Bupati Halim dan Rektor UGM berkomitmen mengembangkan SDM kreatif di Kabupaten Bantul - WisataHits
Yogyakarta

Bupati Halim dan Rektor UGM berkomitmen mengembangkan SDM kreatif di Kabupaten Bantul

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta terkait peningkatan dan pengembangan SDM industri kreatif, pariwisata dan pertanian di Laguna View, Pantai Depok, Bantul, Kamis (27/1022).

Baca Juga: Bupati Halim Tandatangani Nota Kesepahaman dengan UGM untuk Pengembangan SDM di Bantul

Baca Juga: Bupati Abdul Halim Terima Apresiasi Kemendagri Upaya Kurangi Stunting di Bantul

Bupati Abdul Halim Muslih mengatakan kerjasama ini diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan para pemangku kepentingan industri kreatif, pertanian dan pariwisata di Kabupaten Bantul.

“Kami memiliki hub industri kreatif berbasis komunitas atau orang, seperti Seperti kerajinan anyaman bambu di Muntuk, kerajinan kulit di Manding, gerabah Kasongan dan industri kreatif perak di Singosaren,” kata Abdul Halim.

Di sektor pertanian, kata Halim, produksi bawang merah Bantul mampu memenuhi 60 persen kebutuhan bawang merah DIY. Demikian pula sektor pariwisata, di mana terdapat 47 objek wisata yang dapat memberikan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 33 miliar setiap tahunnya, kata Abdul Halim Muslih.

“Kami ingin kawasan di pantai selatan ini nantinya bisa dijadikan teras depan perbaikan rumah,” lanjut Bupati Bantul.

Sementara itu, Rektor UGM Prof. Dr. Ova Emilia MMed Ed SpOG(K) PhD bahwa adanya kerjasama ini merupakan salah satu bentuk kontribusi UGM dalam mempercepat pembangunan di sektor do-it-yourself, khususnya dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita tahu bahwa tanpa kerjasama mitra, sebuah lembaga tidak bisa berjalan sendiri. Untuk itu kami mendorong kerjasama dengan pemerintah daerah, LSM dan industri,” kata Ova Emilia.

Rektor berharap keberadaan UGM dapat membantu percepatan pembangunan DIY. Terutama dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan, penelitian, dan kegiatan amal.

Menurut Rektor UGM, ide dan inovasi baru akan muncul melalui berbagai bidang kerjasama untuk memajukan masyarakat Bantul. “Kita ingin bersama-sama menyelesaikan permasalahan bangsa agar muncul ide-ide dan menjadi inspirasi serta membawa manfaat yang lebih besar lagi,” ujarnya. (nto/ayu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button