Wisata Joglosemar akan dimajukan, Candi Mangkunegaran akan menjadi sorotan - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Joglosemar akan dimajukan, Candi Mangkunegaran akan menjadi sorotan

solo

Kawasan Joglosemar (Yogyakarta, Solo, Semarang) saat ini sedang digenjot pariwisata. Candi Mangkunegaran adalah puncak dari Solo.

Pengembangan pariwisata Joglosemar bertujuan untuk mendukung Borobudur sebagai salah satu dari 5 Daerah Tujuan Wisata Prioritas (DPSP). Dan itu menjadi tugas Kementerian BUMN melalui BUMN Tourism and Support Holding, PT Aviasi Wisata Indonesia (Persero) atau Injourney. Candi Mangkunegaran di Keprabon, Solo, Jawa Tengah menjadi salah satu tujuan eksplorasi bersama.

Resmi didirikan pada tahun 1757, Pura Mangkunegaran merupakan istana resmi Kadipaten Mangkunegaran dan tempat tinggal para adipati Mangkunegaran, serta menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh orang luar maupun turis mancanegara.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Selama lima bulan terakhir, Candi Mangkunegaran telah dihidupkan kembali. Yakni di Taman Pracima atau Pracima Tuin yang terletak di sebelah barat Candi Mangkunegaran.

Pagar dan dinding bangunan serta pintu dan jendela dicat ulang. Dulu terlihat kumuh, kini Candi Mangkunegaran lebih segar.

Candi MangkunegaranCandi Mangkunegaran (Foto: Femi Diah/detikcom)

Kawasan Taman Pracima dipugar sesuai rencana 100 tahun lalu. Dulunya digunakan sebagai lapangan tenis, lapangan sepak bola, bahkan tempat parkir, taman tersebut kini telah dipugar menjadi Pracimasana, Pracimawisik, dan Pracimaloka, serta kolam Gusti Nurul dengan patung katak.

Selain itu, air mancur dengan dinding marmer dan dikelilingi oleh delapan taman bunga juga menghadirkan nuansa kuno yang dihidupkan kembali. Nantinya, kawasan tersebut akan difungsikan sebagai tempat interaksi publik dan sebagai ruang terbuka hijau.

Semua pekerjaan dijadwalkan selesai pada Desember 2022 dan dibuka untuk umum mulai Januari 2023.

“Kami di Kementerian BUMN bekerja sama dengan Gustri Bhre (Pengageng Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo), dalam hal ini Injourney dan PP, untuk bersama-sama merevitalisasi budaya yang ada di Mangkunegaran,” ujar BUMN Wakil Menteri Kartiko Wirjoatmodjo di Solo, Senin (28/11/2022).

“Kami ingin membangun Joglosemar sebagai kawasan wisata bernuansa budaya dan sejarah. Kami ingin para traveler melihat Candi Mangkunegaran sebagai objek yang menarik dan perpaduan antara budaya masa lalu, masa kini, dan masa depan,” imbuhnya.

Gusti Bhre & Wakil Menteri BUMN Kartika WirjoatmodjoGusti Bhre & Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo Foto: Femi Diah/detikcom

“Pura Mangkunegaran merupakan pionir dalam menunjukkan pemanfaatan ruang yang berkelanjutan dengan perspektif budaya yang sejalan dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat saat ini. Kerja sama dengan Pura Mangkunegaran diharapkan dapat meningkatkan lama tinggal dan belanja pariwisata, yang pada akhirnya akan memberikan dampak sosial ekonomi yang positif – bagi perekonomian, termasuk meningkatkan pertumbuhan UMKM di Jawa Tengah,” jawab Direktur Utama Injourney, Dony Oskaria , sebagai tanggapan.

Sedangkan KGPAA Mangkunegara X merupakan penggagas penataan ulang taman di era Mangkunegara VII. Situs itu dulunya jauh dari tampilan aslinya, yaitu lapangan tenis, lapangan sepak bola, dan bahkan tempat parkir.

Bhre mengatakan, taman itu tidak hanya akan menyenangkan keluarga Mangkunegaran, tetapi juga ditujukan untuk penduduk lokal dan pelancong.

“Ini merupakan perkembangan yang luar biasa. Kami mencoba menciptakan tempat pertemuan dengan budaya dan masyarakat. Bagaimana masa lalu bisa menjadi modal untuk masa kini dan masa depan,” kata Bhre.

“Kami mengubah taman yang ada 100 tahun lalu dengan pola taman menjadi air mancur dari masa itu. Dengan bantuan warisan budaya. Kami menghidupkan kembali masa lalu untuk mendukung kegiatan kuliner, UMKM dan budaya.

Inilah jawaban bagaimana Mangkunegaran menyatukan budaya dan seluruh elemen masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah yaitu BUMN menjadi unified tourism experience,” imbuhnya.

Sementara itu, Injourney Semarang menjadi pusat perhatian di kota tua. Sedangkan menuju Yogyakarta di stasiun Tugu.

Simak videonya Pikat Wisatawan, Pura Mangkunegaran Solo Gelar Latihan Menari
[Gambas:Video 20detik]
(wanita/ml)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button