DAMPAK Tol Getaci Bakal Lonjakan Ekonomi di Jawa Barat Daya, INI Pernyataan Pengamat Ekonomi Unpas - WisataHits
Jawa Barat

DAMPAK Tol Getaci Bakal Lonjakan Ekonomi di Jawa Barat Daya, INI Pernyataan Pengamat Ekonomi Unpas

DAMPAK Tol Getaci Bakal Lonjakan Ekonomi di Jawa Barat Daya, INI Pernyataan Pengamat Ekonomi Unpas

DESKJABAR Dibangunnya Tol Getaci atau Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap menjadikannya jalan tol pertama yang membuka akses wilayah selatan Jawa Barat.

Keberadaan tol Getaci tentunya akan meningkatkan potensi perekonomian di wilayah Jawa Barat bagian selatan karena dukungan koneksi transportasi yang ideal.

Menurut pengamat ekonomi dari Universitas Pasundan (Unpas), Acuviarta Kartabi, keberadaan calon jalan tol terpanjang di Indonesia itu akan memicu loncatan ekonomi di wilayah selatan Jawa Barat.

Hal ini terjadi karena potensi ekonomi wilayah Jawa Barat bagian selatan sangat besar terutama di bidang pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan, serta pariwisata.

Baca Juga: INI 3 Pintu Keluar Tol Getaci yang Dicari Bupati Tasikmalaya. Salah satunya adalah akses ke Bendungan Leuwikeris

Sayangnya, potensi yang sangat besar tersebut terhambat oleh keterbatasan infrastruktur, termasuk akses jalan tol yang akan mempercepat mobilitas orang dan barang.

Potensi Ekonomi di Jawa Barat Daya

Acuviarta mencatat, potensi ekonomi Jawa Barat Daya sangat besar, terutama di bidang pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan, serta pariwisata.

Di wilayah Jawa Barat Daya yang terbentang dari Kabupaten Garut hingga Kabupaten Pangandaran banyak terdapat destinasi wisata pantai dan wisata alam pegunungan.

“Namun sayangnya, potensi besar tersebut belum dikelola secara optimal, terutama karena keterbatasan infrastruktur jalan dan transportasi,” kata Acuviarta.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button