sampai saat ini mungkin banyak orang yang hanya mengetahui danau ini sebagai tempat memancing dengan kolamnya yang terkenal yaitu kolam galatama. Namun, sebenarnya danau ini lebih dari sekadar tempat memancing.

Telaga Arwana menawarkan banyak fasilitas wisata dan rekreasi dan hampir semua fasilitas tersebut ramah anak dan aman. Fasilitas ini memungkinkan wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan mengasyikkan. Sehingga, banyak wisatawan yang datang ke sini bersama keluarga.

Selain itu, banyak juga rombongan guru dan anak sekolah yang datang ke Telaga Arwana. Mereka datang ke sini untuk berwisata sambil belajar dan mengasah keberanian. Selain memiliki banyak fasilitas wisata dan rekreasi, tempat wisata seru ini juga memiliki fasilitas pendukung yang bisa membuat wisatawan semakin senang berkunjung ke sana.

Daya tarik milik Danau Arwana Cibubur

Daya Tarik Danau Arwana CibuburKredit gambar: Google Maps Annida Karimah

Danau Arwana bisa dibilang sebagai tempat wisata air dan budidaya ikan Arwana. Wisatawan tidak akan menemukan danau alami di kawasan wisata ini. Meski begitu, ada banyak tempat wisata air yang cocok untuk kegiatan rekreasi anak-anak dan orang dewasa di sini. Apa saja daya tarik danau ini?

✦ Tempat Keluar

Titik awal Telaga Arwana menawarkan aktivitas wisata yang penuh keramahan dan pengalaman seru. Kawasan ini menawarkan banyak atraksi menarik, seperti kelelawar buah dan jembatan tali. Butuh keberanian ekstra untuk mencoba wahana ini. Namun, anak-anak tidak perlu takut karena kendaraan ini dilengkapi dengan keamanan yang memadai.

✦ Kolam renang anak

Salah satu atraksi air dari danau ini adalah kolam renang anak. Kolam dangkal dilengkapi dengan seluncuran air dan ember air raksasa. Anak-anak biasanya sangat suka bermain di kolam ini. Orang tua juga dipersilakan masuk ke kolam ini untuk menemani anak-anak yang masih membutuhkan pengawasan ekstra untuk bermain air.

✦ Kunjungan pendidikan

Wisata edukasi di Telaga Arwana Cibubur dapat dijadikan sebagai tempat belajar pertanian dan perikanan serta mengembangkan kreativitas. Wisata edukasi ini mencakup banyak wahana edukasi, seperti mewarnai topi, membajak sawah dan menangkap ikan.

✦ Lapangan futsal

Danau Arwana juga menawarkan daya tarik bagi anak muda, khususnya anak muda. Atraksi ini merupakan lapangan futsal indoor. Lapangan hampir selalu dipadati pemain muda pada akhir pekan. Yang menggunakan lapangan ini tidak hanya klub futsal tetapi juga kelompok futsal anak sekolah dan warga biasa.

✦ Budidaya Ikan Arwana

Para pecinta ikan hias khususnya ikan arwana biasanya tertarik datang ke danau ini untuk melihat budidaya ikan arwana. Ikan Arwana di sini berasal dari spesies cantik yang mulai langka. Dengan menyaksikan hasil ikan arwana di penangkaran, wisatawan bisa belajar lebih jauh tentang perawatan dan budidaya ikan ini.

✦ Wisata kuliner

Danau Arwana tidak hanya terkenal dengan kolam pemancingan dan budidaya arwana saja, namun danau ini juga terkenal dengan wisata kulinernya. Di sini berdiri restoran terkenal yaitu Gubug Makan Mang Engking yang menyajikan menu-menu lezat. Apalagi suasana restoran ini membuat wisatawan benar-benar betah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Telaga Arwana CibuburKredit gambar: Google Maps Tuan Exo

Setelah berkenalan dengan banyak objek wisata, wisatawan pasti ingin mengunjungi kawasan wisata yang menawan ini. Tapi, di manakah lokasi Danau Arwana? Lokasi di Jl. Jambore, Pondok Rangon, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai kawasan danau.

Cara pertama adalah dengan naik bus menuju Terminal Jakarta Timur. Setelah turun di terminal ini, lanjutkan perjalanan menuju Telaga Arwana dengan menggunakan angkutan jalur. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, silakan ambil rute melalui Tol Jagorawi dan keluar di Tol Cibubur.

Setelah keluar dari tol, arahkan kendaraan menuju Kota Wisata. Sampai di SPBU Petronas, ambil jalan menuju Pondok Rangon. Danau ini hanya berjarak sekitar 1 km dari kawasan tersebut. Saat berwisata ke tempat wisata seru ini, ingatlah untuk berangkat agak pagi agar terhindar dari kemacetan lalu lintas.

Harga tiket masuk dan jam buka

Untuk masuk ke kawasan wisata Telaga Arwana, setiap wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 8.000. Untuk mengikuti kegiatan outbond, wisatawan harus membayar Rp 30.000. Sedangkan untuk mencoba flying fox dikenakan biaya Rp 80.000 per turis.

Perjalanan memancing bisa dinikmati dengan membayar Rp 20.000/20 menit. Apalagi ada juga sepeda gunung yang bisa disewa dengan harga Rp 10.000 per orang. Namun, wisatawan tidak bisa mengunjungi tempat wisata seru ini setiap hari karena kawasan danau hanya dibuka pada hari Selasa hingga Minggu antara pukul 09:00 hingga 17:00.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan menarik Danau Cibubur ArwanaKredit gambar: Google Maps Ariyadi Kusuma

Banyaknya wahana dan fasilitas wisata yang ada di Danau Arwana membuat wisatawan bisa melakukan banyak hal saat mengunjunginya. Akibatnya, wisatawan mungkin membutuhkan sepanjang hari untuk menikmati semua aktivitas wisata yang ditawarkan tempat wisata menarik ini. Apa kegiatan ini? Ini beberapa.

1. Mancing di Danau Arwana

Kolam Galatama di Telaga menawarkan pengalaman memancing yang memuaskan dan menyenangkan. Tambak ini cukup besar dengan sekitar 100 stasiun pemancingan. Semua warung ini biasanya terisi penuh saat liburan panjang dan akhir pekan. Hanya dengan Rp 20.000, wisatawan bisa menyewa warung dengan alat tangkap.

2. Kegiatan petualangan

Ada banyak aktivitas petualangan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan di Telaga Arwana Cibubur. Wisatawan dapat memilih untuk mencoba wahana flying fox, menyewa ATV, atau mengikuti kegiatan di luar negeri untuk petualangan yang menyenangkan dan mengasyikkan.

3. Mainkan air

Anak-anak bisa bermain air dengan berbagai cara saat berkunjung ke danau ini. Mereka bisa berenang dan bermain di kolam atau menangkap ikan menggunakan jaring sambil berbasah-basahan di kolam ikan. Semua kegiatan ini pasti bisa membuat anak senang.

4. Amati ikan Arwana

Kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Danau Arwana adalah mengamati ikan arwana. Beberapa ikan arwana hasil penangkaran dipelihara dalam akuarium dan dapat dilihat oleh wisatawan. Sedangkan sebagian lagi disimpan di bak yang letaknya tidak jauh dari bangunan tempat akuarium itu berada.

5. Nikmati masakan lezat

Tidak lengkap rasanya jika wisatawan tidak mampir ke Pondok Makan Mang Engking saat berkunjung ke Danau Arwana. Restoran ini menawarkan menu utama hidangan seafood, seperti udang bakar madu dan ikan mas lesung. Selain itu, ada juga menu sayur yang bisa dipesan disini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Danau Arwana CibuburKredit gambar: Google Maps Angga Yosua

Telaga Arwana memiliki fasilitas penunjang rekreasi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut adalah mushola, toilet, kamar mandi, gazebo dan area parkir.

Semua fasilitas ini sangat terawat dan bersih. Dengan demikian, wisatawan akan merasa nyaman saat menggunakan fasilitas ini.

Telaga Arwana Cibubur merupakan tempat wisata yang menawarkan banyak aktivitas wisata seru dan menyenangkan untuk anak-anak maupun dewasa. Untuk bisa menikmati aktivitas tersebut, wisatawan tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Tiket masuk dan tiket wahana di sini terjangkau dan sepadan dengan pengalaman yang ditawarkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button