Dalam rangka memperingati Hari Pelaut Internasional di Karimun Jawa, BPSDMP mengajak taruna berlayar sambil belajar - WisataHits
Jawa Timur

Dalam rangka memperingati Hari Pelaut Internasional di Karimun Jawa, BPSDMP mengajak taruna berlayar sambil belajar

KARIMUN JAVA (BeritaTrans.com) – Dalam rangka memperingati Hari Pelaut Internasional 2022, Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) mengundang generasi muda transportasi, pada Minggu (24/7/2022) .

Kepala BPSDMP Djoko Sasono mengungkapkan pada pembukaan kegiatan bahwa seluruh masyarakat di dunia hidup dalam kondisi mengkhawatirkan selama dua tahun pandemi Covid-19 yang salah satunya terkena dampak sektor pariwisata di Karimun Jawa.

Baca juga:
Kepala BPSDMP Lantik 251 Perwira Pelayaran, Poltekpel Malahayati

“Untuk itu, dengan tema Hari Pelaut Internasional 2022, kami berbagi dengan saudara-saudara kami pilihan Karimun Jawa sebagai salah satu upaya kami untuk mempercepat pengembalian dan pemulihan ekonomi, khususnya kegiatan berbasis pariwisata. “Kami berharap kehadiran kami di Karimun Jawa membawa manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Kehadiran BPSDMP pada peringatan Hari Pelaut Sedunia tidak hanya mengajak taruna angkut untuk berlayar, belajar dan menebar manfaat, tetapi juga dimaksudkan untuk menjadi penyemangat bagi putra-putri Karimun Jawa untuk dapat berperan serta dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul di bidangnya. sektor transportasi.

Baca juga:
Poktekpel Barombong membentuk Manning Agency untuk mengoptimalkan penerimaan lulusan Kampus Berlayar

“Saya sangat berharap putra-putri Karimun Jawa nantinya dapat terlibat dalam pengembangan SDM yang unggul di bidang transportasi dengan bersekolah di Sekolah Departemen Perhubungan sebagai taruna sehingga Karimun Jawa bisa menjadi lebih baik lagi. Kemenhub Sekolah itu sendiri memiliki dua program, yang pertama program TK, yang kemudian menjadi pejabat, dan ada juga program reguler, yang nantinya didedikasikan untuk membangun industri transportasi,” katanya.

Di akhir sambutannya, Djoko juga mengajak masyarakat untuk melihat lebih dekat sekolah Kementerian Perhubungan dan mengajak mereka mengunjungi kapal latih peserta kegiatan ini.

Baca juga:
Kepala BPSDMP melantik 344 petugas Program Peningkatan dan Pelatihan PIP Makassar

“Kami juga mengajak masyarakat untuk melihat lebih dekat keberadaan kami di sini, tolong ada yang mengunjungi kapal latih kami nanti, kami sudah membawa dua kapal latih, satu berlayar dari Tj Perak adalah KNL Bung Tomo dan yang lainnya berlayar dari Tj Priok adalah KNL MH Thamrin,” jelasnya.

Kepala Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Capt. Sudiono, ketua penyelenggara, mengatakan dalam laporannya bahwa kegiatan ini merupakan dorongan untuk mengenali jasa pelaut dalam mendukung perekonomian dunia.

“Selanjutnya kami mengajak taruna untuk bersama-sama berlayar, belajar dan mengabdi kepada masyarakat untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelaut,” ujarnya.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yaitu kerja intensif yang melibatkan komunitas nelayan, penanaman mangrove, bersih pantai, layanan kesehatan gratis, saran keselamatan untuk komunitas nelayan, open ship, dukungan sosial dan diakhiri dengan pelepasan remaja.

Dalam kegiatan ini BPSDMP mendatangkan 173 taruna yang terdiri dari taruna dari STIP Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Politeknik Perkapalan (Poltekpel) Surabaya, Poltekpel Banten, Balai Pendidikan, Penyegaran, dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, Perhubungan Darat Indonesia Politeknik STTD Bekasi, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug dan Politeknik Penerbangan Surabaya.

“Para taruna yang terlibat dalam kegiatan ini diberangkatkan dengan dua kapal latih yaitu kapal latih STIP MH Thamrin dan kapal latih Bung Tomo Poltekpel Surabaya,” pungkas Capt. Studio. (Omi)

Source: www.beritatrans.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button